Oleh: Haris Istanto | 5 Desember 2011

BANDARA DI PROPINSI NUSATENGGARA TIMUR

Propinsi Nusatenggara Timur adalah salah satu propinsi yang mempunyai banyak bandara diwilayahnya, saat ini diseluruh propinsi tedapat 14 bandara yang kesemuanya beroperasi. Dari 14 bandara tersebut, satu bandara berstatus bandara internasional yaitu Bandara El Tari yang terletak di kota Kupang ibukota propinsi Nusatenggara Timur, dan 13 bandara lainnya adalah bandara domestik. Selain itu pada saat ini dikabupaten Nagekeo yang terletak di Flores juga sedang dibangun bandara yang direncanakan akan diselesaikan pada tahun 2012.

Propinsi Nusatenggara Timur juga dikenal dengan sebutan bumi Flobamora kependekan nama pulau-pulau yang ada dipropinsi ini yaitu Flores, Sumba, Timor dan Alor. Dahulu kabupaten Kupang juga dikenal dengan sebutan bumi Tirosa, yang merupakan kependekan dari Timor, pulau Rote dan pulau Sabu, akan tetapi sebutan itu sekarang tidak berlaku lagi karena pulau Rote dan Sabu telah dimekarkan sehingga Rote menjadi kabupaten Rote Ndao dan Sabu menjadi kabupaten Sarai kependekan dari pulau Sabu dan pulau Raijua.

Pulau Flores mempunyai enam bandara yaitu bandara Komodo di Labuan Bajo, Frans Sales Lega di Ruteng, Soa di Bajawa, H. Hasan Aroeboesman di Ende, Frans Seda di Maumere dan Gewayantana di Larantuka. Pulau Sumba mempunyai dua bandara yaitu bandara Tambolaka di Waikabubak dan Umbu Mehang Kunda di Waingapu. Pulau Timor juga mempunyai dua bandara yaitu bandara El Tari di Kupang dan bandara Haliwen di Atambua. Sedangkan pulau-pulau Alor, Lembata, Rote dan Sabu masing-masing mempunyai satu bandara yaitu bandara Mali di Kalabahi, Wunopito di Lewoleba, Lekunik di Rote dan Tardamu di Sabu.

  1. Bandara El Tari di Kupang, ibukota propinsi Nusa tenggara Timur.
    Adalah Bandara Internasional dengan panjang landasan pacu 2.500 m lebar 45 m, yang berada pada elevasi 102 m.
  2. Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.
    Bandara Domestik dengan panjang landasan pacu 1.400 m lebar 30 m, yang berada  pada elevasi 20 m.
  3. Bandar Udara Frans Sales Lega di Ruteng, Kabupaten Manggarai.
    Bandara ini adalah Bandara Domestik dengan panjang landasan pacu 1.300 m lebar 30 meter, yang berada pada ketinggian 1.070 m; dahulu bandara ini bernama Satar Tacik.
  4. Bandar Udara Soa di Bajawa, Kabupaten Ngada.Bandara Domestik ini mempunyai panjang landasan pacu 1.400 m lebar 23 meter, yang berada pada ketinggian 400 m.
  5. Bandar Udara H Hasan Aroeboesman Kabupaten Ende.Bandara Domestik ini mempunyai panjang landasan pacu 1.650 m lebar 30 meter, yang berada pada ketinggian 15 m.
  6. Bandar Udara Frans Seda di Maumere, Kabupaten Sikka.Bandara ini adalah Bandara Domestik dengan panjang landasan pacu 1.850 m lebar 30 meter, yang berada pada ketinggian 35 m; sebelumnya bandara ini bernama Wai Oti.
  7. Bandar Udara Gewayantana di Larantuka, Kabupaten Flores Timur.Bandara Domestik ini mempunyai panjang landasan pacu 900 m lebar 30 meter, yang berada pada ketinggian 9 m.
  8. Bandar Udara Tambolaka di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.Adalah Bandara Domestik dengan panjang landasan pacu 1.800 m lebar 30 meter, yang berada pada ketinggian 49 m.
  9. Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.Bandara Domestik yang dulu bernama Mau Hau ini mempunyai landasan pacu panjang 1.710 m lebar 30 meter, berada pada ketinggian 10 m.
  10. Bandar Udara Haliwen di Atambua, Kabupaten Belu.Bandara Domestik di Belu kabupaten tertimur propinsi Nusatenggara Timur yang berbatasan dengan negara Timor Leste ini mempunyai panjang landasan pacu 1.200 m lebar 30 meter, berada pada ketinggian 375 m.
  11. Bandar Udara Mali di Kalabahi, Kabupaten Alor.Mali adalah Bandara Domestik yang mempunyai panjang landasan pacu 1.435 m lebar 23 meter, berada pada ketinggian 3 m.
  12. Bandar Udara Wunopito di Lewoleba, Kabupaten Lembata.Bandara Domestik ini mempunyai panjang landasan pacu 900 m lebar 23 meter, berada pada ketinggian 5 m.
  13. Bandar Udara Lekunik, Kabupaten Rote Ndao.Bandara Domestik dikabupaten Rote Ndao ini mempunyai panjang landasan pacu 900 m lebar 23 meter, berada pada ketinggian 176 m.
  14. Bandar Udara Tardamu, Kabupaten Sabu Raijua.Bandara Domestik ini mempunyai panjang landasan pacu 900 m lebar 23 m, berada pada ketinggian 14 m.

Responses

  1. harus di jaga keberadaannya nih, jangan sampe rusak karna tangan2 jahil…

    salam kenal…

  2. terimakasih infonya tentang bandara2 di ntt,salam dari jember jatim yg juga lagi mbangun bandara NOTOHADI NEGORO.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: