Oleh: Haris Istanto | 17 Juni 2012

CHINA BERHASIL LUNCURKAN PESAWAT RUANG ANGKASA BERAWAK

Kemaren, hari Sabtu 16 Juni 2012 pukul 10.37 UTC adalah hari yang bersejarah bagi China dengan keberhasilannya meluncurkan kembali pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou 9. Pesawat ruang angkasa ini diluncurkan dengan menggunakan roket Long march 2F dari Jiuquan Satellite Launch Center diwilayah Gansu, merupakan rangkaian proyek eksplorasi ruang angkasa berawak China yang keempat sejak 2003. Shenzhou 9 direncanakan akan bergabung dengan laboratorium angkasa Cnina, Tiangong 1 yang telah diluncurkan pada September 2011 yang lalu, untuk kepentingan riset ilmu pengetahuan.

Shenzhou 9 diawaki oleh tiga Taikonaut (sebutan Astronaut versi China) yaitu Jing Haipeng, Liu Wang dan  Taikonaut wanita pertama China, Liu Yang yang direncanakan akan berada di ruang angkasa selama 13-14 hari dengan misi melaksanakan berbagai penelitian.
Saat ini Shenzhou 9 telah memasuki orbitnya pada ketinggian 330 km, dan apabila semua program berjalan sesuai dengan rencana maka pada hari Senin besok Shenzhou 9 akan bergabung dengan Laboratorium angkasa luar China Tiangong 1. Pada masa kurang lebih 10 hari ketika kedua pesawat tersebut bergabung  para Taikonaut akan melaksanakan berbagai penelitian disana diantaranya adalah Shenzhou 9 akan dilepas dari Tiangong 1 untuk beberapa saat dan selanjutnya selanjutnya melakukan penggabungan kembali.

Referensi :
1. www.space.com
2. www.metrotvnews.com


Responses

  1. Thanks and good blog.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: