Oleh: Haris Istanto | 25 Juli 2012

KRI DEWARUCI MENINGGALKAN CANADA MENUJU EROPA

Setelah menempuh lima hari pelayaran dari Boston, Amerika Serikat, akhirnya KRI DEWARUCI berhasil bersandar dengan selamat didermaga St. Johns, Canada pada hari Rabu 11 Juli pukul 10.00 waktu setempat. Selama 59 tahun KRI DEWARUCI mengadakan muhibah ke luar negeri, belum pernah singgah di Canada sebagai mana siang itu yang dengan gagahnya  memasuki Teluk St Johns dengan bendera merah putih yang berkibar.

Kedatangan kapal latih TNI AL ini disambut Duta Besar Republik Indonesia untuk Canada, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Toronto, Atase Laut Republik Indonesia untuk Amerika Serikat serta pejabat Angkatan Laut Canada. Sesaat setelah kapal merapat rombongan kemudian naik keatas kapal dan diterima oleh Komandan KRI Dewaruci, kemudian diperkenalkan dengan sejumlah perwira kapal dan menerima suguhan tari kesenian Rantak yang di mainkan oleh para prajurit KRI Dewaruci. Dalam kesempatan singgah di Canada tersebut, Dubes Republik Indonesia Dienne Hardianti Moeharso yang berkesempatan melihat dari dekat keberadaan kondisi kapal yang sudah berusia setengah abad lebih. Mereka mengelilingi semua bagian kapal mulai dari haluan hingga buritan.
Sebelum melakukan peninjauan, rombongan Dubes RI di terima di Ruang Salon Kapal, dimana Komandan KRI Dewaruci menyampaikan bahwa kondisi kapal masih exsis sebagai Duta Bangsa pada pelayaran keliling dunia 2012.
Menurut Dubes RI, kehadiran KRI Dewaruci pada saat ini adalah tepat sekali, mengingat situasi Kedutaan sedang mempersiapkan diri menyambut hari ulang tahun yang ke-60 hubungan bilateral Indonesia dengan Canada, sehingga sangat menambah semaraknya kegiatan yang akan dilangsungkan selanjutnya.

KRI Dewaruci meninggalkan St.Johns, Canada pada hari Sabtu 14 Juli untuk kemudian memasuki Samudera Atlantik dan menuju Portugal. Parade roll menjadi ritual wajib sebelum kapal ini bertolak meninggalkan satu tempat singgah. Atraksi tersebut telah menarik perhatian warga yang sedang melintas di jalan raya sehingga mereka pun turut melambaikan tangan kepada para pengarung lautan asal Nusantara ini. Indonesia sendiri adalah sedikit negara di dunia ini yang angkatan laut-nya masih mempertahankan tradisi mengarungi lautan dunia dengan kapal layar.

Referensi :
1. http://koarmatim.tnial.mil.id
2. http://indonesia.travel
3. www.flickr.com


Responses

  1. I just want to say I am newbie to weblog and seriously loved this website. Probably I’m going to bookmark your blog . You amazingly have good writings. Cheers for sharing your web site.

  2. Gravity appears fantastic, thanks!

  3. Google is fine with it. I would highly recommend using multiple types of ads on your web site so you can have a good mixture of products on your visitors to use.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: