Oleh: Haris Istanto | 8 Juli 2010

HYDRAULIC RAM PUMP (Pompa Hydram)

Pompa Hydraulic ram (Hydram) adalah pompa air dijalankan dengan tenaga air itu sendiri. Bekerja seperti transformator hidrolik dimana air yang masuk kedalam pompa, yang mempunyai “hydraulic head” (tekanan) dan “debit” tertentu, menghasilkan air dengan hydraulic head yang lebih tinggi namun dengan debit yang lebih kecil.
Pompa ini memanfaatkan “Water hammer effect” untuk menghasilkan tekanan yang memungkinkan sebagian dari air yang masuk memberi tenaga kepada pompa, diangkat ke titik lebih tinggi dibandingkan head awal dari air tersebut.
Pompa Hydram ini sangai sesuai untuk digunakan di daerah terpencil, dimana terdapat sumber air yang mempunyai head rendah, serta diperlukan memompa air kelokasi pemukiman yang mempunyai elevasi  lebih tinggi dari sumber air tersebut .
Pada kondisi seperti inilah pompa hydram menjadi sangat bermanfaat sekali, karena pompa ini tidak membutuhkan sumber daya lain selain energi kinetik dari air yang mengalir itu sendiri.

Cara kerja pompa ini adalah sebagai berikut :
Air mengalir dari sumber air (3) melalui saringan (4) dan drive pipe (2) kedalam rumah pompa (5). Sebagian air terbuang keluar melalui waste valve (1) sampai air memenuhi rumah pompa (5) . Ketika  rumah pompa  sudah penuh dengan air dan air mampu mendorong waste valve hingga menutup, maka air masuk kedalam air chamber (7) melalui delivery valve (6). Ketika ketinggian air didalam air chamber lebih tinggi dari kedudukan  check valve (9), maka udara yang berada didalam air chamber tertekan sehingga menimbulkan “Water hammer efect” dan menekan air kebawah sehingga delivery valve tertutup dan air terdorong keluar melalui check valve (9) dan delivery pipe (8). Sementara itu didalam rumah pompa (5) waste valve (1) membuka kembali akibat berat dari valve itu sendiri, sehingga sebagian air didalam rumah pompa (5) terbuang keluar melalui waste valve (1) dan air mengalir kembali dari sumber air (3) kedalam rumah pompa (5) sampai akhirnya mampu mendorong kembali waste valve (1) sehingga tertutup lagi dan air masuk kedalam air chamber (7). Demikian siklus tersebut terjadi berulang-ulang sehingga terjadi proses pemompaan dari sumber air ketempat yang lebih tinggi dari sumber air tersebut.

Pada pompa hydram ini diameter dari delivery pipe harus lebih kecil dari drive pipe, dan berat dari waste walve diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu berat maupun terlalu ringan. Apabila waste valve terlalu berat, maka aliran air tidak akan mampu mendorong waste valve agar menutup sehingga air hanya lewat saja langsung terbuang keluar. Apabila waste valve terlalu ringan maka ketika aliran air kedalam air chamber baru berlangsung sebentar waste valve sudah menutup kembali sehingga terjadinya water hammer efect tidak optimal dan akan berpengaruh terhadap kinerja dari pompa.

Itulah gambaran secara umum tentang pompa hydram, teknologi tepat guna dan ramah lingkungan yang sesuai untuk wilayah yang terpencil, dimana dimana sumber daya energi seperti listrik belum menjangkau. Dibawah ini adalah foto dari pompa hydram yang sudah operasional.

About these ads

Responses

  1. nice,memberdayakan rakyat kecil dari keterbatasan sumber daya air (natural water)

  2. secara ekonomis pembuatan untuk 1 unit habis berapa dana, jika ada batasan max pipa distribusi berapa inc. saya mohon bantuan info lebih rinci kirim ke Email saya. trims

  3. luar biasa ,bro ….. bagi kami rakyat kecil sungguh merupakan suatu alat yang muktahir untuk kami pakai di pedalaman yang tidak ada sumber listriknya . boleh minta tolong detail plan nya dan diameter rumah pompanya , cara pembuatannya dan bahan baku air chamber nya, bro ? juga maksimal panjang pipa distribusi dan tinggi maksimalnya , bro ? jika bro tidak keberatan dan mau menolong kami di daerah terpencil ini , tolong kirimkan saya detail infonya ke alamat Email saya . Thanks sebelumnya ,bro .

  4. ada lowongan bisnis pompa hidram, kayak bisa berlaku untuk semua wilayah asal air mengalir. aq pesan 1 unit ya.

  5. berapa harga / unit nya, saya pesan untuk uji coba di rumah. apa produk seperti di gambar buatan thailand?

    • Silahkan cari melalui google, coba ketik pompa hidram, akan muncul banyak tulisan-tulisan tentang bagaimana cara membuat pompa hidram, dimana bisa belil pompa hidram dsb.

      • saya sangat tertarik dengan pompa hidram ini.

  6. layak dipuji

  7. Bikin dan Jual Pompa Hidram dengan kualitas baik dan teruji.
    Workshop & Office : Jl. Parasamya 48 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta Indonesia Telp/Fax: +62 0274 – 868442 CP; Budi :0274-7004804,08562944387 Jarot: 081392186799 Margi: 08159086478

  8. saya punya sedikit konsep tambahan.jk dpt diwujudkan sangat bermanfaat untuk semua.begini konsepnya”apakah mungkin pompa hidram digunakan untuk menyedot air tanah(sumur bor)?”andai saja aliran air output dari pompa hidram ini dapat difungsikan sebagai turbin yg digunakan untuk menggerakkan mekanisme pompa air seperti”pompa dragon”namun lebih sederhana.akan terjadi sirkulasi energi. output pompa air menjadi input pompa hidram dan output pompa hidram menjadi sumber tenaga penggerak pompa air.

  9. Ajiiib.

  10. Admin, ijin copy ya? Thanks before:D

  11. hebat. surgalah balasannya. semoga, amiin.

  12. selamat, anda telah membantu kesulitan kami petani ikan. sudah berhasil dipraktekkan kan?

  13. I like it whenever people come together and share
    ideas. Great blog, continue the good work!

  14. kalo ketinggian untuk mencapai beberapa meter dari sumber air, diukur dari mana yah?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: