Oleh: Haris Istanto | 15 Juni 2011

GERHANA BULAN TOTAL AKAN TERJADI MALAM INI

Fenomena astronomi yang langka yaitu gerhana bulan total akan terjadi nanti malam Kamis 16 Juni 2011 dini hari mulai pukul01.23 WIB hingga pukul 05.02 WIB, dan diperkirakan puncak gerhana bulan akan terjadi pada pukul 02.22 WIB hingga 04.03 WIB. Demikian informasi yang disampaikan oleh Prof Thomas Djamaluddin, peneliti Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) kepada  okezone.com.

Selanjutnya Profesor Thomas menjelaskan bahwa gerhana bulan kali ini bisa dilihat secara kasat mata, mengingat keadaan iklim saat ini sedang kering mengingat sudah masuk pada musim kemarau.
Ia juga mengatakaan bahwa gerhana dapat dilihat dari hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali wilayah Timur Indonesia, Papua, tak bisa menikmati proses terakhir dari gerhana karena bulan sudah terbenam.
“Untuk melihat gerhana besok bisa dilihat dengan kasat mata atau tanpa alat, tapi jika ingin menikmati proses dari awal hingga terakhir lebih detail menggunakan teleskop,” ungkapnya.
Selain dari Indonesia, gerhana bulan total juga bisa dilihat oleh manusia di belahan dunia lain, seperti di Afrika, Asia Tengah dan Asia Tenggara. Gerhana bulan ini, kata Prof Djamaluddin, terjadi karena ada konfigurasi segaris antara bulan, bumi dan matahari.

Sementara itu Direktur Observatorium Bosscha, Hakim L. Malasan mengatakan kepada suarapembaruan.com bahwa peristiwa gerhana bulan total pada tahun ini akan terjadi sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 16 Juni dan 10 Desember 2011.

Hakim juga juga berkomentar , Yang bulan Juni ini menarik karena prosesnya cukup panjang dalam periode 100 tahun ini, ujarnya kepada SP di kantornya, Rabu (15/6) pagi.
Menurut Hakim, pada wilayah Indonesia bagian barat, bulan akan mulai tertutup oleh bayangan Bumi pada pukul 02:25 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 03:14 WIB.
Gerhana bulan total yang pada bulan Desember akan terjadi selepas magrib, katanya.
Hakim menyarankan agar masyarakat yang ingin menyaksikan peristiwa tersebut mengakses laman Observatorium Bosscha di http://bosscha.itb.ac.id/ karena pengamatan yang dilakukan menggunakan teleskop modern itu akan disiarkan langsung lewat jaringan internet.
Kami juga bekerjasama dengan jaringan pengamatan hilal yang tersebar mulai dari Aceh sampai ke Mataram.
Kerjasama tersebut, ungkap Hakim, melibatkan observatorim di Lhoknga (Nanggroe Aceh Darussalam), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasam (Pekanbaru), Planetarium Tenggarong (Kalimantan Timur), Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung), Rukyatul Hilal Indonesia di Yogyakarta, hingga Universitas Negeri Mataram.
Yang paling pertama bisa melihat gerhana itu dari Mataram. Semuanya akan disiarkan lewat jaringan internet, kata Hakim.
Pengamatan dengan jaringan hilal ini dilakukan sebagai persiapan untuk uji coba penghitungan hisab menjelang 1 Ramadhan atau puasa nanti. Hakim mengungkapkan pengamatan di Bosscha sendiri akan dilakukan oleh lima tim yang memiliki misi berbeda-beda.
Mulai dari yang persiapan untuk pengamatan hilal, pengamatan oleh para peserta olimpiade astronomi, sampai ke tim yang akan membuat film tentang gerhana bulan, ujarnya.
Pengamatan di Observatorium Bosscha sendiri akan menggunakan berbagai teleskop modern yang semuanya ditujukan untuk merekam peristiwa tersebut.
Semuanya dilengkapi kontrol komputer, video, sampai ada yang menggunakan spektrum.
Gerhana bulan total kali ini, sambung Hakim, bisa dilihat dengan mata telanjang apabila cuaca cerah. Meski terhalang oleh Bumi, cahaya matahari masih dapat menerobos dan mencapai bulan. Akibatnya di langit, bulan tidak tampak hitam melainkan berwarna kemerahan.
Dampak gerhana bulan total ini ke bumi hanya pada pasang surut laut. Menurut Hakim, gerhana tersebut juga bisa disaksikan penduduk negara lain di sekitar Indonesia hingga Mikronesia dan India.


Responses

  1. Subhanallah….

  2. LOWONGAN KERJA ONLINE GAJI HINGGA 15 JUTA/BULAN, UNTUK PENDAFTARAN DI http://01kerjaonline.blogspot.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: