Oleh: Haris Istanto | 22 Desember 2012

BELI TIKET PESAWAT SECARA ONLINE

Saat ini moda angkutan dengan pesawat tebang meningkat pesat seiring dengan makin murahnya tiket pesawat yang bahkan mampu bersaing dengan moda  angkutan lainnya seperti kereta api atau kapal laut. Dengan biaya yang hanya lebih mahal tidak sampai ratusan ribu rupiah kita sudah dapat tiket pesawat. Dibandingkan dengan moda angkutan yang lain, penggunaan pesawat jelas memerlukan waktu tempuh yang lebih cepat sehingga beda waktu bisa digunakan untuk akifitas yang lainnya yang lebih produktif. Dengan waktu tempuh yang lebih cepat juga tidak menguras energi tubuh sehingga ketika sampai ditempat tujuan bisa langsung melakukan aktifitas lainnya.

Pembelian tiket saat ini sangat mudah karena semua airline menyediakan fasilitas pembelian secara online. Kita bisa merencanakan perjalanan langsung dari rumah dan melakukan transaksi pembelian tiket dengan internet banking juga dari rumah. Mudah dan praktis!, ngak perlu repot-repot telpon atau datang kebiro travel, ngak perlu sungkan-sungkan tanya ini dan itu kepegawai travel silahkan cari sendiri apa yang anda inginkan diweb site airline yang anda pilih.

Silahkan klik link dibawah ini untuk masuk ke-website airline yang anda kehendaki untuk melakukan pembelian tiket sesuai dengan waktu dan destinasi sesuai keinginan anda  :

1. GARUDA INDONESIA
2. MERPATI NUSANTARA
3. AIR ASIA
4. BATAVIA AIR
5. CITILINK
6. LION AIR
7. MANDALA AIR
8. SRIWIJAYA AIR

Setelah masuk ke-website dari airline yang anda pilih, maka isilah data yang diperlukan untuk proses pembelian tiket sesuai dengan format yang ada misalnya :
– Jenis tiket yang diinginkan, one way (sekali jalan) atau round trip (pulang pergi).
– Kota asal (depart) dan kota tujuan (return).
– Tanggal berangkat dan tanggal kembali.
– Jumlah dan kategori penumpang (dewasa, anak, bayi)
– Kelas yang kehendaki (ekonomi, eksekutif), apabila ada.
– Apakah waktu keberangkatan fixed atau fleksible, apabila ada.
– Selanjutnya tekan ikon “Cari” atau istilah lain yang ada ditampilan tersebut, untuk memproses permintaan anda.

Selanjutnya akan muncul tampilan jadwal dan harga tiket penerbangan sesuai dengan data yang anda berikan. Apabila pada hari yang anda kehendaki ada beberapa penerbangan, maka semuanya akan muncul sehingga anda dapat memilih penerbangan mana yang anda kehendaki. Pilih harga tiket maupun jam keberangkatan yang anda kehendaki dan klik ikon “Lanjutkan” agar proses pembelian tiket berlanjut.

Sekarang anda harus memasukkan data contack person dan penumpang untuk penerbangan yan anda pilih meliputi :
– Sebutan (Mr/MS/Mrs).
– Nama depan, Nama belakang.
– Tanggal lahir.
– Alamat Jalan/Kota/Negara, nomor telpon rumah/HP.
– Alamat email.
Apabila anda melakukan booking untuk beberapa penumpang, maka anda harus mengisi sebanyak penumpang itu pula. Semua data yang diminta dan bertanda  “*” harus diisi, apabila tidak diisi proses tidak akan dapat berjalan. Kontak person adalah salah satu dari penumpang yang dapat dihubungi oleh airline apabila ada hal-hal yang diangap perlu, misalnya perubahan jam penerbangan dsb. Setelah semua data yang diperlulan diisi tekan ikon “Lanjutkan” agar proses berjalan.

Selanjutnya anda diminta untuk memilih sistim pembayaran tiket yang anda pesan. Pada umumnya pembayaran dapat dilakukan dengan ATM, internet banking atau kartu kedit. Pilih cara pembayaran yang anda kehendaki dan ikutilah petunjuk cara pembayarannya.
Apabila pembayaran sudah dilakukan maka airline akan mengirimkan tiket yang anda pesan tersebut kealamat email kontak person, sehingga dapat mencetak tiket tersebut atau mencatat kode booking tiket tersebut dan nanti pada waktu akan berangkat meminta tiket dikonter airline tersebut dengan menyebutkan kode booking tersebut dan KTP dari penumpang sesuai dengan yang tersebut pada tiket.

Itulah secara garis besar cara membeli tiket secara online, adapun detailnya setiap airline berbeda-beda, ada yang bisa langsung memilih seat, ada yang menawarkan tambahan asuransi dari airline selain asuransi wajib dari Jasa Raharja, ada yang menanyakan apakah akan membawa bagasi atau hanya cukup bagasi kabin saja, dsb.
Selamat mencoba semoga bermanfa’at.


Responses

  1. […] lakukan proses pembayaran melalui internet banking seperti telah dijelaskan pada posting “BELI TIKET PESAWAT SECARA ONLINE” (klik untuk melihat posting […]

  2. I am typically to running a blog site and i actually admire your written content. The report has genuinely peaks my curiosity. I am proceeding to bookmark your site and keep checking for new info.

  3. Just wish to say your report is as astonishing. The clearness with your submit is plainly outstanding and that i can suppose you are an skilled on this subject matter. Fine together with your permission let me to grab your feed to maintain up to date with forthcoming put up. Thanks a million and satisfy carry on the gratifying give good results.

  4. I cherished as a lot as you might receive carried out suitable right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get purchased an edginess through that you simply desire be delivering the next. unwell unquestionably can come additional formerly once again considering exactly the same almost a great deal frequently inside of case you shield this hike.

  5. Hello, you accustomed to be able to write excellent, however the survive a number of posts are already kinda boring… I miss your tremendous writings. Past numerous posts are just somewhat little bit out of monitor! come on!

  6. Hello, i think that i saw you visited my webpage as a result i came to “return the favor”.I’m trying to come across factors to enrich my website!I suppose its ok to implement a number of your tips!!

  7. Makasih info nya mas Haris sangat berguna……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: