Oleh: Haris Istanto | 29 Desember 2012

BISNIS JUAL TIKET PESAWAT

Saat ini pengguna jasa penerbangan ditanah air meningkat pesat seiring berkembangnya perusahaan penerbangan yang beroperasi, makin bertambahnya destinasi penerbangan, makin meningkatnya frekwensi penerbangan dan makin terjangkaunya harga tiket pesawat. Bagi mereka yang jeli melihat fenomena ini, maka hal ini bisa memberikan peluang bisnis baru yaitu “Bisnis jual tiket pesawat”.
Dulu pada era sebelum tahun 2000 agen tiket pesawat hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan travel karena pada waktu itu kondisi pasarnya belum seperti saat ini dan persyaratan menjadi agen tiket dari perusahaan penerbangan masih sulit dan mahal. Ketika perusahaan penerbangan semakin banyak dan persaingan meperebutkan penumpang makin memanas serta sistim pengelolaan  pembelian tiket pesawat mulai dilakukan secara online maka persyaratan menjadi agen tiketpun dipermudah, sehingga agen tiket pesawat menjadi semakin banyak. Selanjutnya untuk menjaring customer sebanyak mungkin, para agen tiket tersebut merekrut sub-agen dengan sistim franchise yaitu dengan membayar franchise fee sub agen diberi akses sehingga bisa menjual tiket, namun tiket tetap di-issued (diterbitkan) oleh agen dan untuk meng-issued tiket tersebut agen mendapatkan fee dari sub agen.

Sejak beberapa tahun yang lalu perusahaan penerbangan mulai mengenalkan pembelian tiket secara online langsung kemasyarakat. Melalui website dari perusahaan penerbangan tersebut masyarakat bisa membeli tiket secara online sedangkan pembayaran bisa dilakukan melalui ATM, internet banking atau kartu kredit, selanjutnya tiket akan diemailkan oleh perusahaan penerbangan ke email-address customer tersebut. Pembelian tiket secara online ini bisa dilakukan dirumah sendiri apabila mempunyai akses internet dirumah, dikantor maupun diwarnet.

Meskipun perusahaan penerbangan sudah memberikan kemudahan kepada customernya seperti itu, namun pada kenyataannya tidak banyak customer yang melakukan sendiri pembelian tiket secara online, ini terbukti dengan masih banyaknya travel biro dimana-mana. Memang harga tiket pada website airline yang bisa diakses oleh masyarakat sedikit lebih mahal dari harga yang diberikan airline kepada agen/sub agen, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan dan itu memang dialokasikan oleh airline sebagai keuntungan dari agen/sub agen, akan tetapi kadang-kadang agen/sub agen juga menaikkan lagi harga tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Apabila tertarik untuk mencoba “Bisnis jual tiket pesawat”, ada cara yang mudah, tidak perlu membeli franchise dan tidak perlu membayar fee untuk mengisued tiket karena bisa langsung print tiket sendiri dan tidak perlu modal besar, cukup sediakan :
1. Komputer dan akses internet.
2. Mempunyai email address.
3. Mempunyai internet banking.
4. Mempunyai saldo direkening, makin besar saldo yang dimiliki akan memerikan kemudahan.
Internet banking diperlukan karena apabila pembayaran dilakukan melalui ATM berarti setiap melakukan transaksi pembayaran tiket harus keluar rumah menuju lokasi ATM, sedangkan dengan internet banking transaksi pembayaran tiket cukup dilakukan melaui internet/online menggunakan komputer tanpa keluar dari rumah. Untuk pembelian tiket yang dibayar dengan kartu kredit pada umumnya perusahaan penerbangan mensyaratkan bahwa pemegang kartu kredit harus ikut dalam penerbangan tersebut, sehingga cara ini tidak mungkin diaplikasikan dalam bisnis ini.

Apabila persyaratan tersebut diatas sudah tersedia, maka anda sudah bisa memulai usaha ini dengan cara sebagai berikut :

  • Apabila ada customer yang memerlukan tiket pesawat, cari tiket dimaksud dengan harga termurah menggunakan search engine seperti telah dijelaskan pada posting “BAGAIMANA CARA MENCARI TIKET PESAWAT MURAH?” (klik untuk melihat posting tersebut).
  • Apabila sudah mendapatkan pilihan, informasikan kepada customer apakah setuju dengan pilihan tersebut, baik dari harga, airline maupun hal-hal lain. Hanya perlu digaris bawahi bahwa harga yang tampil tersebut adalah harga net, belum harga riel, dimana harga riel adalah harga net ditambah asuransi, pajak dan biaya.  Bahkan ada airline yang mengenakan biaya bagasi minimum dengan nilai tertentu diluar harga tiket, dan tambahan biaya fuel sure charge pada waktu harga bahan bakar melonjak  secara tidak wajar. Kemudian masih ditambah lagi jasa yang anda minta, bisa berupa prosentase atau fix misalnya tiket dengan harga dibawah Rp 500.000,- dikenakan jasa Rp 25.000,- s/d Rp 1.000.000,- dikenaka jasa Rp 50.000,- dan seterusnya.
  • Apabila pilihan dan harga sudah disepakati, lakukan proses pembayaran melalui internet banking seperti telah dijelaskan pada posting “BELI TIKET PESAWAT SECARA ONLINE” (klik untuk melihat posting tersebut).

Sebelum anda melakukan trafer pembayaran ke-airline pastikan kepada customer bahwa data yang diberikan telah benar meliputi, nama yang akan berangkat, asal keberangkatan dan tujuan, tanggal dan jam keberangkatan serta airline yang dipilih kemudian klik pilihan cara pembayaran. Hanya tersedia waktu dua jam untuk melakukan proses pembayaran terhitung mulai mengklik pilihan cara pembayaran, bahkan mungkin hanya diberikan waktu 30 menit saja khususnya untuk tiket promo dengan harga murah.
Apabila menggunakan internet banking “Klik BCA” maka setelah memasukkan User ID dan PIN, akan muncul Main menu, kemudian klik sub menu Pembayaran e-Commerse, kemudian pada KATEGORI pilih Penerbangan, dan pada NAMA PERUSAHAAN pilih nama airline yang sesuai, kemudian klik icon “Lanjutkan”.
Kemudian akan muncul format PEMBAYARAN E-COMMERSE, dimana terdapat lima kolom yaitu kolom : Pilih, Tangal/Jam Transaksi, Nomor Transaksi, Keterangan dan Nominal. Kecuali kolom Pilih, semua kolom sudah terisi secara otomatis, untuk melanjutkan proses pembayaran silahkan klik kotak pada kolom Pilih serta klik icon “Lanjutkan”.
Sebelum mengklik Pilih dan “Lanjutkan” sebaiknya sekali lagi diklarifikasikan kepada customer bahwa transaksi sudah deal artinya tidak bisa dibatalkan dan sebaiknya anda sudah menerima pembayan dari customer, karena sesudah itu proses transaksi tidak bisa dibatalkan lagi.

Setelah proser tranfer pembayaran selesai, silahkan buka mailbox email, biasanya tiket yang dibooking sudah masuk atau menunggu beberapa saat.
Apabila email tiket dari airline sudah masuk maka tiket bisa langsung di-down load dan dicetak untuk diberikan kepada customer sehingga siap melayani customer berikutnya. Besarnya saldo pada rekening mempengaruhi kemampuan dalam melayani customer, apabila nominal saldo terbatas maka uang yang masuk harus segera disetorkan ke-bank sehingga selalu siap melayani customer akan tetapi apabila nominal saldo cukup besar maka tenggang waktu penyetoran ke-bank dapat lebih lama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: