Oleh: Haris Istanto | 5 September 2010

PERSIAPAN MUDIK MENGGUNAKAN MOBIL

Lebaran tinggal beberapa hari lagi, Anda mungkin merencanakan mudik bersama keluarga dengan menggunakan mobil sendiri, lalu apa saja yang perlu disiapkan, khususnya menyiapkan kendaraan agar tidak  merepotkan selama dalam perjalanan?
Berikut ini tip menyiapkan kendaraan yang perlu dilakukan demi kenyamanan perjalanan Anda.

Periksa kondisi ban, apabila  ada yang sudah tipis (kembangannya sudah habis) ganti baru. Utamakan roda depan kondisi ban harus baik karena sangat mempengaruhi stabilitas dan pengedalian kendaraan, dan jenis kembangan ban pada satu as harus sama (depan kiri/kanan atau belakang kiri/kanan), ban depan dan belakang boleh tidak sama kembangannya. Periksa tekanan ban termasuk ban cadangan, sesuaikan dengan standard.

Secara umum usia pakai aki adalah sekitar dua tahun, jadi apabila usia aki yang Anda pakai sudah mendekati atau lebih dari dua tahun maka pertimbangkan untuk mengantinya sekalian, apalagi kalau sudah terlihat gejalanya, misalnya putaran motor stater pada waktu stater terasa lemah, atau kalau dipakai malam hari dengan AC hidup, aki menjadi tekor dsb.

Rasakan kondisi kopling, periksa plat kopling dan mataharinya apabila ada gejala selip misalnya tarikan terasa lemah/tidak bisa kontan atau tidak kuat menanjak, apalagi apabila disertai bau hangus kampas kopling.

Periksa kondisi kampas rem, silinder dan master rem. Apabla kampas rem sudah tipis ganti baru dan apabila terlihat ada rembesan minyak rem pada silinder/master rem ganti karet-karetnya.

Persiapkan peralatan seperlunya, paling tidak dongkrak, kunci roda, segitiga pengaman, standard tool set dan lampu senter harus ada. Kalau perlu cek dan coba apakah dongkrak dan kunci roda masih dapat berfungsi dengan baik.

Periksa kondisi semua lampu-lampu, lampu utama jauh/dekat dan lampu passing, lampu kota/lampu kecil depan/belakang, lampu rihting kanan/kiri depan/delakang, lampu rem, lampu atret dan klakson.

Periksa kondisi karet wipper, siapa tahu ada hujan dijalan. Apabila karet wipper sudah tidak dapat menyapu air dengan sempurna sehingga masih buram, sebaiknya ganti karet wipper. Periksa juga bekerjanya washer dan tambah airnya bila kurang.

Rasakan bekerjanya AC mobil Anda, apabila terasa kurang dingin cobalah cek kebengkel AC, mungkin hanya perlu tambah freon saja.

Juga jangan lupa cuci kendaraan serta cek parfum, ganti parfum bila sudah habis sehingga Anda merasa nyaman selama dalam perjalanan, serta bawa CD/kaset lagu-lagu untuk menyertai Anda dalam perjalanan.
Periksa STNK kendaran segera diperpanjang apabila sudah mendekati habis masa berlakunya.

Persediaan yang perlu dibawa secukupnya untuk penambahan selama perjalanan apabila diperlukan adalah :
– Oli mesin.
– Minyak rem.
– Oli power steering.
– Air radiator (radiator colant).
– Air aki.

Pemeriksaan kondisi kendaraan secara detail adalah sebagai berikut :

Mesin :
– Ganti oli mesin dan filter oli.
– Ganti/bersihkan filter bahan bakar.
– Ganti/bersihkan filter udara.
– Tune-up mesin, meliputi stel klep, karbutor/fuel injection, timing dan ganti/bersihkan busi dan setel/ganti platina apabila masih memakai platina (untuk motor bensin), stel tekanan nozzle (untuk motor disel).
– Periksa air radiator, tambah bila kurang.
– Periksa V-belt alternator maupun AC, stel kerenggangannya/ganti bila perlu.

Transmisi :
– Periksa oli versnelling/tranmisi, ganti/tambah bila kurang.
– Periksa oli gardan, ganti/tambah bila kurang.
– Beri grease/stempet pada cross joint.

Kemudi :
– Periksa oli power steering, tambah bila kurang.
– Beri grease/stempet pada tee-rod, bal joint dan steering rack.

Rem :
– Periksa bekerjanya rem setel bila terlalu dalam.
– Periksa minyak rem, tambah bila kurang.

Demikian tip persiapan mudik mengunakan mobil yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya dan semoga perjalanan Anda menjadi perjalanan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu berdo’a memohon perlindungan kepada Allah swt. setiap kali akan berangkat dan dan memanjatkan srykur Alhamdulillah pada waktu sampai ditempat tujuan.


Responses

  1. NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: