Oleh: Haris Istanto | 25 Juni 2010

BAGAIMANA CARA MUDAH UNTUK KATAM AL-QUR’AN?

Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam, sehingga sudah sewajarnya apabila setiap umat Islam dituntut untuk bisa dan pernah katam (tamat) membaca/mempelajari kitab sucinya itu. Dikampung kelahiran saya dulu setiap sore sesudah solat Asar atau sesudah solat Magrib, para orang tua selalu memerintahkan anak-anaknya untuk mengaji (belajar membaca Al-Qur’an) dimasjid, langgar atau dirumah para kyai/ustadz. Pada umumnya mereka selalu katam “Turutan” yaitu Al-Qur’an Juz ‘Amma (juz 30), namun tidak banyak mereka yang kemudian secara rutin tetap mengaji sehingga katam Al-Qur’an 30 juz. Hal ini dapat diketahui karena kalau ada yang katam Al-Qur’an selalu diadakan acara “Kataman”, yang dipimpin oleh kyai/ustadz sehingga semua tahu bahwa ada teman mengaji yang telah katam Al-Qur’an, akan tetapi tidak semuanya pernah mengalami acara kataman tersebut.

Apabila sudah pernah mengaji hingga katam Turutan pada kyai/ustadz, mestinya untuk bisa katam Al-Quran adalah bukan hal yang terlalu sulit, karena dengan telah katam Turutan berarti yang bersangkutan telah terbukti mempunyai kemampuan membaca huruf Al-Quran dengan baik. Yang diperlukan untuk bisa katam Al-Qur’an hanyalah sikap istiqomah (konsisten), artinya kita harus mempunyai komitmen untuk bisa meluangkan waktu secara konsisten (istiqomah) guna membaca Al-Quran. Kalau dulu pada waktu masih anak-anak karena diperintahkan oleh orang tuanya, selalu bisameluangkan waktu sore sesudah solat Asar atau solat Magrib untuk mengaji, kenapa sekarang tidak bisa. Atau kalau sekarang bisa memerintah anak-anaknya untuk mengaji setiap sore sesudah solat Asar atau solat Magrib, kenapa hanya memerintah saja? Alangkah baiknya selain memerintah juga bisa memberikan contoh.  Bukankah Nabi bersabda bahwa : “Sebaik-baik amalan adalah yang dikerjakan secara istiqomah meskipun hanya sedikit”. Sebetulnya apabila sudah pernah katam Turutan, dan sekarang mau meluangkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja setiap hari, misalnya setiap habis solat Magrib insya-Allah paling lama satu tahun akan dapat katam Al-Quran.

Apabila kita memiliki Al-Qur’an dengan format penulisan seperti standar Depatemen Agama, coba perhatikan bahwa setiap juz ditulis pada 8 lembar atau 16 halaman, kecuali juz 1 dan juz 30.
Juz 1 ditulis pada 8 lembar atau 16 halaman, termasuk halaman 1 yang merupakan halaman judul dan halaman 2 adalah halaman Surat Al-Fatihah, sehingga isi juz 1 yaitu surat Al-Baqoroh ayat 1 sampai dengan ayat 141 ditulis pada 7 lembar atau 14 halaman, sedangkan juz 30 yaitu jus ‘Amma ditulis pada 21 halaman atau 10 lembar dan 1 halaman.

Dengan demikian maka apabila setiap hari mampu meluangkan waktu untuk membaca 1 lembar atau 2 halaman Al-Qur’an secara kontinyu dan konsisten, maka insya-Allah dalam waktu 8 bulan akan katam Al-Qur’an. Bagi mereka yang sudah pernah katam Turutan, untuk membaca 1 lembar atau 2 halaman dalam waktu 10 sampai 15 menit insya-Allah dapat dilakukan. Bagi mereka ang masih belum lancar, maka dua halaman tersebut bisa dibaca 2 kali, sehingga setiap kali membaca cukup 1 halaman saja, sedangkan waktunya bisa ditentukan sendiri misalnya sehabis solat Magrib dan solat Isak, atau sehabis solat Magrib dan solat Subuh, atau waktu lain dimana ada waktu luang.
Apabila 2 halaman perhari masih belum mampu, bisa sedikit dikurangi misalnya 1 ½ halaman perhari sehingga insya-Allah akan katam Al-Qur’an dalam waktu satu tahun. Satu halaman berisi 18 baris sehinga setengah halaman adalah 9 baris, namun pada baris 9 tersebut belum tentu akhir ayat, sehingga untuk berhenti harus disesuaikan.
Bahkan kalau misalnya hanya mampu satu halaman perharipun tidak apa-apa, yang penting istiqomah dan sabar karena karena waktu katamnya menjadi lebih lama insya-Allah16 bulan atau satu tahun empat bulan. Justru disinilah tingkat kesabaran dan istiqomah kita diuji, dan itu kembali kepada pribadi kita masing-masing, bagaimana sikap kita sebagai seorang muslim dalam memandang Al-Qur’an yang merupakan kitab suci dari agama yang kita anut. Kalau kita konsekwen dan konsisten sebagai seorang muslim, maka pada tingkat apapun kemampuan kita dalam membaca Al-Qur’an insya-Allah kita bisa memberikan prioritas untuk bisa meluangkan waktu secara kontinyu dan konsisten setiap hari untuk membaca Al-Qur’an sampai katam, dan tidak hanya satu kali katam, akan tetapi selalu diulangi lagi setiap kali katam. Bahkan selalu ditingkatkan kemampuan dalam mempelajari Al-Qur’an. Kalau pada saat ini kemampuan kita baru satu halaman perhari sehingga insya-Allah katam dalam waktu satu tahun empat bulan, maka pada periode berikutnya dicoba untuk ditingkatkan menjadi 1 ½ halaman perhari sehingga insya-Allah katam dalam satu tahun, dan periode berikutnya dicoba lagi ditingkatkan menjadi 2 halaman perhari sehinga insya-Allah katam dalam waktu delapan bulan dan seterusnya. Selain meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an juga perlu meningkatkan kemampuan memahami isi Al-Qur’an sehingga Al-Qur’an dapat benar-benar menjadi pedoman hidup kita sebagai umat Islam.

Demikian yang bisa kami sampaikan, apabila yang kami sampaikan ini benar, maka kebenaran itu datangnya dari Allah, namun kalau ada kekeliruan maka itu semata-mata karena kesalahan persepsi kami, dan dengan senang hati kami mohon koreksinya.


Responses

  1. jika kita hanya membaca Ayat2 Alquran memang benar seperti yang dijelaskan bro Haris…tapi kita juga diperintahkan untuk mentelaah Alquran tsb dan itu berarti kita harus membaca dan mengkaji artinya kan…? bagaimana menurut bro Haris…?

    • Memang betul pendapat anda, pengertian mengaji tidak hanya terbatas hanya bisa membaca saja, tapi bisa membaca adalah langkah awal untuk memahami Al-Qur’an dan idealnya atau harapannya akan berlanjut dengan memahami dan mengamalkan ajaran yang dikandung oleh Al-Qur’an tersebut. Terima kasih atas pendapatnya.

  2. Artikel bagus dan tanggapan pertama (Bayu) yang menggelitik. Dengan membaca selangkah telah dijalani, selanjutnya?

  3. alhamdulillah, terima kasih atas sarannya….terus posting artikel yang bermanfaat untuk umat ya….
    tentunya setelah khatam juga mengerti kandungannya dan mengamalkan

  4. thanks for posting, I really enjoy it, I can learn a lot from this.

  5. bagus banged artikelnya…hum,,,,jadi pertimbangan agar bisa khatam neh,,,makasih gan!

    http://dedewinasis.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: