Oleh: Haris Istanto | 21 Maret 2010

BAGAIMANA SEPEDA MOTOR BISA MEMBERI PELUANG-USAHA KEPADA KITA?

Produksi dan penjualan sepeda motor ditanah air  kita terus meningkat setiap tahunnya. Sesuai dengan data yang terdapat pada www.datacon.co.id maka produksi sepeda motor dari tahun 2004 adalah sebagai berikut :

  • Tahun 2004    3.897.000 unit
  • Tahun 2005    5.113.000 unit
  • Tahun 2006    4.458.000 unit
  • Tahun 2007    4.706.000 unit
  • Tahun 2008    6.280.000 unit
  • Tahun 2009    5.881.000 unit

Para Pabrikan, Dealer, Distributor dan para karyawannya jelas merekalah yang pertama kali merasakan dampak langsung peningkatan produksi/ penjualan sepeda motor yang selalu meningkat jutaan unit setiap tahunnya berupa peningkatan omzet dan profit yang mereka dapatkan. Namun demikian tentunya tidak hanya mereka saja yang bisa memetik keuntungan dari fenomena itu, orang-orang yang jeli dalam melihat dan menyikapi fenomena inipun akan sadar bahwa ada banyak peluang-usaha yang cukup menjanjikan dari peningkatan produksi dan penjualan sepeda motor itu, dan saya kira hal itu adalah salah satu pertimbangan dan harapan pemerintah dari sektor ini, yaitu memciptakan/membuka peluang-usaha bagi masyarakat luas.
Berikut ini adalah pendapat saya tentang peluang-usaha apa saja  yang bisa didapat dari meningkatnya produksi dan penjualan sepeda motor ditanah air kita ini.

  1. Para pembeli sepeda motor pada umumnya menggunakan sepeda motornya sebagai sarana tranportasi pribadi, karena praktis, ekonomis dan bebas macet, khususnya dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan kota-kota lain yang sudah sangat padat lalu-lintasnya. Namun demikian pada saat ini sepeda motorpun bisa digunakan untuk memperoleh peluang-usaha sebagai jasa angkutan penumpang seperti yang kita kenal dengan sebutan “ojek”, apalagi saat ini banyak daerah yang bebas becak, sehingga menciptakan daerah operasi bagi para abang ojek. Bahkan saat ini malah sudah banyak dijumpai usaha antar jemput anak sekolah dengan memakai ojek, umumnya untuk anak-anak TK dan SD dalam suatu komplek perumakan yang paling jauh dengan radius jangkauan satu kilometer saja.

  2. Disektor perdagangan sepeda motorpun mempunyai peran yang sangat strategis. Awalnya kita kenal armada sepeda motor dari PT Pos, kemudian abang bakso dan roti keliling menggunakan sepeda motor untuk menjalankan usaha mereka, dan kini kita banyak melihat pengusaha jasa boga/restoran dan pengusaha bisnis paket antaran yang mempunyai armada sepeda motor untuk delivery servis door to door, pengusaha toko-toko untuk mengantarkan barang belanjaan seperti tabung gas, air mineral dll, dan bahkan saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang membentuk armada sales dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan “rombong/roncek” yang dipasang disadel, untuk menyebarkan produknya langsung kepara pengecer.

  3. Pada waktu sepeda motor mulai digunakan maka pertama-tama jelas membutuhkan bahan bakar. Hal ini berarti bahwa bahwa peluang-usaha penjualan bahan bakar mempunyai prospek yang baik, namun hal ini jangan diartikan hanya Pertamina dan Pengusaha Pompa Bensin saja yang ketiban rejeki, akan tetapi para pemilik usaha kios bensin eceranpun ikut pula menikmati hal ini. Peluang-usaha ini bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar dan usaha ini bisa digabungkan misalnya usaha jual/ganti oli, usaha bengkel tambal ban dsb.

  4. Selain bahan bakar, sepeda motor memerlukan penggantian minyak pelumas/oli secara teratur untuk perawatannya. Hal ini berarti juga membuka peluang-usaha jual/ganti oli sepeda motor yang biasa kita kenal dengan servis sepeda motor. Teknologi, tingkat kesulitan dan resiko melaksanakan usaha ini relatif kecil bahkan investasi usaha inipun bisa dimulai dengan nilai yang terjangkau sehingga peluang-usaha ini tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan. Peluang-usaha ini bisa juga bisa digabungkan dengan usaha toko spare part/onderdil yang sering diperlukan (fast moving part) seperti busi, aki, kampas rem, ban, lampu dan sebagainya.

  5. Apabila sepeda motor dipakai suatu saat nanti pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi itu bisa merupakan kerusakan ringan seperti busi yang mati, lampu yang mati, aki yang habis stromnya, ban yang bocor dan sebagainya.  Disini memunculkan beberapa peluang-usaha seperti usaha toko spare part/onderdil, usaha strom aki/toko aki dan usaha bengkel tambal ban. Investasi untuk usaha-usaha ini relatif kecil dengan resiko dan tingkat teknologi yang tidak terlalu berat, dan peluang-usaha tersebut juga bisa saling digabungkan satu dengan lainnya misalnya usaha strom aki dengan usaha bengkel tambal ban dsb.

  6. Kerusakan sedang seperti mengganti kampas rem, mengganti kampas kopling, mengganti rantai, perbaikan shock breaker depan dan perbaikan kelistrikan.  Disini memunculkan peluang-usaha seperti usaha bengkel sepeda motor dan usaha toko spare part/onderdil, yang bisa digabungkan.  Investasi untuk usaha bengkel sepeda motor pada umumnya tidak terlalu besar namun tingkat kesulitan yang dihadapi pada sektor ini mulai meningkat ditambah tuntutan kepuasan dari pelanggan yang makin kritis, sehingga kuncinya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan mekanik yang qualified.  Investasi yang dibutuhkan untuk usaha toko spare part/onderdil pada umumnya mulai besar, apalagi apabila perencanaan jenis dan jumlah spare part yang harus disediakan tidak diperhitungkan secara cermat, bisa-bisa banyak spare part yang menjadi dead stok alias tidak laku sedangkan dilain pihak banyak spare part yang harusnya disediakan malah tidak ada stoknya atau hanya sedikit, sehingga sirkulasi invertasi jadi terganggu.

  7. Perbaikan berat seperti turun mesin.  Disini memunculkan peluang-usaha seperti usaha bengkel sepeda motor dan usaha toko spare part/onderdil, yang bisa digabungkan.  Tingkat kesulitan yang dihadapi untuk usaha ini jelas tinggi dan dan pelanggan juga makin kritis karena mereka sadar bahwa biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan berat mahal sehingga tingkat kepuasan yang dituntutpun semakin tinggi. Kunci sukses untuk usaha bengkel perbaikan berat adalah bagaimana kita mendapatkan mekanik yang betul-betul bisa diandalkan.

  8. Selain perbaikan mesin, maka kendaraan memerlukan pula pemeliharaan body seperti pengecatan, sehingga memunculkan peluang-usaha seperti usaha bengkel pengecatan untuk sepeda motor dan sekarang banyak muncul usaha bengkel modifikasi.  Tingkat kesulitan pada usaha sektor ini tinggi dan pelanggan juga kritis karena biaya yang dikeluarkan cukup besar, apalagi untuk usaha modifikasi karena pada umumnya pelanggan sektor ini adalah orang yang secara finalsial cukup sehingga yang mereka cari adalah kepuasan, sehingga berapapun  biaya yang diperlukan akan dibayar asalkan mereka puas.

  9. Tidak semua orang mempunyai waktu luang untuk membersihkan sendiri sepeda motornya, tapi pada umumnya orang selalu menginginkan sepeda motornya selalu terawat dan berpenampilan bersih. Nah inilah peluang-usaha yang saat ini sedang menjamur dimana-mana yaitu usaha cuci sepeda motor, bahkan usaha salon sepeda motor.  Modal usaha cuci sepeda motor tidak terlalu besar, tergantung peralatan yang kita gunakan. Peluang-usaha ini dapat kita mulai dengan hanya dengan menggunakan satu macam peralatan saja yaitu hight pressure pump (pompa tekanan tinggi) atau yang umum disebut “pompa Sancin”. Namun saat ini banyak usaha cuci sepeda motor yang dilengkapi dengan beberapa peralatan kompressor, tabung salju dan bahkan hidrolik motor lift. Tentunya semakin banyak peralatan yang kita pakai, semakin besar pula investasi yang diperlukan.  Insya Allah diposting yang akan datang saya akan membahas lebih rinci lagi masalah peluang  usaha cuci sepeda motor ini.

  10. Pada waktu memakai sepeda motor kita harus memakai helm, kalau kita memakai sepeda motor yang bersih dengan memakai pakaian/jaket yang rapi, namun helm yang kita pakai sudah bulukan, tentunya hal ini dapat menurunkan prestise dan kredibilitas kita. Nah hal ini juga membuka peluang-usaha baru yaitu usaha jual, servis dan laundry helm, apalagi jumlah helm tentu lebih banyak dari jumlah sepeda motor itu sendiri, dan peluang-usaha inipun tidak memerlukan investasi dan ketrampilan yang terlalu tinggi.

  11. Usaha parkir sepeda motor ditempat-tempat yang strategis.

Itulah beberapa peluang-usaha yang bisa didapat dari meningkatnya produksi dan penjualan sepeda motor ditanah air, sekarang tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan macam-macam peluang usaha tersebut untuk menambah penghasilan semoga ada manfaatnya dan dengan senang hati kami menunggu komentar dan pendapat Anda.


Responses

  1. oke juga , mumpung masih ada waktu mumpung belum terpublikasikan, naskah ini bisa dikirim ke media, misalnya harian surya (buka surya.co.id)

  2. Termasuk usaha besi tua yo pak Haris, hehe . Salam

  3. Yaaah itu adalah peluang terakhir dari sepeda motor yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi namun masih memberi manfaat sesudah didaur ulang.
    Waduuuuuh sangat teliti sekali pak Purwoko ini padahal domisili saya ini dekat dengan dengan komunitas pengusaha besi tua tapiiiii eeeee kok ngak mikir kesitu yaaa, oke Trims.

  4. wuih… pembahasannya mantaf mas. artikel yang sangat berguna nih…

    • Terimakasih, nanti kalau ada posting baru mohon berkenan singgah lagi di blog kami dan mohon komentarnya juga.

  5. Assalamu ‘alaikum wr wb, Bang Haji.

    Selain apa yang telah diuraikan tersebut diatas, kayaknya masih ada peluang lain kok yang bisa menyerap tenaga kerja misalnya Jasa Asuransi, Debt Collector dan Jual beli motor bekas berikut Jasa Makelarnya.
    Sebagai catatan, bukankah selama ini kemudahan untuk memiliki motor itu banyak ditempuh melalui jalur kredit ?

    Naaah……… ironisnya kondisi ini justru akan berbanding terbalik jika saja trend jual-beli motor bekas dan Jasa Debt Collector semakin meningkat sebab hal itu merupakan suatu indikasi bahwa peluang usaha dengan sarana per-motor-an yang dianggap menjanjikan tersebut ternyata mengalami kegagalan yang berujung pada kredit macet.

    Ibarat sedia payung sebelum hujan, ternyata jual-beli motor bekas termasuk peluang usaha yang masih sangat menjanjikan dibalik kegagalan sebuah usaha.
    He… he… he… kalau ternyata jual beli motor bekas terus tumbuh dan berkembang, Apa Kata Dunia ?

    • Masukan yang sangat bagus, dan saya juga sependapat. Jadi memang industri sepeda motor atau bahkan otomotif pada umumnya, sangat strategis sekali karena multiplyer efect-nya yang sangat besar sehingga pemerintah harus memfasilitasi agar kondisi ini dapat tetap terjaga.

  6. artikel bagus pak Haris..lanjutkan..

  7. mhm…
    yang paling menguntungkan ya maling motor gan..lebih banyak varisasi n pilihan ..
    hahhaa

    • Mohon ini diartikan bahwa kita harus lebih hati-hati dalam memakai, menyimpan dan menjaga sepeda motor kita, karena dengan populasi sepeda motor yang sedemikian banyaknya, maka probalitas untuk mengalami hal-hal yang diluar kehendak kitapun makin meningkat.

  8. yang dimaksud bukan sejenis harley davidson yang harganya 400 jt kan ? dlm teori manajemen perusahaan/ operasioanl ada usaha ikutan dari usaha yg utama (spd motor). ikutannya ya semua yg disebutkan itu, kaya misalnya ada sekolah (PT) usaha ikutannya ada kos2an, warung, fotocopy, toko alat tulis, parkir dll. Tinggal kita kalo mau ikut terjun pilih yg mana yg kita mampu dan punya sumberdaya, mau buka pom bensin, toko onderdil, cuci motor, curi motor (jangan yg ini haram) atau besi tua?

  9. aduh…kayaknya aku sendiri deh yg ga bisa naik spd motor ??

  10. artikel yang menarik . . .
    keep writing pak

  11. Bengkel memang menjanjikan….

  12. Ass.wr.wb. Dizaman modern sekarang ini sepeda motor menjamur diseluruh Indonesia baik dikota maupun dipelosok pedesaan dan sepeda motor sangat beragam jenis dan modelnya dan mudah digunakan untuk berbagai bidang usaha selain yang Pak Haji kemukakan seperti di Kota Makassar yang lagi trend sekarang ini sepeda motor dirubah menjadi Bentor alias Becak Motor

  13. keren nih informasinya.

  14. Bagus sekali artikelnya pak…! informatip and prosfektip, saya berencana mo buka Showroom motor & sparepart , mohon tips & triknya…???

  15. seharusnya orang indonesia lebih banyak yang berpola fikir seperti itu, kreatif untukmenciptakan lapangan kerja
    dari pola didik di indonesia harus dirubah….
    bukan dididik untuk cari kerja tetapi dididik untuk ciptakan kerja

    inspiratif n salut kepada saudaraku……………………..

  16. Wah, bapak ini sangat memotivasi…. saya permisi telah memasang link blog Anda pada blog saya… saya harap juga sebaliknya… Sukses buat kita semua.. Amin

  17. Artikelnya keren, Pak…
    Informatif sekali untuk moto mania..🙂

  18. Waduh…
    Kepenginnya malah dikurangi aja itu alat2 bermotor.

    Makin tambah polusi.
    Gimana ya caranya biar sepeda bisa jauh lebih booming peluang bisnis dan peluang pemakaiannya pada kegiatan sehari2.

  19. Knpya di Indonesia harga Moge Sport seperti GSX R 1000, R1, CBR 1000 RR, ZXR 10 MAHAL-MAHAL, padahal harga dari sononya murah!!!

  20. bagus postingnya,tp kalo bensin sepeda motor tdk bersubsidi apa makudnya?

  21. Trims informasinya….bisnis sampingan dari motor…cuci helm

  22. Trims infonya…
    Kebetulan saya baru mau mulai usaha cuci motor..

  23. bagus artikel ini sifatnya sangat mendidik bg para usahawan pemula, tolong
    artikel yg lain. yg dap mendidk usahawan muda kita. semoga bermanfaat….

  24. Outstanding post, I conceive people need to larn a good deal from this web site its really user genial .

    deratizare si dezinsectie
    deratizare bucuresti

  25. Hey there just wanted to give you a quick heads up. The text in your article
    seem to be running off the screen in Chrome. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility but I figured I’d post to let you know.
    The style and design look great though! Hope you get the issue solved soon.

    Kudos

  26. […] File Name : Bagaimana sepeda motor bisa memberi peluang-usaha kepada Source : harisistanto.wordpress.com Download : Bagaimana sepeda motor bisa memberi peluang-usaha kepada […]

  27. […] Post Title : Bagaimana sepeda motor bisa memberi peluang-usaha kepada Source : harisistanto.wordpress.com Read More : Bagaimana sepeda motor bisa memberi peluang-usaha kepada […]

  28. Usaha pakai sepeda motor peluangnya bagus

  29. […] https://harisistanto.wordpress.com/2010/03/21/bagaimana-sepeda-motor-bisa-memberi-peluang-usaha-untu… […]

  30. […] https://harisistanto.wordpress.com/2010/03/21/bagaimana-sepeda-motor-bisa-memberi-peluang-usaha-untu… […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: