Oleh: Haris Istanto | 4 Mei 2010

POMPA TURBIN PERTAMA DI KABUPATEN SIKKA

Pada waktu saya mulai bertugas di Maumere Kabupaten Sikka – Flores, pada tahun 1995 sudah banyak sumur pompa yang dibangun oleh proyek, baik yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi maupun air baku perdesaan. Sumur-sumur tersebut dilengkapi dengan pompa jenis “Submersible pump”, untuk mengambil air yang ada didalam sumur agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan keperluan.
Submersible pump atau pompa submersibel adalah pompa yang digerakkan oleh electro motor, dimana rangkaian pompa dan electro motor (yang merupakan satu as) posisinya ada didalam sumur, jauh dibawah permukaan air. Pompa disambung dengan pipa galvanis sesuai dengan kedalaman yang direncanakan, dan kabel dari electro motor pada pompa submersibel tersebut disambung dengan kabel power untuk dihubungkan dengan panel kontrol yang ada diruang generator-set agar dapat mengoperasikan pompa dengan mudah. Kedalaman instalasi pompa submersibel yang pernah kami lakukan adalah mencapai kedalaman kurang lebih 50 meter.

Penggunaan pompa submersibel dipilih dengan pertimbangan :

  • Pelaksanaan instalasi pompa relatif mudah, karena hanya menyambung pipa galvanis dan kabel power.
  • Sesuai untuk sumur dengan kedalaman pemompaan lebih dari 30 meter.
  • Tersedia kapasitas kecil sampai besar.

Namun penggunaan pompa submersibel juga mempunyai kekurangan :

  • Instalasi dan penyetelan awal panel kontrol yang menghubungkan generator dengan pompa submersibel memerlukan tenaga yang benar-benar ahli.
  • Sumur harus betul-betul bersih dan bebas dari pasir.
  • Tenaga yang dihasilkan oleh generator-set jauh lebih tinggi dari yang diperlukan oleh pompa, karena harus mengantisipasi sifat electro motor yang membutuhkan daya yang besar untuk angkatan pertama.

Dengan mempertimbangkan faktor kelebihan dan kekurangannya serta kondisi proyek saat itu, maka penggunaan pompa submersibel adalah pilihan yang tepat secara umum sesuai dengan kondisi akifer di Kabupaten Sikka atau pulau Flores.
Pada lokasi tertentu dimana kedalaman pemompaan hanya berkisar antara 12 sampai 24 meter, maka patut dipertimbangkan penggunaan “Turbine pump”. Turbine pump atau pompa turbin adalah pompa yang kedudukannya ada dibawah permukaan air yang akan dipompa, namun tenaga penggeraknya berada dipermukaan tanah, sehingga untuk menggerakkan pompa tersebut maka pompa disambung dengan beberapa column pipe dan line shaft sampai kepermukaan tanah serta discharge head dan right angle gear drive (RAGD) agar dapat dihubungkan dengan motor penggeraknya.
Kebetulan kondisi seperti itu dapat dijumpai diwilayah kerja proyek didaerah Magepanda Kabupaten Sikka, yang pada waktu itu ada beberapa sumur yang belum dilengkapi dengan pompa.
Sehubungan dengan hal tersebut,maka kami mengusulkan kepada Pimpro untuk mencoba menggunakan pompa turbin dengan pertimbangan :

  • Sesuai untuk sumur dengan kedalaman pemompaan antara 10 meter s/d 30 meter.
  • Pada kapasitas yang sama, tenaga penggerak pompa turbin lebih kecil dibandingkan dengan penggerak pompa submersibel sehingga biaya operasi lebih murah.
  • Karena hubungan antara motor penggerak dengan pompa adalah sistim mekanis, maka pelaksanaan pemeliharaannya relatif mudah.

Meskipun demikian penggunaan pompa turbin mempunyai kekurangan :

  • Desain dan kontruksi pompa turbin rumit.
  • Karena as penggerak pompa harus disambung sedalam pemasangan pompa, maka proses pemasangannya membutuhkan ketelitian, makin dalam pemasangan pompa makin tinggi tingkat ketelitian yang diperlukan.
  • Membutuhkan tenaga kerja yang terampil pada proses instalasi.

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan penggunaan pompa turbin tersebut maka akhirnya usulan kami diterima Pimpro dengan catatan bahwa kondisi proyek saat itu adalah :

  • SDM yang ada diproyek tidak/belum ada yang pernah melakukan pemasangan pompa turbin.
  • Proyek hanya mempunyai truck crane, sedangkan peralatan lain yang diperlukan untuk melaksanakan pemasangan pompa turbin, proyek tidak/belum memiliki.

Dengan pertimbangan seperti itu, Pimpro mengembalikan keputusannya kepada saya. Oleh sebab itu saya melakukan kordinasi dengan teman-teman sekaligus memotivasi mereka untuk berani mencoba hal yang baru ini. Berkat kemauan untuk meningkatkan kemampuan diri dari teman-teman, maka merekapun mendukung rencana tersebut.
Sementara proses pengadaan pompa turbin berlangsung, kami menyiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan proses instalasi dengan tujuan begitu pompa datang maka pelaksanaan instalasi pompa dapat segera dilaksanakan. Selain itu kepada teman-teman juga saya berikan teori-teori yang diperlukan agar supaya mereka betul-betul siap melaksanakan pemasangan pompa turbin. Adapun sumur yang dipilih untuk dipasang “pompa turbin pertama di Kabupaten Sikka” ini adalah sumur KMI 45 di Magepanda.
Ketika pompa sudah datang, maka kami segera melakukan persiapan untuk melakukan instalasi pompa tersebut yang meliputi :

  • Memeriksa apakah spesifikasi tehnik dari pompa yang diterima sesuai dengan konsisi sumur yang diusulkan.
  • Memeriksa apakah semua komponen pompa sudah lengkap baik jenis maupun jumlahnya, sehingga tidak ada yang ketinggalan pada waktu proses instalasi.
  • Memeriksa apakah semua komponen pompa dalam kondisi baik.
  • Memeriksa apakah peralatan yang akan digunakan untuk instalasi yang telah dipersiapkan sesuai dengan pompa yang ada.

Akhirnya setelah semua persiapan tersebut dapat diselesaikan, maka semua komponen pompa dan peralatan instalasi dinaikkan ketas truck crane untuk dibawa kelapangan yaitu sumur KMI 45 di Magepanda untuk melakukan instalasi “pompa turbin pertama di Kabupaten Sikka”.
Berkat keseriusan teman-teman serta kesediaannya mengikuti petunjuk-petunjuk yang saya berikan, maka instalasi pompa turbin kedalam sumur degan kedalaman 15 meter dapat dilaksanakan dengan lancar.

Pompa Turbin siap diinstalasi pada sumur KMI 45, Magepanda-Kabupaten Sikka.

Inilah pompa turbin pertama Kabupaten Sikka pada sumur KMI 45 di  Magepanda.

Sesudah pelaksanaan instalasi pompa dapat diselesaikan, maka dilanjutkan dengan uji coba operasi pompa untuk mengetahui apakah instalasi yang dilaksanakan telah dilakukan dengan benar sehingga tidak ada kelainan pada waktu dioperasikan dan mengecek apakah debit pompa sesuai dengan spesifikasi dari pompa tersebut. Dari hasil uji coba tersebut ternyata pompa dapat beroperasi dengan baik dan debit pemompaan adalah 10 liter/detik sesuai dengan spesifikasi pompa turbin tersebut. Dari nformasi teman-teman yang dulu ikut melakukan instalsi pompa turbin tersebut yang saat ini masih bertugas di Maumere, pompa tersebut dapat beroperasi sampai dengan tahun 2008 sebelum diganti dengan pompa turbin yang baru. Dengan demikian berarti usia pakai pompa turbin tersebut lebih dari 10 tahun yaitu standard usia pakai dari pompa turbin.


Responses

  1. posting yang menarik pak Hari… trims undangannya

  2. Mantap gan…
    sebuah terobosan yang jarang orang mau melakukannya.
    Salut dah..

  3. Subhanallah, sungguh manfaat sekali, terus berkarya ya Pak…

  4. Kunjungan balik, teruslah berkarya, semoga sukses selalu menyertai anda,

    Nitip artikel etika menggunakan internet, dan ada tuh etika bloger juga, disini:
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/04/berinternet-sehat-membendung-mudharat/

  5. wah ini postingannya sangat teknis dan serius, saya harus mengingat ingat lagi pelajaran fisika dan elektro nih.

    salam

  6. Tabea…. Nice blog. Salam kenal. Thanks,-

  7. ke depan manfaat dari teknologi ini mungkin bisa diaplikasikan di daerah-daerah lain di Indonesia.. posting yng sangat bermanfaat sekali

  8. pompa turbin…. mantab mantab…

  9. Siep…bisa buat mompa uang juga nick..hehehe… http://dihyamd.wordpress.com/2010/05/04/ada-apa-dengan-vagina/

  10. Betapa rumitnya hanya utk mendptkan air. terima kasih ya Allah Kauberikan aku air yg berlimpah. Semoga aku bisa ikut menjaga ketyersediaan air di lingkunganku. Amin!

  11. baru baca postingannya aja udah rasanya bangga banget…apalagi melakukan yang pertama lagi….
    mantab.

    salam sahabat,

  12. Silahkan baca posting saya terbaru Cara Gampang dapat Uang di Blog http://skbjepara.wordpress.com dan beri komentar

  13. Negeri ini kaya sekali akan sumber daya, termasuk ‘ide gila’. Salut buat Anda.

    Terima kasih telah berkunjung. Lawatan balik.
    Salam kenal, mohon ijin untuk tukar link.

  14. Good posting..!!

  15. Excellent pak! sejauh mana efisiensi biaya instalasi pompa turbin ini, lebih hematkah? goodluck

    salam kenal,
    http://www.bacaeunincu.wordpress.com

  16. Menarik artikel nya pak, teknologi tepat guna

  17. belum maksud pompa-memompa.tapi bagus kok. http://www.catatanfb.wordpress.com

  18. wooww.. smoga terus berkembang dgn baik hasil karyanya ya Pak!
    Semoga bisa bermanfaat buat bangsa kita membutuhkan pompa air tersebut yang menginginkan segalanya hemat.. khususnya di daerah2 yang kurang terjangkau dari listrik…
    Terus terang aja saya suka kalo di rumah saya ada pompa turbin.. disamping hemat biaya (tanpa pake listrik) juga bisa sambil olahraga. Jadi bisa On terus… hehe.. walopun mati lampu listrik.. Soal air yang keluar tak kalah derasnya di banding pompa listrik..

  19. lengkap
    mantan dan menarik artikelnya
    salam hangat dari blue

  20. Miliki STRATEGI bagaimana CARA Anda meraih penghasilan lebih banyak dari bisnis Anda…

  21. air bersih untuk semua😀

  22. tenaganya dari mana pak?
    fimana kalau membuat penyuling air laut tenaga matahari. cuma pasang aja kaca di atas air laut lalu dimiringkankan mengarah ke ember. kalau kacanya besar airnya banyak yang didapat.

  23. Ok,,nice share..teknologi yang cukup murah dan membawa banyak guna di daerah kabupaten sikka yang mungkin masih banyak tertinggal jauh dengan kabupaten2 lain yang perkembangan progersnya lebih cepat🙂

  24. dengan pengalaman yang luas nampaknya teknologi yg rumit bisa diterapkan di daerah terpencil dan sekaligus bermanfaat….
    good job brader….

  25. mantap, terus dikembangkan ke artikel – artikel yang lain

  26. kunjungan balik..
    posting yg bagus pak..
    smoga kdpn lbh skses.

    http://barubelajarbisnisinternet.wordpress.com/

  27. Thx for the invite.
    Nice content

  28. mas ditunggu bannernya buat majang di blogger kerem bulan ini

    kirim ke kabari.berita@gmail.com

    atau kasih url bannernya

    makasih

  29. klik di :

    http://www.onthelclassic.com

  30. subhanallah,,,mantap sob,,
    lanjutkan…!!!!!

  31. salam kenal semuanya

    http://www.hafidzcollection.wordpress.com

    yup…aku suka kata itu subhanalloh… kalo nggak waduh pekerjaan yangs sepele apapun kalo ga didasari oleh ketuhanan …berabe deh… salut untuk anda… salut untuk semuanya…. salut untuk yang selalu cinta tanah air..

  32. Jreng ya be!

    • iye hehehhe

  33. bedanya apa dengan jetpump?
    di rumah saya pakai jetpump dengan kedalaman 50m, pakai merk Grunfos.

    kunjungan balik nih😆

  34. wawwaw..

    lagi lagi anda memberikan info yang sangat menarik mas..

  35. mantappp infonya

  36. p cabar,kawan
    semangat
    salam hangat dari blue

  37. hmm…
    mw ngucapin met malem adja lah…
    wahahaha…
    ….
    orang baru dlm dunia blog nie, tak tau apa2…
    lam kenal… ^_^

  38. Terima ksh atas kunjungannya…
    Tulisan yg bagus dan bermanfaat..,

  39. saya melihat profesionalitas bapak dalam mengelola blog. saya mohon di berikan berbagai masukan dalam pengelolaan blog.khusunya soal menulis atau memposting konten yang menarik.thank atas silaturrahminya.

  40. wah..posting yang menarik sekali gan..
    manfaat banget..
    http://punzjrs24.wordpress.com

  41. makasih kunjungannya pak,
    sy baca dulu ya pak..😀

  42. nice info gan,,,:D
    slm knl..

  43. infonya sangat bermanfaat, thx…

    kreatif dan inovatif, mantap gan…

  44. Terimakasih atas kunjugan anda di Blog saya http://cwienn.wordpress.com/…
    Mari kita bersama sama dalam berbagi artikel yang berguna..😀

    Salam kenal dari Banjarmasin,🙂

  45. artikel nya bagus… lam nal

  46. terima kasih atas undangannya… pak,,,

    nice info…

  47. Hebat,..

    coba sumbangkan untuk masjid masjid, insyaallah, Allah memberikan keberkahan buat anda..

    niatnya minta ridho Allah bukan untuk yang lain…

    jazakamullah khairon katsiron..

  48. wah saya baru tahu pak … makasih infonya

  49. Nice post….
    inovatif…

  50. waah…menarik banget Mas, semoga inovasi2 terus berjln yaaa…

  51. penerapan teknologi yang memikat, bapak. saya belum berkesempatan ke maumere. sekalian mampir ke ledalero

  52. subhanallah sekali

  53. keren bos semoga berguna bagi nusa dan bangsa

  54. Nice info sobat, mantap informasinya.. bisa membangun negeri ini..

    Salam Kenal

  55. kreatif dan inovatif!

  56. bagus pak. terima kasih atensinya

  57. Waduh, sangat rumit dan teknis sekali Pak Haris, mudah-mudahan bisa jadi referensi bagi para teknisi di bidang POMPA TURBIN.

    Salam….

  58. Wah. Postingan yang sangat bagus sekali. Semoga sukses dan dapat dikembangkan lagi.

  59. hebat gan , salut ana sama situ…

  60. asyik baca2 di blogmu..banyak ilmu nya…
    aku suka.
    makasih atas kunjungan ke blog ku yang masih sederhana..
    salam kenal

  61. sukses selalu buat bang haris,,, semoga kedepannya tetap berkarya…. yang lebih baik lagi.

  62. nice posting gan

  63. wah postingan yang menarik dan bermanfaat
    saya senang banyak putra2 bangsa yang kreatif dan peduli

    NB: makasih undanganya, saya berpkikir saya akan menadi komentator pertama, tapi..ternyata saya harus men-drag ke bawah begitu jauh..:D:D

    kunjungi blog saya yang lain ttg iLMU STATISTIKA:
    http://exponensial.wordpress.com
    semoga bermanfaat dan bisa membantu

  64. Ada ceritanya tidak pak,setelah sekian lama proyek ditinggalkan,apakah masih terawat dan masih dapat dimanfaatkan sampai sekarang?

  65. Kita memang terus dituntut untuk membantu mereka yang kurang beruntung.

    Kami di daerah kering Lombok, dengan tingginya degradasi tanah mencoba menggunakan POMPA HIDRAM yang tenaganya dari gravitasi. Nol listrik, cuma design yang ada sekarang perlu disempurnakan agar tidak terlalu banyak tenaga terbuang.

    Selamat Bung Hari, terus berkarya untuk ummat

  66. Wah artikelnya menarik sekali mas, apalagi tulisan tentang pengalaman pribadi… sangat2 berkesan…

    salam kenal Mas…

    dioprasetyo25.wordpress.com

  67. wah inovatif dan kreatif..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: