Oleh: Haris Istanto | 20 April 2010

ANALISA USAHA CUCI SEPEDA MOTOR

Sebelum melakukan usaha cuci sepeda motor ini, maka perlu dilakukan analisa keekonomian dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Usaha cuci sepeda motor yang dilakukan dengan memakai tempat usaha dirumah sendiri dengan proses kerja menggunakan peralatan minimal, standar maupun lengkap dengan tenaga kerja satu dan dua orang.

  2. Usaha cuci sepeda motor yang dilakukan dengan memakai tempat usaha yang disewa atau kontrak dengan proses kerja menggunakan peralatan minimal, standar maupun lengkap dengan tenaga kerja satu dan dua orang.

Kriteria 1.

Dari uraian tersebut diatas, maka investasi yang diperlukan untuk ketiga proses kerja tersebut dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

INVESTASI YANG DIPERLUKAN

URAIAN BIAYA

Proses kerja dengan peralatan

Minimal

Standar

Lengkap

Renovasi tempat & meja kursi

Pompa sancin & perlengkapan

Snow wash tank

Air compressor

Hydraulic motor lift

1.250.000.

2.250.000.

-

-

-

1.250.000.

2.250.000.

1.000.000.

3.500.000.

-

1.500.000.

2.250.000.

1.000.000.

3.500.000.

7.500.000.

J U M L A H

3.500.000.

8.000.000.

15.750.000.

Apabila hari kerja adalah 6 hari/minggu, 1 tahun adalah 52 minggu, maka jumlah hari kerja per tahun = 6 x 52 = 312 hari, dibulatkan 300 hari kerja per tahun karena adanya hari libur.
Apabila usia pakai semua peralatan adalah 5 tahun dan nilai sisa peralatan sesudah usia pakai adalah 10 %, maka biaya penyusutan peralatan adalah :

BIAYA PENYUSUTAN PERALATAN

URAIAN BIAYA

Proses kerja dengan peralatan

Minimal

Standar

Lengkap

Biaya penyusutan alat/hari

Biaya penyusutan alat/bulan

2.333.

58.333.

5.333.

133.333.

10.500.

262.500.

Apabila kecepatan mencuci sepeda motor diasumsikan 30 menit, jam kerja adalah dari jam 08.00 s/d 17.00 dengan istirahat 1 jam dan efisiensi waktu dimisalkan 90%, maka maksimum jumlah sepeda motor yang dapat dilayani satu tenaga kerja dalam satu hari adalah 0,9 x 8 x 60 : 30= 14,4 dibulatkan 15 sepeda motor.
Penggunaan bahan untuk satu kali cuci sepeda motor adalah :

Snow wash samphoo              =  15 cc           =  Rp   120./sepeda motor.

Pompa sancin dan kompresor masing-masing digerakkan oleh motor bensin 3,5 PK. Diperkirakan setiap mencuci satu unit sepeda motor, pompa dioperasikan selama 12 menit dan kompresor dioperasikan selama 6 menit.

Pemakaian BBM perjam adalah = 0,75 x 0,18 x 3,5 x 5.000.  = Rp 2.363./jam.

Biaya operasi pompa                = 12/60 x Rp 2.363. = Rp    480./sepeda motor.

Biaya operasi kompresor adalah = 6/60 x Rp 2.363.  = Rp    240./sepeda motor.

Dengan demikian potensi keuntungan perbulan dari usaha ini dengan satu tenaga kerja dapat dihitung seperti pada tabel dibawah ini.

POTENSI KEUNTUNGAN DENGAN SATU TENAGA KERJA

URAIAN BIAYA

Proses kerja dengan peralatan

Minimal

Standar

Lengkap

Potensi penerimaan 2.250.000. 2.250.000. 2.250.000
Biaya operasi :

Biaya tenaga kerja

Biaya listrik dan air

Biaya penyusutan peralatan

Snow wash samphoo

BBM pompa sancin

BBM kompressor

-

600.000.

120.000.

58.333.

45.000.

180.000.

0.

-

600.000.

120.000.

133.333.

45.000.

180.000.

90.000.

-

600.000.

120.000.

262.500.

45.000.

180.000.

90.000.

Jumlah biaya operasi

1.003.333.

1.168.333.

1.297.500.

Potensi keuntungan 1.246.667. 1.081.667. 952.500.
Break Even Point (bulan) 2,8 7,4 16,5

Analisa sensitivitas usaha ini dapat dilihat dari tabel dibawah ini. Analisa ini memberikan pengertian bahwa dengan investasi yang telah dinanamkan sesuai dengan proses kerja yang akan dipakai, dan dengan asumsi-asumsi yang kita tetapkan, dapat diperhitungkan nilai biaya yang dikeluarkan setiap hari. Selanjutnya dengan nilai tersebut apabila harga jasa usaha cuci sepeda motor ini ditetapkan maka akan dapat dihitung berapa sepeda motor minimum dalam satuan waktu (bisa harian, mingguan atau bulanan) yang harus masuk agar usaha ini tidak merugi. Dengan demikian apabila nilai tersebut tidak terpenuhi dapat dilakukan evaluasi apakah harga yang ditetapkan terlalu rendah atau jumlah pelanggan yang datang jauh dibawah asumsi yang telah ditetapkan sehingga perlu dilakukan promosi dsb.

ANALISA SENSITIVITAS DENGAN SATU TENAGA KERJA

URAIAN BIAYA

Proses kerja dengan peralatan

Minimal

Standar

Lengkap

Biaya operasional/bulan

Biaya operasional/hari

1.003.333.

40.133.

1.168.333.

46.733.

1.297.500.

51.900.

Biaya cuci sepeda motor 6.000. 6.000. 6.000.
Minimum sepeda motor yang dicuci/hari agar tidak merugi 6,7 7,8 8,7
Dibulatkan 7 8 9

Satu unit pompa sancin bisa diatur untuk melayani dua pekerja, sehingga apabila dipakai dua orang tenaga kerja, maka maksimum jumlah sepeda motor yang dapat dilayani menjadi 30 buah sepeda motor/hari, sehingga potensi keuntungan dari usaha ini adalah sebagai berikut :

POTENSI KEUNTUNGAN DENGAN DUA TENAGA KERJA

URAIAN BIAYA

Proses kerja dengan peralatan

Minimal

Standar

Lengkap

Potensi penerimaan

4.500.000.

4.500.000.

4.500.000.

Biaya operasi :

Biaya tenaga kerja

Biaya listrik dan air

Biaya penyusutan peralatan

Snow wash samphoo

BBM pompa sancin

BBM kompressor

-

1.200.000.

150.000.

58.333.

90.000.

360.000.

0.

-

1.200.000.

150.000.

133.333.

90.000.

360.000.

180.000.

-

1.200.000.

150.000.

262.500.

90.000.

360.000.

180.000.

Jumlah biaya operasi

1.858.333.

2.113.333.

2.242.500.

Potensi keuntungan 2.641.667. 2.386.667. 2.257.500.
Break Even Point (bulan) 1,3 3,4 6,9

ANALISA SENSITIVITAS DENGAN DUA TENAGA KERJA

URAIAN BIAYA

Proses kerja dengan peralatan

Minimal

Standar

Lengkap

Biaya operasional/bulan

Biaya operasional/hari

1.858.333.

74.333.

2.113.333.

84.533.

2.242.500.

89.700.

Biaya cuci sepeda motor 6.000. 6.000. 6.000.
Minimum sepeda motor yang dicuci/hari agar tidak merugi 12,4 14 14,9
Dibulatkan 13 14

15

Demikian analisa usaha cuci sepeda motor untuk Kriteria pertama, sedangkan analsa untuk Kriteria kedua akan kami uraikan pada posting yang akan datang insya Allah pertengahan minggu ini.

About these ads

Responses

  1. Waduh bos,anda memang otak pengusaha.Bagus bos,informasi berharga sekali.
    Mdah2an saya punya modal,bisa di jadikan investasi lumayan tuh.
    Salam sukses bos!

  2. bagus artikelnya sampai ada perkiraan detail seperti itu, btw biasanya kalo awal2 usaha, usaha kita biasanya kurang laku. bagaimana cara menyiasatinya??

  3. MANTAB BANGET INFO BISNIS CUCI MOTOR..DULU Saya berminat bisnis cuci motor tp gak jadi karena keuntungan per motor cuma Rp.2000-4000. Tapi saat membaca blog bapak jadi timbul lagi deh buat review bagus banget buat saya.

    http://www.downloadsoftwaretv.com

  4. Hebat, sangat detail dan aplikatif. Bermanfaat buat siapa saja. Klo pake jasa konsultan bisnis biayanya mahal tp yg ini gratis. Subhanallah. Bisa jadi inspirasi bg yg ingin mandiri.

  5. Tulisannya semakin lengkap dan lebih provokatif sehingga orang tergerak untuk melakukan ide idenya, dan suatu saa saya pun mau mencoba usaha pencucian juga nampaknya. salam hangat semoga sukses pak Haris

  6. Wah tulisannya Sangat Memacu Untuk Kita bisa berusaha Membuat Usaha sendiri sehingga kita dapat mandiri dan tidak menggantungkan dengan perusahaan2 untuk memberikan kita kerja. Terima kasih Semoga info yang lengkap ini bisa menjadikan saya berfikir gimana bisa menjadi seorang wirausaha walaupun kecil2lan.

  7. Tulisan sangat kontributif bagi upaya meningkatkan usaha UMKM di negeri kita yang semakin carut marut ini……

  8. Lengkap Perinciannya mas.. Tertarik Juga nich untuk berbisnis…

  9. woooww, pak! lengkap banggets inpormasi-nya. sip..sip! sukses selalu ya…

  10. Informatif sekali tulisannya Mas Haris. Senang berkenalan dengan Mas.

  11. Salam Kenal Pak dan tulisannya cukup baik, semoga dapat menjadi bahan kajian bagi yang ingin memulai usaha ini…

  12. wah sebelumnya maaf baru bisa berkunjung.. oke banget posting di atas, patut untuk di coba.. sering-sering berkunjung buat mempererat tali persaudaraan sesama blogger..

  13. Subhanalllah informasiy lengkap. Bisa memacu untuk mulai buka usaha. Mau jadi konsultannya nggak?

  14. Alternatif kerja bagi yang sudah tidak mau hadi karyawan…. senang berkenalan denagan masnya dapat ulmu baru neh

  15. waaaaaaahhh… analisis yang keren mas Haris, boleh dipelajari nih
    nice info :)

  16. wah. analisa yg matang. siap tuk mencoba. thanks ya…

  17. peluang usaha yang cukup menarik, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak. Terutama di musim hujan, semakin banyak pengendara yang membutuhkan jasa cuci motor.

  18. wahhah lengkap banget penjabarannya..

    izin di save ya filenya.. siapa tau berguna suatu saat nanti..

    salam kenal

  19. wow.. detail bgt..

    nice postingan bro…
    htttp://hilmyinfo.wordpress.com

  20. rumanya bapak seorang pengusaha sukses …selamat

  21. Kunjungan balik nih sob,
    Informasi yang sangat bermanfaat sekali, peluang usaha pencucian motor emang berpotensi tinggi karena praktis gk perlu nyuci sendiri dirumah. Apalagi untuk daerah yang berdebu dan berlumpur sangat prospek tuh…

    Salam Kenal

  22. trims infonya pak..

  23. terima kasih mas….tak save ah…siapa tahbu mau jadi pengusaha cucian…kayaknya sih bisa cepat menghasilkan

  24. Salam salut dari saya
    duhai sahabat :)

  25. Wah kali ini judul lebih menarik dari sebelumnya, selain itu artikel2nya juga makin lengkap, moga2 bisa bermanfaat bagi saya dan semua orang..
    Usulan saya dalam pemilihan judul agar selalu yang menarik, terutama yang masih belum banyak orang tau..thanks

  26. detail sekali .mantap

  27. Artikelnya…mantab….tetap semangat dalam berkreasi. salam.

    http://herryrinaldi.wordpress.com/2010/04/22/info-dari-sahabat-pengen-ga-blog-kamu-kebanjiri-pengunjung.html

  28. analsa usaha yg mantappp.

  29. bang haris posting yg menarik dan perlu ditindak lanjuti …siip

    salam

  30. Bisnis memang memerlukan perencanaan yang matang. Artikel ini sangat bagus…
    thanks ya…

  31. Menarik dan bisa buat acuan usaha yg bagus…tq udah berkunjung ke blogku dan semoga amal baiknya dibalas oleh ALLAH SWT AMIINNN…

  32. wah mas detail bnget tulisannya

    itu mas sendiri ya yang mengadakannya

  33. waahh..mantap atikel e
    tentang usaha.
    analisis ni bagus banget bisa ku jadikan rfrensi heheh maksih ya

    http://putracinde.wordpress.com

    http://masandiko.blogspot.com

  34. Boleh juga usahanya….analisanya….
    Btw, gmn buat tabel di blog kek gini?

  35. Penjelasan cukup bagus dan menarik secara keseluruhan ,Investasi,biaya penyusutan, keuntungan,dan analisanya ,baik sekali apa sudah diperhitungkan tempat lokasi ramai /tidak sehari untuk dpt mencuci 4 motor untuk 1 orang pekerja pada pagi dan siang hari cukup sulit.dan yang ramai hanya pada hari libur dan pakai bonus 7 kali cuci gratis 1x

  36. thx postingannya, manstab

  37. Luar biasa!
    analisis yang mendetail, bahkan hingga analisisa sensitivitas… ^_^
    sangat menginispirasi..
    salam kenal :-)

  38. Sewa tempat .4000.000, rehab tempat.10.000.000, pompa hyd. 7.000.000, compresor. 6.500.000, steam . 3.900.000, bangku+ meja 1.000.000 , listrik 750.000 upah kuli 3.000.000. total 35.000.000 berapa th kah modalnya balik / impas , blm ada kerusakan dari alat-alat pendukungnya selama operasi + kontrak tempat bingung itung-itungan nyaaaaaaa

  39. NICE POST…THANKS

  40. wah ok bngt lengkap..
    mksh pak..

  41. Salam sejahtera selalu…..

    Kami dari JAKARTATEKNIK.COM yang bergerak dalam usaha JASA CUCI MOTOR dan PENJUALAN PERALATAN dan BAHAN BAKU USAHA JASA CUCI MOTOR, ingin mencoba memperkenalkan produk kami kepada anda semua. Antara lain:

    – HIDROLIK MOTOR = Rp. 3.975.000 per unit
    – TABUNG SNOW WASH
    – MESIN STEAM
    – KOMPRESOR ANGIN
    – ICE CREAM SHAMPOO
    – SEMIR BAN
    – Paket Usaha Cuci Motor SEDERHANA = Rp. 4.488.000,-
    – Paket Usaha Cuci MotorSTANDART = Rp. 5.560.000,-
    – Paket Usaha Cuci Motor 2 HIDROLIK MOTOR = Rp. 14.954.000,-
    – Paket Usaha Cuci Motor 3 HIDROLIK MOTOR = Rp. 18.749.000,-
    – Paket Usaha Cuci Motor 4 HIDROLIK MOTOR = Rp. 22.544.000,-

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi http://www.jakartateknik.com

    Terima kasih
    Heru Kriswanto
    http://www.jakartateknik.com
    heru@jakartateknik.com
    0817 88 0815

  42. Salam semuanya….

    Update informasi terbaru.
    Jika ada yang berminat untuk membuka usaha cuci motor, baik sederhana maupun yang profesional, kami dari JAKARTA TEKNIK memberikan beberapa paket pilihan menarik untuk anda. Antara lain:

    1. Paket Sederhana = Rp. 4.630.000,- nett
    2. Paket Standart = Rp. 5.710.000,- nett
    3. Paket 2 Hydraulic = Rp. 15.316.000,- nett
    4. Paket 4 Hydraulic = Rp. 22.046.000,- nett
    5. Paket 5 Hydraulic = Rp. 26.546.000,- nett

    Jika anda berminat untuk melihat isi dari paket tersebut diatas, silahkan klik http://www.jakartateknik.com

    Harga paket diatas belum termasuk biaya kirim dan biaya pemasangan. Khusus bagi anda yang membutuhkan panduan pemasangan hydraulic, langsung saja menghubungi kami. Kami akan senantiasa membantu anda.

    Saat ini, konsumen JAKARTA TEKNIK, telah tersebar ke seluruh kota di Indonesia. Dan mereka semua telah membuktikan bahwa http://WWW.JAKARTATEKNIK.COM bukanlah toko online PENIPU. Kami benar-benar ada, silahkan anda datang dan buktikan sendiri. Dan silahkan anda bandingkan kami dengan yang lainnya.

    Uang tidaklah bohong.
    Dengan harga tinggi maka anda akan mendapatkan kualitas barang dan pelayanan yang terbaik di kelasnya.

    Terima kasih
    Heru Kriswanto

    http://www.jakartateknik.com

    Gerai Cuci Motor Caplin
    Jl. Prof. Dr. Hamka (Ex. Jl. Caplin)
    Kel. Larangan Utara
    Kec. Larangan
    Ciledug – Tangerang 15154
    Telp. 021-927 44611
    Hp. 0813 9889 1955 atau 0817 88 0815

  43. saya punya alat cuci salju sebuah kompresor 3/4hp +tabung staenlis kps 20 liter tak jual 1,9jt

    • masih layak operasi tidak itu?

      berapa nilai penyusutan yang sudah terpakai

    • brapa harga matinya ???
      mesinnya merk appa ??
      udah berapa tahun dipkai ??

      blz gpl

  44. good job

  45. bravo..
    emang usaha satu ini cukup barokah,.disamping memberi lapangan kerja juga mendatangkan rizky yang lumayan..
    sdh 7 tahun saya jalankan usaha cuci motor-mobil (namanya CoolBiz di daerah Bekasi), Alhamdulillah ternyata ini salah satu pintu rizky yg barokah..
    Insya Allah, CoolBiz akan berbagi informasi..bedanya kalau pak haris menggaji pegawai, kalau CoolBiz sistemnya bagi hasil..sekitar 40-60..

    okay salam….hidup sehat,,tetap semangat…

    • Assalmkm,pak bisa di kasih contoh rincian anggaranya gak kalo misal kita pake sistem bagi hasil 40-60 dengan karyawan.,.,
      trims
      Wasslmlkm

  46. Alhamdulillah, terima kasih infonya Pak, referensi ini sangat membantu saya dlm melirik peluang usaha cuci motor salju ini. dengan melihat perkembangan jumlah motor dan mobil yg meningkat tiap tahun. dan artikel ini lengkap dengan analisa usahanya. mantap banget. mohon dibuat juga utk cucian mobil dan karpetnya pak. trim’s.

  47. terima kasih atas info yg diberikan
    GBU ;)

  48. tx bos sangat bermanfaat

  49. Salam,makasih atas informasinya.Ada rencana mau buka nih.Tp msih ragu2 takutnya gak jalan.Rncna pakai 2 tenaga kerja. Sistim upah 70:30 kpda pkerja kira2 cocok gak yah

  50. Salam , matur suwun atas informasinya pak Haris, semoga jadi sedekah panjenengan & bisa menjadi bahan pencerahan bagi saya yang ingin merintis usaha baru. Buat pak Haris…, ORA UMUUUUUUUUUUUUUUM………….LUAR BIASA!!

  51. Maaf Bos…info mmng jls tp alangkah baiknya ditulis bagi hasil antr pekerja/unit mobil ap mtr yg lazim brp? Biar sbg acuan qt2.Klo misal prosentase/unit biasa brp persen pekerja brp persen juragan. Sbb klo dipikir sbg seorg pengusaha ad kalanya qt tdk ingin dirugikan jg merugikan pekerja

  52. kalau di daerah karawang dmn beli peralatan buat cuci motor gan ???..

  53. baguss bgt booss blog nya mantap jadi smangat mau buka usaha ini
    thanks bgt broo??????

  54. kita tunggu artikelnya lagi ya? matur suwun..

  55. kebetulan saya dan istri ingin buka usaha cuci sepeda motor tp tempat saya sempit sekitar 3x3m klo blh mnta pendapat baiknya dimodel bgmn agar kelihatah luas???????

  56. bagus tulisannya, sy ada rencana buka cuci motor, lokasi di cempaka putih pinggir jalan

  57. sukses selalu,,,,

  58. dear all,,,mohon dishare informasi,apakah sama shampoo yang dipakai utuk cuci manual dan sistem salju ?

  59. wow.. lengkap sekali sampai ada biaya penyusutan. salam sukses

  60. sewa tempat blm??

  61. trimakasih mas HARIS ats pelajaran gratisnya, smoga bisnis anda tambah sukses, Aamien

  62. mantap info dan detailnya,, terima kasih banyak ya pak haris.
    semoga dapat bermanfaat buat saya dan menjadi pahala buat mas haris,, amin..

  63. wowo..keren bgt, pak bisa i kirimkan ke email ga contoh proposal usaha cucian motor. kalo bisa tolong kirim ke email sy tahjudin@gmail.com

  64. gan, saya bingung sudah punya usaha cucian mobil dan motor.untuk mobil udah menggunakan hidrolik sedangkan motor belum..dlm 2tahun terakhir ini masih menggunakan mesin diesel untuk menaikkan hidrolis mobil..rencana mau ganti menggunakan listrik krn brisik banget..paling tidak daya listriknya 22000volt..cucok ga sih menggunakan listrik itu ..mungkin agan2 semua punya pengalaman mengenai ini..thanks

  65. Info yang sangat menguntungkan bagi orang yang mau buka usaha cuci mtor..!

  66. alhamduliliah mas saya dah bisa mulai usaha ini,makasih atas semua infonya

  67. awal usaha kurang menggairahkan nih.ada trik kusus gak ?

  68. Infonya sangat bermanfaat bgt bagi saya mas, thks yaa… tapi mas saya mau nanyak, minggu” ini saya berencana mau buka cuci motor, saya selaku pemilik tempat, sedangkan temen saya mau joint buka usaha ini beliau yg menyediakan alat dan pegawainya, kira” sistem pembagian honornya gimana yaa… mohon dibantu yak, maklum mas saya masih awam mengenai ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu yak…

  69. Wah keren banget artikelnya. Sangat membantu saya yang lagi planing buka usaha cuci sepada motor. thanks….

  70. Terima kasih Mas, semoga ilmu ini bagian dari amal sholeh mas Haris
    Tks
    Ali As’adi

  71. Cuman 1 kata. “WOW”.
    Lkp bgt…. InsyaAllah bermanfaat pak.
    Sukses slalu


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: