Oleh: Haris Istanto | 31 Maret 2012

BAGAIMANA BISA KATAM AL-QUR’AN DALAM WAKTU SATU BULAN?

Pada posting terdahulu berjudul “BAGAIMANA CARA MUDAH UNTUK KATAM AL-QUR’AN?”  tertanggal 25 Juni 2010, dijelaskan bahwa apabila dapat istiqomah dengan membaca 1 ½ halaman (atau 27 baris) perhari  insya-Allah dalam waktu satu tahun akan dapat katam Al-Qur’an. Untuk membaca 1 ½ halaman perhari (atau 27 baris, 1 halaman = 18 baris) yang dapat dilakukan sekaligus atau secara bertahap beberapa kali setiap selesai mengerjakan solat fardlu, misalnya sesudah solat Maghrib, Isak dan Subuh.

Apabila sudah dapat istiqomah membaca Al-Qur’an setiap selesai mengerjakan solat fardlu dan sudah pernah beberapa kali katam, tentunya kemampuan membacanya makin bertambah lancar. Dengan demikian apabila diniatkan dapat katam Al-Qur’an satu kali dalam satu bulan, karena jumlah hari dalam satu bulan pada kalender Islam adalah 30 hari atau 29 hari, sedangkan Al-Qur’an terbagi menjadi 30 juz, maka setiap hari harus dapat membaca 1 juz; bahkan pada bulan yang jumlah harinya hanya 29 maka harus lebih dari 1 juz perhari.
Karena satu juz berisi 8 lembar atau 16 halaman maka dapat diatur sebagai berikut Maghrib, Isak, Dhuhur dan Asar 3 halaman dan Subuh 4 halaman atau dengan pertimbangan bahwa waktu antara Maghrib dan Isak adalah pendek maka Maghrib 2 halanan, Isak dan Subuh 4 halaman Dhuhur dan Asar 3 halaman. Bagi mereka yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an sudah cukup lancar, dimana satu juz dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih satu jam, maka pengaturan seperti tersebut diatas optimis dapat dilaksanakan karena untuk 4 halaman dapat dibaca dalam waktu kurang lebih 16 menit dan 3 halaman dalam waktu kurang lebih12 menit.

Jadual membaca Al-Qur’an seperti tersebut diatas bagi mereka yang sudah tidak mempunyai akifitas rutin lagi (sudah pensiun) insya-Allah mudah dilaksanakan, akan tetapi untuk mereka yang masih aktif bekerja mungkin agak repot untuk waktu-waktu Duhur dan Asar karena masih berada ditempat kerja. Untuk itu jadual bisa dibuat menjadi 4 kali setiap hari yaitu waktu Asar, Maghrib, Isak dan Subuh masing-masing 4 halaman, mungkin Asar dilakukan dimusola tempat kerja sebelum pulang kerumah. Bisa juga dilakukan  dengan tiga kali membaca setiap hari yaitu Maghrib, Isak dan Subuh saja, dimana Maghrib 4 halaman, Isak dan Subuh 6 halaman.

Memang semua itu berat namun semuanya terpulang pada kita masing-masing, dengan niat yang kuat dan disertai permohonan kepada Allah agar diberikan kekuatan insya-Allah apa yang diinginkan dapat terlaksana. Semoga apa yang kami sampaikan ini ada manfaatnya dan wassalaamu’alaikum wr. wb.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: