Oleh: Haris Istanto | 10 Juni 2010

OVERVIEW HONDA SCOOPY

Meskipun telah mempunyai produk motor matic Vario dan Beat rupanya Honda masih menganggap perlu mengeluarkan varian baru jenis matic. Hal ini terbukti dengan diluncurkannya varian terbaru dari jenis matic yaitu Honda Scoopy yang dilouncing pada akhir bulan lalu.
Lalu apa kelebihan produk baru ini?
Gambar dan Spesifikasi teknik motor matic tersebut dapat dilihat dibawah ini.

*

Spesifikasi Teknis Honda Scoopy :

Panjang x lebar X tinggi
Jarak sumbu roda
Jarak terendah ke tanah
Berat kosong
Tipe rangka
Tipe suspensi depan
Tipe suspensi belakang
Ukuran ban depan
Ukuran ban belakang
Rem Depan
Rem Belakang
Kapasitas tangki bahan bakar
Tipe mesin
Sistem pendinginan
Diameter x langkah
Volume langkah
Perbandingan kompresi
Daya maksimum
Torsi maksimum
Kapasitas minyak pelumas mesin
Kopling
Transmisi
Starter
Aki
Busi
Sistem pengapian
Karburator
Lampu depan
Lampu senja
: 1.844 x 699 x 1.070 mm.
: 1.240 mm.
: 150 mm.
: 94 kg. (tipe CW)
: Tulang punggung
: Teleskopik
: Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
: 80/90 – 14 M/C 40P
: 90/90 – 14 M/C 46P
: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
: Tromol
: 3,5 liter.
: 4 langkah, SOHC
: Pendinginan udara dengan kipas
: 50 x 55 mm.
: 108 cc.
: 9,2 : 1
: 6,09 kW (8.28 PS) / 8.000 rpm.
: 8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm.
: 0,7 liter pada penggantian periodik
: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
: Otomatis, V-Matic
: Electric starter & kick starter
: MF battery, 12 V –  3 A.h
: ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
: DC – CDI, Battery
: VK22x1
: 12V 32 W x 1
: 12V 5 W x 1

Honda Scoopy adalah motor jenis matic. Saat ini motor matic memang sedang naik daun karena kemudahan dalam pemakaiannya yang tidak diribetkan dengan vernelling dan kopling. Pokoknya putar handel gas maka kendaraan akan melaju dan tarik rem kendaraan akan berhenti, sudah cuma begitu saja cara memakainya. Posisi rem-pun mempunai desain seperti pada sepeda ontel yang dari dulu kita kenal, handel kiri untuk rem belakang dan handel kanan untuk rem depan, sementara kaki bebas tugas dan bisa santai karena pijakan kaki merupakan lantai rata yang cukup longgar dibandingkan foot step pada sepeda motor bebek maupun sepeda motor sport yang membuat kaki bisa kram apabila melakukan perjalanan jauh/lama. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi matic saat ini, sehingga imej bahwa motor matic identik dengan motor yang lamban dan boros bahan bakar, pada saat ini mulai bergeser. Kita lihat dilampu merah, apabila lampu hijau menyala maka motor matic dapat melesat dan tidak kalah cepat dibandingkan motor bebek maupun motor sport, bahkan dengan suara yang lebih halus, tidak ada suara berisik akibat gerakan rantai yang diputar roda gigi seperti pada motor bebek dan motor sport.

Dari spesifikasi diatas dapat dilihat bahwa Honda Scoopy ini menggunakan mesin penggerak kelas 110 cc, seperti yang digunakan pada seri Supra, yang merupakan inovasi dari seri sebelumnya. Mesin Honda jenis ini termasuk sukses karena karakter mesin yang bandel, tidak rewel, mudah dikendarai, irit untuk pemakaian didalam kota, namun cukup bertenaga untuk pemakaian jarak jauh. Penggunaan ban ukuran 14” membuat motor yang berbobot hanya 94 kg ini pas untuk ukuran rata-rata anak muda (terutama cewek), membuat motor ini berpenampilan ramping dan lincah dalam bermanuver terutama diperkotaan yang lalulintasnya padat.

Sebagai kendaraan rakyat, pemakaian karburator sebagai pemasok bahan bakar untuk mesin merupakan pilihan yang tepat saat ini, karena mudah pemeliharaannya sehingga memberikan ketenangan dalam melakukan perjalan meskipun sampai masuk kedaerah pelosok karena masyarakat kita telah sangat familiar dengan peralatan ini sehingga  apabila ada masalah dijalan tidak akan kesulitan mencari bantuan bengkel yang bisa mengatasinya. Penambahan “Auto choke” pada karburator memberikan kemudahan kepada pemakai untuk menghidupkan mesin tanpa harus mempertimbangkan apakah mesin masih dingin sehingga memerlukan choke apa tidak. Auto choke akan mendeteksi temperatur mesin dan udara luar, apabila temperatur mesin dingin maka katup choke akan berada pada posisi menutup sehingga terjadi efek pengechoce-kan dan mesin akan menerima pasokan bahan bakar lebih agar supaya mudah hidup, namun apabila mesin telah panas maka katup choke akan tetap membuka sehingga karburator bekerja secara normal.

Opsi sistim pendinginan udara dengan kipas juga sangat tepat. Desain motor matic memang sedikit beda dengan motor bebek, sehingga apabila digunakan sistim pendinginan udara tanpa kipas akan kurang efektif terutama untuk pemakaian dikota-kota besar yang cenderung macet lalulintasnya. Pemakaian pendinginan air memang bisa menjadi solusi dan ada sedikit kelebihan dalam meredam tingkat kebisingan mesin, akan tetapi memerlukan peralatan tambahan berupa radiator dan koneksinya kemesin serta kipas radiator. Tambahan peralatan berarti meningkatkan harga motor tersebut dan menambah beban perawatan. Dengan demikian keputusan mengadopsi sistim pendinginan udara dengan kipas merupakan merupakan solusi yang strategis karena akan mendapatkan efektifitas pendinginan mesin yang mencukupi dengan pemeliharaan yang tidak ribet dan tanpa meningkatkan  harga produksi secara significan.

Penggunaan disc brake pada roda depan akan memudahkan pada waktu mengendarai motor ini pada medan yang naik turun. Bagaimanapun juga kita menyadari bahwa fungsi engine brake pada motor matic tidak seefektif  seperti pada motor yang mempunyai versnelling, namun dengan meningkatkan sistim pengereman berupa penggunaan disc brake pada roda depan, maka kendala tersebut bisa terkompensasi.

Selain spesifikasi seperti tersebut diatas, Honda Scoopy menawarkan fitur-fitur baru antara lain :

  • Rear chichon with inner cover, awet dan mudah dalam perawatannya.
  • Auto secure key shutter, mengurangi resiko pencurian serta memudahkan penggunaan kunci kontak ditempat gelap.
  • Brake lock, mencegah motor meloncat saat dihidupkan, serta praktis dan nyaman saat berhenti ditanjakan.
  • Side stand switch, yang akan mengatur supaya mesin tidak dapat dihidupkan apabila standar samping pada posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
  • Baterai kering, praktis dan bebas perawatan.

Dengan spesifikasi dan fitur seperti tersebut diatas maka bagi mereka yang menghendaki kemudahan dalam mengendarai sepeda motor untuk pemakaian didalam kota namun dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang masih ekonomis, dan hanya sekali-kali dipakai untuk perjalanan jarak jauh, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk memilih motor matic ini. Saat ini harga yang dibandrol untuk bisa memiliki skutik Honda Scoopy ini adalah Rp 13,5 juta on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, untuk wilayah lain silahkan cek kedeler terdekat ditempat ditempat anda.
Overview ini saya lakukan dengan cara mempelajari spesifikasi tehnik motor matic Honda Scoopy ini yang ada pada situs http://www.astra-honda.com, sehingga masih perlu dibuktikan dengan uji coba dilapangan atau pada waktu pemakaian sehari-hari nantinya.


Responses

  1. harganya?

    • Harga sudah saya cantumkan. Silahkan baca diartikel.

  2. Buat ulasan world cup 2010 paHaris. Jagoin siapa, kalau saya Brazil Kalau tak salah ingat tahun 1994 waktu kursus pengadaan barang dan jasa didiklat kita dYogya bertepatan piala dunia dibuku kenangan saya nulis “pengadaan …… tetap berjalan Brazil juara’. Semoga paHaris suka juga nonton bola. Salam

  3. kayaknya designnya kembali ke model classic nih ya.. keren juga

  4. keren motornya🙂

  5. Saya pernah pake matic, tapi hmmm….

  6. matic memang is the best dalam pemakaian dikota..lincah gesit mudah ..
    mau tanya nih?
    >kenapa matic diberikan cc yg besar 110 sedangkan penggunaannya didalam kota yg notabene macet ,dan sedikit boros BBM dan yg memakai sebagian besar wanita ,kalau dulu pernah ada honda ulung yg 70 cc itu benar2x irit sesuai program pemerintah..saya pernah bertanya pada dealer ataupun teknisi dan jawabannya gak teknis banget..asal jawab..110 cc emang dari pabriknya dibuat begitu..???
    kebetulan istri saya juga pake.
    > mohon pencerahan dari sahabat

    bagus postingnya komplit

    salam sahabat,

  7. Modelnya yang keren,sayang nggak ada dokunya.

  8. untuk saya yang sudah tua pantes nggak ya pakai motor itu?, apa anggap saja kayak pakai skuter (vespa) jaman dulu, kok bentuknya mirip.
    u/ mas frank, betul juga ya jaman dulu itu motor sport atau bebek dengan cc 50 ya nyaman2 saja, sekarang kok cc nya gede2.

  9. sebenernya menurut gw, matic 110cc itu lebih mudah dipakai untuk semua kalangan,, apalagi matic sekarang menganut stroke yang lumayan panjang…55mm!!tanda kl0 pabrikan mau manjain k0nsumen di segi tenaga jg…jadi gg harus bejek gas m0tor udah ada tenaga…btul gg?hHehehe…

  10. Kalau harga spare partnya di pasaran gimana yaa?? mahal atau murah?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: