Oleh: Haris Istanto | 28 Mei 2011

KESEMPATAN MELAKUKAN KOREKSI ARAH QIBLAT

Tadi siang saya diingatkan teman lewat SMS bahwa hari ini adalah kesempatan untuk melakukan koreksi arah Kiblat, karena sore tadi pukul 16.18 WIB posisi matahari kembali tepat berada diatas Ka’bah.
Dengan demikian pada waktu itu disemua tempat didunia ini yang berada disebelah timur Ka’bah yang mengalami siang sampai sore hari dan semua tempat disebelah barat Ka’bah yang mengalami pagi sampai siang hari, maka bayang-banyang benda vertikal pada bidang horisontal adalah mengarah ke Ka’bah.
Apabila kita berdiri menghadap kearah tongkat vertikal yang menancap pada permukaan tanah yang datar dan arah kita sesuai dengan bayang-banyang tongkat itu, maka arah tersebut adalah arah Kiblat yang benar.

Menurut perhitungan Bapak T. Djamaluddin, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika LAPAN, Anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI pada posting tanggal 15 April 2010 disitus http://tdjamaluddin.wordpress.com/, maka posisi matahari berada diatas Ka’bah adalah mulai hari tanggal 26 Mei sampai dengan tanggal 30 Mei 2010, pukul 16:18 WIB (09:18 UT/GMT) , dengan toleransi waktu plus/minus 5 menit masih cukup akurat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan ada manfa’atnya. Tulisan ini juga pernah kami postingkan diblog ini tanggal 26 Mei 2010 dengan judul : “MENYEMPURNAKAN ARAH KIBLAT BERDASARKAN BAYANGAN MATAHARI”.


Responses

  1. […] Kesempatan melakukan koreksi arah Qiblat. […]

  2. […] 1. KESEMPATAN MELAKUKAN KOREKSI ARAH QIBLAT […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: