Oleh: Haris Istanto | 12 Mei 2010

MENGENAL INTERNET DAN E-MAIL

Meskipun internet sudah diciptakan sejak tahun 1970 di Amerika (referensi http://willmen46.wordpress.com/2007/09/23/mari-lebih-mengenal-internet-bagian-1) dan mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1990 (referensi  http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia) namun belum lama saya mengenal internet dan email.

Bermula pada awal masa pensiun saya pada tahun 2009, saya diminta oleh pimpinan di Jakarta untuk membantu tim konsultan menyelesaikan pembuatan laporan hasil evaluasi pekerjaan dilapangan. Karena aktifitas ada di Jakarta sedangkan domisili saya ada di Surabaya serta saya hanya kalau diperlukan saja harus datang ke Jakarta, maka komunikasi, pengiriman tugas-tugas yang harus saya selesaikan dan pengiriman kembali hasil kerja yang telah selesai dilakukan dengan e-mail. Terus terang sebelumnya selama masa aktif saya justru agak kurang mengenal internet dan e-mail, kalaupun harus kirim e-mail, cukup hanya memberikan file/pekerjaan yang akan di-e-mail kepada petugas dan proses pengiriman e-mail saya nggak tahu dan pada waktu itu juga nggak ingin tahu. Oleh sebab itu menghadapi pola kerja seperti ini saya jadi kelabakan, sehingga pada akhirnya belajar mengenal internet dan e-mail kepada anak saya (kalau istilah Jawa ini namanya “kebo nyusu gudel”). Selanjutnya saya dibuatkan e-mail adres, diajari cara mengirim e-mail maupun membuka e-mail yang masuk, dan Alhamdulillah saya dapat menyelesaikan tugas-tugas tersebut, meskipun kadang-kadang ada kendala.

Sebagai ekses setelah mengenal internet dan e-mail, maka pada waktu luang saya mulai mengenal browsing membuka website untuk mencari informasi misalnya pada www.detik.com, www.metrotvnews.com, www.kompas.com dan www.suaramerdeka.com ini adalah situs-situs yang paling sering saya buka, atau mencari informasi dengan search engine Google, misalnya pada waktu saya mencari data tentang big gun sprinkle untuk pengairan, mencari data tentang mata bor (three cone bit) dsb.
Awalnya saya belajar mengenal internet dan e-mail sih untuk pekerjaan, akan tetapi sejak awal tahun 2010 ini karena sudah tidak ada aktifitas lagi, maka intensitas browsing diinternet makin meningkat, kemudian mulai mengenal bisnis online atau internet marketing dengan iklannya yang sangat menggiurkan yang katanya bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dengan investasi hanya beberapa ratus ribu rupiah saja dengan bisnis online sebagai reseller. Pernah mencoba dua kali tapi nggak pernah berhasil, boro-boro dapat jutaan rupiah, udah nggak untung malah buntung karena saya sudah mengeluarkan biaya untuk investasi awal dan biaya iklan diinternet, tapi nggak ada pemasukan!

Pada suatu hari ketika baca koran ada iklan tentang seminar preview kursus bisnis internet, saya pikir nah kalau ini mungkin beneran, kan kita bertemu muka jadi bisa diskusi bisa komunikasi dan bisa bisa minta guidance apabila kurang memahami. Akhirnya saya ikut mendaftarkan, investasinya lumayan gede, jauh lebih mahal dari investasi yang diperlukan untuk bisnis online sebagai reseller diinternet. Ngak apa-apa namanya juga perjuangan tentu butuh pengorbanan demikian pikir saya. Pada waktu mendaftarkan ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu online store, affiliate atau web design. Dari hasil diskusi dengan penyelenggara akhirnya disepakati bahwa yang sesuai untuk saya adalah online store, karena saya berencana akan mencoba meningkatkan bisnis busana muslimah secara offline yang dilakukan saudara saya di Semarang menjadi bisnis online.
Pada waktu pelaksanaan kursus kami yang hanya berdua diminta untuk membeli domain dan berikut sewa hosting-nya selama satu tahun, karena program online store akan di-upload kedomain tersebut. Setelah program di-upload kemudian dijelaskan cara meggunakan program tersebut. Program yang terinstal ini adalah program untuk berjualan e-book, jadi kalau untuk jualan e-book maka program ini akan bekerja secara otomatis tanpa banyak memerlukan campur tangan kita. Yang diperlukan hanya mengecek apakah pemesan e-book yang masuk sudah mentranfer uang pembelian e-book tersebut apa belum, apabila sudah maka tinggal meng-klik dan e-book tersebut akan terkirim ke e-mail adress dari pembeli. Apabila diaplikasikan untuk selain e-book tentu membutuhkan penyesuaian-penyesuaian, saya pikir okelah ngak apa-apa, nanti pelan-pelan kan bisa dipelajari.

Pada waktu itu pula saya mulai mengenal istilah “Blog” kemudian untuk membuat blog tersebut dapat dilakukan secara gratis dengan WordPress, Joomla dsb. Dari informasi yang saya dapatkan, katanya untuk membuat blog yang mudah dan bisa gratis adalah dengan WordPress, oleh karena itu saya membeli buku-buku tentang WordPress saya pelajari dan sekaligus prakek, dan jadilah blog http://www.harisistanto.wordpress.com ini. Dalam pikiran saya, ini adalah sebagai latihan untuk nantinya bisa mengembangkan domain yang sudah saya beli itu sebagai online store yang dapat dikelola oleh saudara saya.

Posting yang pertama saya publish pada tanggal 13 Maret 2010, jadi saat ini persis dua bulan. Untuk membuat posting, pertama-tama saya tulis dengan Word, saya atur serapi mungkin sesuai dengan keinginan saya, baik font, margin maupun spacing-nya. Selanjutnya saya copy ke WordPress, dengan harapan nanti jadinya posting saya ya seperti itu. Akan tetapi ternyata saya keliru, belum sampai di-publish, baru di-preview saja sudah nggak sesuai dengan harapan, misalnya mau membuat margin rata kiri kanan saja ngak bisa, akhirnya ya sudahlah rata kiri saja, orang bisanya cuma begitu.
Sampai beberapa posting masih begitu, sampai akhirnya ada yang ngasi komentar di-posting saya yang isinya ngajarin bagaimana cara membuat margin rata kiri kanan dan indent. Langsung saya coba tapi tidak berhasil, lhoo kenapa? Akhirnya setelah mencoba berkali-kali sambil mempelototin kata demi kata, barulah ketahuan ternyata ditempat menulis pada WordPress ada mode “Visual” dan “HTML”, selama ini saya menulis dengan mode Visual kemudian saya preview, ya jelas semua kode-kode HTML-nya nampak! Sedangkan mestinya menyisipkan kode-kode HTML pada mode HTML selanjutnya pada waktu pindah kemode Visual sudah kelihatan rapi, begitu pula waktu di-preview. Naah setelah sukses, semua posting terdahulu saya perbaiki agar supaya tampilannya lebih baik. Terima kasih untuk yang telah ngajarin saya.
Beberapa saat kemudian ada yang menulis dikomentar, menyarankan agar penulisan posting saya menggunakan sistim “read more” atau “baca lanjutannya” agar supaya pengunjung yang datang dapat melihat semua posting yang ada secara cepat karena semua posting dipenggal beberapa alinea awal saya, baru setelah melihat semua posting yang ada dan memutuskan untuk membaca posting tertentu secara keseluruhan, dapat dilakukan dengan mengklik tulisam “read more” atau “baca lanjutannya”.
Bagus sih memang sarannya, tapi saya ngak tahu gimana cara bikinnya, jadi ya dicuekin aja. Tapi pada waktu saya sedang browsing secara kebetulan ada posting yang membahas masalah ini, sehingga saya pelajari dan coba mempraktekkan ternyata berhasil karena memang tidak terlalu sulit. Naah sekarang semua saya bikin begitu kecuali posting yang terakhir ntar dulu.
Sesudah itu ada lagi yang menulis dikomentar, meminta agar saya mau tukar link dengannya. Saya bingung gimana nih maksudnya tukar link? Karena saya nggak tahu ya udah saya diemin aja. Tapi eeh beberapa waktu kemudian dia komplain, dia bilang bahwa domain saya sudah terpasang diblognya dia tapi kenapa blog saya belum mencantumkan domain dia? Wah jadi bingung niih, harus gimana ni ye? Kebetulan saat itu ada saudara saya yang punya blog baru nawarin tukar link, saya bilang saya nggak tahu caranya tukar link, saya mau tapi tolong diajarin dulu. Selanjutnya dia nulis e-mail ke saya memberi panduan cara mengisi “BLOGROLL”, dan setelah saya coba ternyata berhasil, dan domain-nya blog saudara saya berhasil muncul di BLOGROLL blog saya. Oleh karena itu segera saya cari yang dulu pernah komplain karena domain-nya tidak muncul di BLOGROLL, dan langsung saya setting sehingga domain-nya muncul di BLOGROLL blog saya. Maaf yaa, saya bener-bener belum tahu waktu itu, dan sekarang kalau ada yang mau tukar link saya persilahkan karena saya sudah siap.
Sejak posting pertama dua bulan yang lalu, hari-hari saya hanya ngurusin blog ini saja. Jadi kalau semula niatnya adalah untuk belajar agar bisa membuat program online store untuk di-upload pada domain yang sudah saya beli kini kenyataannya boro-boro mau bikin program online store, ngurusin blog ini aja udah kalang kabut, tapi nggak apa-apa kok, saya mulai bisa menikmati asyiknya ngeblog.

Tapi kini ada kendala lagi. Sudah menjadi rutinitas saya, kalau ngak ada aktifitas nyiapin posting, maka saya browsing untuk melihat-lihat barangkali ada informasi-informasi yang bermanfaat. Biasanya saya ngasi komentar dan ninggalin nama domain saya untuk perkenalan. Tapi sejak beberapa hari yang ini setiap kali saya memberikan komentar, kemudian “submit” tidak pernah bisa masuk, bahkan membalas komentar diblog saya sendiri juga ngak bisa. Jadi kalau biasanya ada yang nulis minta kunjungan balasan, kemudian saya melakukan kunjungan balasan keblog tersebut sambil meninggalkan pesan bahwa ini adalah kunjungan balasan saya, maka hal itu saat ini tidak bisa saya lakukan lagi, nggak tahu entah kenapa. Untuk itu mohon anda bisa memahami kendala saya ini, dan saya akan tetap melakukan kunjungan, cuman nggak bisa ngasi komentar.

Melewati dua bulan pertama ini saya sudah membuat 12 posting dengan berbagai topik yang saya harapkan dapat bermanfaat, meskipun apa yang saya hasilkan tersebut mungkin cuma sebegitu aja. Sampai saat ini jumlah pengunjung yang datang sudah mencapai lebih dari 6.000 pengunjung atau rata-rata 100 pengunjung lebih perhari dengan maksimum kunjungan yang pernah dicapai adalah 323 pengunjung perhari pada tanggal 8 Mei 2010. Adapaun jumlah pengunjung yang berkenan memberikan komentar mencapai 650 pengunjung lebih; terima kasih kepada mereka yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog ini serta mereka yang berkenan memberikan komentar. Terus terang kunjungan dan komentar andalah yang menbuat saya bersemangat mengelola blog ini. Begitulah riwayat saya mulai mengenal internet dan e-mail sampai menjadi bloger.
Terima kasih.


Responses

  1. hore pertamax:mrgreen:

  2. mirip saya di blogspot, bikin posting lewat open office word… convert ke blogspot malah berantakan…. selanjutnya kalo menulis posting langsung di blogspot

    6000 pengunjung itu banyak sekali… wordpress tampaknya lebih bagus dalam menarik trafik ketimbang blogspot

  3. Pak Haris (atau pak Is?), baca judul dikira tulisan tentang internet n email basic’s. Asyik juga pengalaman anda ber email dan berinternet. Apa sudah pernah buka HarisMedia.com, mungkin bisa dapat pencerahan. Saya mulai go blog belakangan dari anda. Awalnya di blogspot.com, setelah itu di wordpress, juga di blog.com dan livejournal.com Terbaru, melalui pencarian ex kantor/proyek saya dulu buat lagi di multiply.com (kalau berkenan coba lihat exrbo7bjm.multiply.com). Email lain saya adhi4mum412@aol.com selain mahdiamir48@yahoo.com dan @gmail.com. Lanjut

  4. setelah mencoba jadi pengalaman luar biasa ya pak

    salam

  5. yah gak pertamax😦

  6. Semangat ya Pak.

  7. yaaa..mencoba dan trus blajar
    semangat trus pak…
    kunjungan balik yaaa….

  8. kunjungan balik. teruslah menulis…selamat

  9. Wah… pak saya juga baru sebulan nih kenal Internet n ngeblog…

  10. Saya dulu juga seperti itu….sekarang sudah agak mending, tapi mesti belajar juga….

  11. Walau internet mudah diakses, tapi kalau nggak ada kesempatan untuk memanfaatkannya….yang ilmu internet pun ga bisa didapat dengan mudah….

  12. TErimakasih atas info2nya…kunjujbi juga web saya http://www.e-miracle01.tk atau 01syariah.tk

  13. Terimakasih atas info2nya…kunjungi juga web saya http://www.e-miracle01.tk atau http://www.01syariah.tk

  14. yang pertamaxx selamat yaaa!!!

    Info yang bagus nih, boleh diterapkan juga ilmunya.

  15. oke,oke saya salut. .

  16. terima kasih atas artikelnya…..

  17. ceritanya mirip sekali dengan pengalaman saya
    bedanya saya masih kerja pak dan belum serajin pak Haris dalam memposting, selamat untuk produktivitasnya, kapan kapan saya mau tanya pengalaman bapak yang lain, ok salam sukses

  18. Cerita yg menarik & lucu juga. tapi sekarang jadi ketagihan ya betapa asyiknya berinternet. Cuma harus hati2 karena informasi yg ada tdk semuanya benar. Kita yg harus pandai2 memilih dan memilah. namanya juga dunia maya. Sering digunakan utk org2 yg tdk bertanggung jawab. Apalagi kalo terima email dr org yg tdk dikenal kemudian ngajak bisnis/ memberi penawaran yg menarik. lebih baik langsung masukkan spam aja. Semoga sukses. Tdk ada kata terlambat utk belajar.

  19. Menarik juga ceritanya, sama aja dengan saya yang baru beberapa bulan ini bisa nulis di blog.

  20. Halo Pak…thanks atas sharingnya, saya jadi dapat ilmu nih.saya juga baru beberapa minggu ini nulis blog di wordpress. Kunjungi blog saya dong. Yang kutulis adalah segala hal yang berhubungan dengan kanker payudara. http://www.dirikuwanita.wordpress.com

  21. Tukaran link ya boz

  22. link blog pak haris sudah saya pasang di blog saya. Terima kasih.

    http://pondokhati.wordpress.com

  23. p4ngeranmud4@gmail.com Tadinya aku malu ,tapi sekarang bangkit dan menambah ilmu dari Bapak beri juga saran ke http://seksiptc.blogspot.com/

  24. baguslah terus menulis dan bercerita, sharing ke teman, sanak famili apalagi sekarang sudah banyak punya waktu. tapi jangan sampai lupa makan, istirahat, tidur, olah raga, mengurusi keluarga dan lainnya (katanya, didepan komputer terus itu juga nggak sehat)

  25. Internet memang bikin
    hidup asiiiik….dan penuh warna
    apalagi internetan diisi dengan ngeblog,
    pasti akan semakin positif
    dan membuat kita semakin kreatif…
    mantaaaap……..bro 🙂

  26. Sy sangat salut perjuangan bp dlm memahami dunia maya & sekaligus mengingatkan pengalaman sy dulu. Yg repot pa, terkadang kita minta penjelasan dgn rekan eee nggak ada jawaban atau jawabannya membuat kita tambah bingung. Pengalaman sy, ada hingga sekarang pertanyaan/pohon penjelasan yang tdk pernah dijawab. Yaaa mungkin saking repotnya. Disamping proaktif kita harus berani utak-atik, biar salah nggak apa2, pengalaman. Selamat pa; salam
    a2karim

  27. Silahkan baca posting terbaru ” Cowboys in Paradise ” di http://skbjepara.wordpress.com dan mohon komentar

  28. Salut pada bapak yang satu ini,semangat untuk belajarnya pantang menyerah.

  29. hm… bagus pak. Lanjutkan perjuangan anda…
    Jangan lupa kunjungi blog saya di http://cepilitok.wordpress.com

  30. wahh … saya malu, sama bapak yang satu ini, semangatnya luar biasa untuk bisa. Kata iklan “Rosa!” …
    btw … saya belum lihat profil bapak neh …

    Salam dari Bogor

  31. yah,itung itung utk tindakan preventif terhadap pos power sindrom (PPS )

  32. bagus juga traffiknya, baru 2 bulan udah nyampe 320 UV per hari


Tinggalkan Balasan

Kategori

