Oleh: Haris Istanto | 20 Agustus 2010

SISTIM PENANGGALAN DAN TATA SURYA

Didalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari sistim penanggalan (kalender) dimana sistim penanggalan tersebut dikaitkan dengan sistim tata surya bumi.
Sistim tata surya bumi adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasi matahari. Objek-objek tersebut adalah delapan buah planet mulai yang terdekat dengan matahari yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus, dan satelit yaitu benda langit yang mengelilingi planet-planet tersebut, dan benda-benda langit lainnya seperti meteor, asteroid, komet dll. (lihat gambar)



Sumber : http://anggitawulansari.wordpress.com/

Ada dua macam sistim penanggalan yaitu sistim penanggalan matahari dan sistim penanggalan bulan.
Sistim penanggalan matahari adalah sistim penanggalan yang berpedoman bahwa satu hari adalah waktu yang ditempuh oleh bumi untuk berputar satu kali putaran (rotasi), dan satu tahun adalah waktu yang dibutuhkan bumi untuk mengelilingi matahari satu kali putaran (revolusi) yaitu 365,2422 hari. Sehinga satu tahun penanggalan matahari adalah 365 hari (atau 366 hari setiap empat tahun sekali, disebut tahun kabisat apabila bulan Februari 29 hari) kemudian satu tahun dibagi menjadi 12 bulan, dimana satu bulan adalah 30 atau 31 hari kecuali bulan Februari 28 atau 29 hari.
Sistim penanggalan bulan adalah sistim penanggalan yang berpedoman bahwa satu hari adalah waktu yang ditempuh oleh bumi untuk berputar satu kali putaran (rotasi), dan satu bulan adalah waktu yang diperlukan bulan untuk mengelilingi bumi satu putaran yaitu 29,5306 hari sehingga satu bulan adalah 29 atau 30 hari dan satu tahun adalah 12 bulan sehingga satu tahun adalah 354 hari (atau 355 hari setiap tiga tahun sekali, semacam tahun kabisat).

Garis edar bumi mengelilingi matahari.

Garis edar bulan mengelilingi bumi.

Sumber : http://astro.wsu.edu/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: