Oleh: Haris Istanto | 19 Januari 2012

STANDING AIR CONDITIONS

Tulisan ini kami maksudkan untuk melengkapi tulisan kami terdahulu yang berjudul : “JENIS-JENIS AC” yang dapat dilihat dengan mengikuti link berikut ini.

Dilihat dari konstruksinya maka standing air conditions termasuk pada kategori split air conditions, karena AC jenis ini mempunyai dua bagian yang terpisah yaitu unit indoor dan unit outdoor. Unit indoor yang terdiri dari filter udara, evaporator dan evaporator blower, expansion valve dan controll unit, sedangkan unit outdoor yang terdiri dari compresor, condenser, condenser blower dan refrigerant filter. Selanjutnya antara unit indoor dengan unit outdoor dihubungkan dengan 2 buah saluran refrigerant, satu buah untuk menghubungkan evaporator dengan compressor dan dan satu buah untuk menghubungkan refrigerant filter dengan expansion valve serta kabel power untuk memasok aliran listrik.
Perbedaan antara standing air conditions dengan split air conditions adalah kalau pada AC split desain dan kontruksi dari indoor unit adalah untuk dipasang permanen pada suatu ruangan, sedangkan pada standing AC desain dan konstruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipindah-pindahkan (lebih bersifat mobile) meskipun bisa juga dipasang secara permanen pada suatu ruangan. Manfaat dari sifat yang mobile ini adalah memungkikannya penggunaan AC tersebut pada iven dan tempat yang sifatnya temporer, misalnya untuk dipasang pada tenda hajatan (resepsi pernikahan dsb.) yang dilaksanakan pada tempat-tempat terbuka/halaman, atau dapat juga dipasang pada stand-stand pada kegiatan seperti pameran yang dilaksanakan dilapangan dan lain-lain keperluan. Dengan adanya standing AC ini maka pemakaian AC pada tempat-tempat tersebut dapat dilaksanakan dengan mudah dan unit indoor-nya dapat menambah estetika dari ruangan tersebut.

Setelah menentukan posisi dari indoor unit didalam ruangan yang akan didinginkan, maka lokasi dari outdoor unit dapat ditentukan dengan pertimbangan mudah membuang aliran udara panas kealam bebas dan sedapat mungkin lokasinya cukup jauh sehingga dapat mencegah kemungkinan udara panas mengalir kembali kedalam ruangan yang didinginkan agar supaya proses pendinginan ruangan dapat berlangsung dengan sempurna. Selanjutnya adalah memasang pipa refrigerant yang menghubungkan indoor unit dengan outdoor unit, memasang instalasi listrik dan dan memasang selang pembuangan air dari indoor unit keluar ruangan, maka siaplah standing AC tersebut untuk dioperasikan.

Kapasitas AC atau kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan diukur dengan satuan BTU/hr, namun pada umumnya satuan tersebut kurang dikenal, yang lebih populer adalah PK (singkatan bahasa Belanda “Paar de Kraft” yang artinya Tenaga Kuda/TK dalam bahasa Indonesia atau Horse Power/HP dalam bahasa Inggris) dimana 1 PK = 9.000 BTU/hr. Untuk pemakaian rumah tangga, kapasitas AC yang diperlukan pada suatu ruangan dapat ditentukan secara sederhana yaitu 500 BTU/m3 volume ruangan, jadi ruangan dengan ukuran 3 x 3 meter dengan tinggi plafon 3 meter, volumenya adalah 9 m3 x 500 BTU = 4.500 BTU atau 1/2 PK.

Mestinya tidak semudah itu perhitungannya karena harus memperhitungkan pula faktor-faktor lain seperti :

  • Pencahayaan ruangan tersebut dari jendela, makin luas jendela yang ada dalam ruangan tersebut makin meningkat kekuatan AC yang diperlukan.
  • Jumlah orang yang berada dalam ruangan tersebut, makin banyak orang yang ada dalam ruangan tersebut makin meningkat pula kekuatan AC yang diperlukan.
  • Jenis isolasi pada ruangan tersebut, ruangan dengan dinding dari metal memerlukan AC dengan kapasitas lebih besar dibandingkan ruangan berdinding kayu atau tembok.
  • Adanya benda yang mengeluarkan panas seperti kompor, setrika dll.

Dengan demikian untuk menentukan kapasitas AC yang akan dipasang pada tenda hajatan harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, sehingga karena umumnya tenda berada pada tempat terbuka yang terekpos langsung dari cahaya sinar matahari, jumlah orang yang ada dalam ruangan tersebut sangat banyak dan isolasi ruangan yang didinginkan dengan lingkungan sekitarnya sangat jelek, belum lagi didalam ruangan tersebut mungkin ada pemanas masakan,  maka kapasitas AC yang harus dipasang akan jauh lebih besar dari perhitungan.

Referensi :
1. www.jualbeliacbekas.com
2. www.migas-indonesia.com


Responses

  1. Wow, awesome blog layout! How lengthy have you been blogging for? you made running a blog look easy. The full glance of your website is great, as well as the content material!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: