Oleh: Haris Istanto | 15 Mei 2010

BAGAIMANA CARA AC MENDINGINKAN RUANGAN?

Bagian-bagian utama AC dan fungsinya :

  1. Evaporator blower, untuk mensirkulasikan udara yang ada didalam ruangan yang didinginkan, dengan menghisap udara dari dalam ruangan melalui filter udara kemudian dialirkan melalui evaporator dan kembali kedalam ruangan.
  2. Evaporator, untuk mendinginkan udara didalam ruangan yang disirkulasikan oleh blower evaporator.
  3. Filter udara, untuk menyaring debu/pollutant yang ada diudara didalam ruangan yang didinginkan.
  4. Compressor, untuk meningkatkan tekanan dari gas refrigerant agar supaya titik cair dari refrigerant meningkat.
  5. Condenser blower, untuk menghisap udara luar dan mengalirkannya melalui condenser.
  6. Condenser, untuk mendinginkan gas refrigerant agar berubah menjadi cairan refrigerant
  7. Refrigerant filter, untuk menyaring cairan refrigerant yang digunakan dalam sistim pendinginan.
  8. Expansion valve, untuk mereduksi tekanan dari cairan refrigerant agar supaya titik didihnya menjadi rendah.
  9. Refrigerant, adalah fluida yang berfungsi sebagai perantara untuk memindahkan/membuang panas dari dalam ruangan yang didinginkan oleh AC keudara luar, pada umumnya dipakai Freon.
  10. Temperature control, untuk mengatur suhu udara didalam ruangan yang dikehendaki.


Konsep dasar :

  • Bahwa perubahan bentuk dari zat cair menjadi gas terjadi pada titik didih dari zat tersebut dengan menyerap panas.
  • Bahwa perubahan bentuk dari gas menjadi zat cair terjadi pada titik cair zat tersebut dengan melepaskan panas.
  • Bahwa makin tinggi tekanan dari fluida (zat cair/gas), makin tinggi pula titik didih/cair dari fluida tersebut (hukum Boyle Gay Lusac).

Sesuai dengan dengan fungsi dari bagian-bagian utama sebuah AC dan konsep dasar seperti pada uraian tersebut diatas, maka dapat dirangkum cara kerja AC adalah sebagai berikut :

Pada waktu AC dioperasikan, maka blower evaporator akan menghisap udara dari dalam ruangan melalui filter udara kemudian dialirkan melalui evaporator. Evaporator adalah pipa tembaga yang dibuat berkelok-kelok (lihat gambar) dan pipa tembaga tersebut diberi sisip lembaran tembaga (seperti radiator pada mobil) sehingga luas permukaanya meningkat agar dapat dengan mudah menyerap panas dari udara yang yang melewatinya. Karena titik didih cairan refrigerant yang mengalir didalam pipa evaporator adalah dibawah 0º C, lebih rendah dari temperatur udara didalam ruangan yang disirkulasikan oleh blower, maka refrigerant tersebut menyerap panas dan berubah bentuk menjadi gas (disebut menguap). Selanjutnya gas refrigerant ini dikompresi oleh compressor sehingga tekanannya meningkat dan dialirkan kedalam condenser. Tekanan gas dari refrigerant ini mencapai + 15 kg/cm² sehingga titik cair dari gas refrigerant meningkat mencapai + 70º C, lebih tinggi dari temperatur udara luar. Bentuk fisik dari condenser adalah sama seperti evaporator, sehingga gas refrigerant bertekanan tinggi yang mengalir didalam pipa condenser tersebut berubah bentuk menjadi zat cair (disebut mengembun), akibat adanya aliran udara luar yang diedarkan blower condenser yang melewati condenser. Dari condenser cairan refrigerant mengalir melalui filter untuk selanjutnya oleh expansion valve, disini tekanannya direduksi agar supaya titik didihnya turun hingga dibawah 0º C, untuk dialirkan kembali keevaporator guna mengulangi siklusnya selama AC beroperasi.
AC akan terus beroperasi sampai suhu udara didalam ruangan mencapai suhu sesuai dengan setelan ada temperature control, dan apabila suhu udara sudah mencapai suhu sesuai dengan setelan temperature control, maka relay akan memutus aliran listrik ke compressor. Apabila suhu udara didalam ruangan menngkat sampai batas tertentu maka relay menyambung kembali aliran listrik untuk compressor dan compressor beroperasi kembali.

Pada waktu AC bekerja, terdapat tiga sistim sirkulasi yaitu :

  1. Sirkulasi udara didalam ruangan yang dilakukan oleh blower, dimana udara panas yang dihisap oleh blower dialirkan keevapotaror dan keluar dengan temperatur yang sudah rebih rendah. Selain itu udara juga mengalami proses :
    • Flitrasi, yaitu udara dibersihkan dari debu/pollutant yang ada pada udara didalam ruangan oleh filter udara.
    • Kondensasi, yaitu menurunkan kandungan uap air yang ada pada udara didalam ruangan dengan cara mengembunkan uap air tersebut dievaporator dan membuangnya keluar ruangan. Ingat AC selalu mempunyai saluran pembuangan air, air yang dibuang itu tadinya dikandung oleh udara. Coba tampung air tersebut, dalam satu hari mungkin bisa mencapai satu ember, jadi kalau tidak memakai AC air yang satu ember tersebut sebagian ikut kita hisap kedalam paru-paru kita pada waktu kita bernafas. Kandungan air didalam udara atau yang dikenal dengan istilah humidity di Indonesia termasuk tinggi, ditempat lain belum tentu demikian. Di Arab Saudi humidity-nya rendah, sehingga disana AC tidak perlu diberi saluran pembuangan air karena tidak ada/sedikit sekali air yang menetes keluar.
  2. Sirkulasi refrigerant didalam AC dari evaporator, compressor, condenser, filter, expansion valve dan kembali ke evaporator lagi, yang merupakan sirkulasi tertutup. Tidak boleh ada kebocoran pada sistim ini, karena begitu terdapat kebocoran maka semua refrigerant akan menguap keudara luar karena titik didih dari refrigerant dibawah 0º C, sedangkan temperatur udara luar di Indonesia rata-rata diatas 27º C.
  3. Sirkulasi udara luar yang mendinginkan condenser. Usahakan agar aliran udara panas yang keluar dari condenser dapat terbuang bebas ketempat terbuka/udara luas, jangan memasang AC dengan condenser yang membuang udara panas keruangan lain, karena ini berarti memindahkan panas dari ruangan yang ber AC keruangan dimana condenser mengeluarkan udara panas. Kecuali memang menghendakinya misalnya untuk ruang pengeringan cucian dsb.

Referensi :
http://www.abadimultiteknik.wordpress.com/2010/01/13/sistem-kerja-alat-pendingin-ruangan-ac
http://www.iyangmulia.com/?cat=7
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080618191747AAmQuaa


Responses

  1. Wah pertamaxxx nich…

    Nice Post Pak…

    jangan lupa berkunjung ya http://dioprasetyo25.wordpress.com/

  2. mantap. Maaf, boleh saya tanya?bagaimana caranya agar saya bisa memberitahukan postingan baru saya kepada teman-teman lain seperti bapak ini?tks atas jawabannya. tulisan yang sangat informatif. Saya suka.

  3. hebaat..

  4. good news bro..

    lumayan membingungkan ya rupanya cara kerja ac…

  5. AC di sekolahkku nggak terasa lagi….Abisnya kebanyakkan anaknya😆

  6. Wah, info yang bagus, gan🙂

  7. Posting bagus buat nambah wawasan. jadi nggak cuma bisa beli aja. Silahkan ikuti kisah petualangan saya dlm artikel “Cowboys in Paradise” di http://skbjepara.wordpress.com

  8. Yap, akhirnya saya tahu juga.🙂

  9. great artcle sir…… always grab your future

  10. Sip; tapi terasa belum jangkep. belum memberi petunjuk cara memilih ac; yg di pasar banyak tipe ditawarkan. selain itu—-maaf boss— aq koreksi sedikit ttg penggunaan kata “agar” kok digandeng dengan “supaya” ke dua kata itu sama arti. tak ubahnya menggunakan kata “sebab” dan “karena” kadang ada juga yg menulis “disebabkan karena”. menurut guru bahasa; pengulangan berlebih-lebihan, kan mubazir …..? okey, saya tunggu yang terbaru lainnya. salam

  11. wah, dapat info tentang teknisi nih, siapa tahu bisa reparasi sendiri

  12. Sebetulnya infonya ok, cuma buat saya terlalu teknis, jadinya ga mudheng de…

    Salam kenal aja ya…
    Mampir2 balik Pak ?
    Monggo..😀

  13. maJu Truuuz,,^_^

  14. kalau aku lagi kepanasan,paling berdiri di depan kulkas terus pintunya dibuka.

  15. Nggak punya AC sob..hehe..

    Thanks infonya.

  16. Wow…lengkap, tapi teknis sekali ya.
    Lebih gampang kalo dijelasin begini misalnya:
    Sifat fisika dasar dari cairan adalah ini: kalau cairan menguap akan menarik panas, kalau uap mencair akan melepaskan panas. Jadi, AC mempunyai evaporator di bagian dalam untuk menguapkan cairan sehingga menghisap panas di dalam, kemudian uap itu dicairkan di kondensator di bagian luar ruangan. Agar siklusnya berputar terus, AC memakai alat yang bernama kompresor. Agar dinginnya merata, AC memakai kipas yang disebut blower.
    Prinsip ini juga berlaku pada kulkas…
    Salam!

  17. nice inpo bang..
    kalau ac nya LG yang bisa nyensor jumlah orang di ruangan itu gimana cara kerjanya?

  18. Blog yg OK Mas…. bisa jadi bahan referensi dan nambah pengetahuan saya. dirumah biasanya saya juga pakai AC (Angin Cendela)

  19. bagus sekali,tp kalo ac dimatiin dan dinyalakan lagi gimana ya,baik nggak utk ac itu sendiri maupun utk kesehatan?tolong balas

  20. Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

  21. inpo yg bagus.. jadi tau neh cara bikin ac awet

  22. kata tukang ac (rumah) ac harus diservis 3 bulan sekali, yg diservis bagian mana saja? kenapa 3 bulan? trims salam

  23. lbh enak pke AC alami…lbh seger….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: