Oleh: Haris Istanto | 28 Februari 2011

E TICKET AIRLINE

Pada saat ini hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia memberikan kemudahan kepada customer-nya dengan memberlakukan sistim “E ticket”. Dengan sistim ini, maka customer dapat melakukan reservasi/booking sendiri kepada airline yang dikehendakinya secara online melalui internet.
Apabila proses booking berjalan sukses, maka customer akan memperoleh “kode booking” dan “time limit” untuk melakukan payment kepada airline tersebut sesuai dengan nilai yang ditentukan pada waktu proses reservasi/booking tersebut dengan cara tranfer melalui ATM, tranfer dengan “E banking”, atau dengan kartu kredit.
Selanjutnya customer melakukan konfirmasi kepada airline  bahwa pembayaran telah dilakukan. Dan akhirnya apabila semua proses tersebut telah berlangsung dengan benar maka airline akan mengirimkan email ticket kepada customer tersebut.

Dengan adanya fasilitas “E ticket” tersebut tentu akan muncul pertanyaan, apa fungsi travel biro kalau semua orang bisa melakukan reservasi/booking ticket sendiri?
Ada beberapa perbedaan antara reservasi yang dilakukan oleh customer melaui situs umum dan reservasi yang dilakukan oleh agen ticket melalui situs khusus yang hanya bisa diakses oleh yaitu agen yaitu :

1.     Booking yang dilakukan melalui situs umum hanya bisa dilakukan untuk penerbangan sesudah dua hari yang akan datang.

2.     Harga ticket yang diberikan airline kepada agen lebih murah dibandingkan yang diberikan kepada customer melalui situs umum.

3.     Apabila pembayaran dilakukan dengan kartu kredit, maka reservasi hanya bisa dilakukan untuk pemegang kartu kredit tersebut atau pemegang kartu kredit tersebut adalah salah satu dari mereka yang dibooking-kan.

Dengan sistim “E ticket” ini, maka wujud pisik ticket seperti dulu berupa buku mugil yang dicetak rapi (offset) tidak diperlukan lagi. Bahkan seandainyapun tanpa membawa tiket, asal customer ingat nama airline, “flight number” berikut destinasi dan jam keberangkatan, serta “kode booking”, maka di-airport customer dapat langsung datang kekonter airline tersebut, dan dengan memberikan KTP, flight number serta kode booking tersebut, maka setelah dicek dan ternyata betul bahwa nama tersebut memang terdapat pada passenger list maka customer akan mendapatkan print out ticket untuk penerbangan tersebut, sehingga customer dapat melakukan check in.

Demkian juga seandainya customer dari Surabaya sedang berada Jakarta untuk suatu urusan. Karena suatu hal yang diluar rencana dia harus ke Medan untuk menyelesaikan urusan tersebut baru setelah itu kembali ke-Surabaya, padahal dia tidak punya waktu atau hubungan dengan agen ticket di Jakarta.
Dalam hal ini customer tersebut dapat menghubungi agen ticket di-Surabaya yang telah dikenalnya  untuk mengatur perjalanannya dari Jakarta ke-Medan dan dari Medan ke-Surabaya sesuai dengan waktu yang diperlukan. Selanjutnya agen ticket tersebut melakukan reservasi ticket Jakarta Medan dan Medan Surabaya dari Surabaya. Setelah reservasi sukses agen ticket akan menginformasikan kepada customer-nya : nama airline, flight number, kode booking dan waktu keberangkatan untuk penerbangan Jakarta Medan dan Medan Surabaya.
Pada waktu yang telah ditentukan tersebut, customer dapat langsung ke airport Cengkareng dan datang kekonter airline yang diinformasikan oleh agen ticet di Surabaya dan dengan memberikan KTP serta flight number dan kode booking maka customer akan mendapatkan print out ticket untuk melakukan check in penerbangan Jakarta Medan.
Begitu juga pada waktu urusan di-Medan telah selesai, maka pada waktu yang telah ditentukan customer tersebut dapat langsung airport Polonia-Medan untuk mendapatkan ticket dan check in untuk penerbangan Medan Surabaya. Itulah kemudahan-kemudahan yang didapat dengan pengunaan sistim ”E ticket”.


Responses

  1. Turkish Airlines Flights To Thessaloniki Seatmaestro Blog B B…

    […]Dengan adanya fasilitas ?E ticket? tersebut tentu akan muncul pertanyan, apa fungsi travel biro kalau semua orang bisa melakukan[…]…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: