Oleh: Haris Istanto | 17 April 2010

PERSIAPAN USAHA CUCI SEPEDA MOTOR

Untuk melaksanakan suatu kegiatan usaha, sudah tentu persiapan pertama dan utama adalah modal usaha, dan hal ini akan memunculkan pertanyaan  berapakah modal usaha yang diperlukan? Agar supaya dapat memperkirakan modal usaha yang harus disediakan, maka harus diketahui semua prasarana yang diperlukan untuk melaksanakan usaha cuci sepeda motor sebagai berikut :


1.       Persiapan tempat usaha :

Perlu dilakukan analisa dan pertimbangan secara matang terhadap pemilihan tempat usaha karena sangat menentukan sukses tidak prospek usaha anda.
Sebelum menentukan tempat usaha pilih proses kerja mana yang akan digunakan, lakukan analisa dengan membandingkan keuntungan dan kerugian dari ketiga proses kerja tersebut sesuai dengan kondisi anda.
Tempat usaha yang diperlukan paling tidak mempunyai space 3 x 6 meter yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu ruang tunggu pelanggan serta ruang pencucian dan ruang pengeringan yang diberi pemisah (misalnya dengan korden plastik) dan disesuaikan dengan peralatan yang akan dipergunakan.
Apabila proses kerja pertama yang akan digunakan, maka cukup hanya menyediakan fasilitas pipa air dari tempat penampungan air menuju pompa sancin yang akan dipergunakan.
Apabila proses kerja kedua yang akan digunakan, harus ada dua sistim perpipaan yaitu pipa air untuk memasok pompa sancin dan snow tank dan pipa udara untuk mengalirkan udara dari kompressor ke snow tank.
Untuk proses kerja pertama dan kedua diperlukan servis pit bisa berupa pasangan batu, konstruksi plat besi atau cukup dengan ganjal dari kayu.
Apabila proses kerja ketiga yang akan digunakan, maka harus ada dua sistim perpipaan yaitu pipa air untuk memasok pompa sancin dan snow tank dan pipa udara untuk mengalirkan udara dari kompressor ke snow tank dan ke-hydraulic motor lift.
Perlu dibuat gambar rencana penempatan semua peralatan yang akan digunakan untuk membuat rencana perpipaan serta menggali lubang untuk menempatkan silinder hydraulic motor lift.
Dengan kondisi seperti tersebut diatas untuk dikota-kota besar maka sewa tempat usaha berikut renovasinya sangat variatif dan tergantung lokasi, sehingga bisa mencapai Rp 5.000.000,- sampai Rp 7.500.000,- per tahun, akan lebih baik atau ekonomis kalau bisa menggunakan rumah sendiri sebagai tempat usaha apabila memungkinkan. Selain itu ruang tunggu perlu dilengkapi dengan satu stel meja kursi kerja untuk administrasi dan beberapa buah kusri untuk para pelangan.

2.      Persiapan peralatan kerja :

Persiapan ini meliputi pemilihan dan pengadaan peralatan sesuai dengan proses kerja yang dipilih.
Apabila dipilih proses kerja dengan peralatan minimal, maka hanya diperlukan peralatan pompa sancin, tanki untuk menyimpan air (dapat berupa drum atau gentong plastik) dan sistim perpipaan air yang cukup dengan menggunakan selang plastik atau karet.

Kapasitas pompa cukup sekitar 10-20 l/menit, jangan terlalu besar karena boros air, sedangkan penggeraknya bisa berupa motor listrik atau motor bensin. Apabila digerakkan dengan motor listrik daya yang diperlukan hanya sekitar 750-900 watt tapi yang digerakkan dengan motor bensin motor penggeraknya bisa 3,5 hingga 5 PK, dan makin besar motor penggeraknya makin boros bahan bakarnya.
Dipasaran harga pompa sancin dengan penggerak motor listrik maupun penggerak motor bensin relatif tidak beda terlalu jauh, kalau memilih dengan penggerak motor bensin pilihlah yang buatan Jepang karena ketersediaan suku cadangnya lebih terjamin.
Dipasaran saat ini harga pompa sancin berikut spry gun dan selang sepanjang 6 meter berkisar antara Rp 2.000.000,- sampai Rp 3.000.000,- sedangkan drum atau gentong plastik untuk menampung air harganya relatif tidak terlalu mahal. Kalau mau tahu harga yang lebih up to date bisa browsing di internet, gunakan search engine masukkan “peralatan cuci motor” dan lihat berapa banyak yang muncul sehingga mungkin anda malah jadi bingung, atau masuk saja kesitus http://indonetwork.co.id kemudian klik otomotif, kemudian klik lagi pemeliharaan kendaraan atau salon mobil/cuci mobil dan silahkan cari alat apa yang anda perlukan. Gambar-gambar inipun berasal dari iklan-iklan tersebut.

Apabila yang dipilih adalah proses kerja dengan peralatan standar, maka diperlukan tambahan peralatan berupa snow wash tank dan kompressor.
Harga snow wash tank tergantung dari kapasitas dan bahannya, dimulai dari kapasitas 15 liter sampai 80 liter, dengan bahan plat biasa atau stainless steel. Snow tank kapasitas 15 liter dengan bahan plat biasa harganya tidak sampai Rp 1.000.000,- sedangkan yang kapasitas 80 liter dengan bahan stailess steel bisa mencapai Rp 3.000.000,- sudah termasuk selang sepanjang 6 meter dan satu buah nozzle gun.
Pada proses kerja kedua selain snow tank juga diperlukan kompressor, untuk kompressor sebaiknya pilih kapasitas 1 sampai 2 PK dengan tanki minimum 75 liter, dengan kapasitas tersebut apabila dikemudian hari ada rencana melebarka usaha dengan menggunakan hydraulic motor lift atau kerja sama dengan bengkel tambal ban, kapasitas tersebut sudah memenuhi.
Sama seperti pompa sancin penggerak kompressor bisa motor listrik atau motor bensin, tetapi yang paling umum adalah dengan penggerak motor bensin 3,5 hingga 5 PK. Apabila menggunakan penggerak motor bensin sebaiknya motor penggerak kompressor dan pompa sancin mempunyai merek dan model yang sama untuk memudahkan pemeliharaannya. Harga kompressor kapasitas ini juga berfariasi tergantung mereknya, namun secara umum berkisar antara Rp 3.000.000,- sampai Rp 5.000.000,- belum termasuk selang dan nozzle sprayer.
Pada saat ini dipasaran tersedia pula pompa sancin dan kompressor yang digerakkan oleh satu motor bensin yang diatur secara bergantian.

Apabila proses kerja dengan peralatan lengkap yang dipilih, maka diperlukan tambahan peralatan berupa hydraulic motor lift yang harga per unitnya berkisar antara Rp 5.000.000,- sampai Rp 7.500.000,- buatan lokal sedangkan yang import bisa mencapai Rp 9.000.000,- Dimana harga tersebut belum termasuk transport dan biaya pemasangan.

3.      Pengadaan bahan operasional :

Adapun bahan operasional utama yang perlu disediakan terlebih dahulu untuk melaksanakan usaha cuci sepeda motor ini antara lain :

  • Snow wash samphoo, 25 liter       @ Rp 8.000/liter         Rp    200.000.
  • Lap kanebo, 2 buah                                                     Rp      80.000.
  • Beberapa kuas, sikat, kain lap dsb.                               Rp      70.000.
  • Sepatu karet, 1 stel                                                     Rp      50.000.
  • J u m l a h                                                                     Rp    400.000.

Selain bahan operasional utama tersebut, bisa juga ditambahkan bahan-bahan lain seperti Body wax dan Tyre polish yang sifatnya adalah optional dan tergantung paket jasa apa yang akan anda akan tawarkan kepada konsumen.
Harga peralatan maupun bahan operasional tersebut merupakan estimasi yang kami peroleh dari internet maupun check langsung dilapangan. Meskipun demikian mungkin ada perubahan pada waktu anda belanja nantinya.

4.      Persiapan tenaga kerja :

Tenaga kerja yang diperlukan adalah tenaga untuk melaksanakan pencucian sepeda motor dan tenaga kerja administrasi, tidak perlu mempunyai qualifikasi pendidikan yang tinggi karena ini adalah pekerjaan yang sederhana.
Untuk tenaga kerja pencucian, yang penting adalah rekrut tenaga kerja yang mau dan mampu melaksanakan proses pencucian sepeda motor sesuai dengan proses kerja yang telah ditentukan, mempunyai etos kerja tinggi (cara membersihkan tidak asal-asalan), bersikap konsisten artinya kadang-kadang pekerjaannya bagus tapi kadang-kadang seenaknya sendiri, bersikap sopan baik terhadap pelanggan maupun bosnya dan menurut apabila diberi penjelasan (tidak ngeyelan).
Untuk tenaga kerja administrasi mungkin bisa dilaksanakan sendiri karena tidak memerlukan pembukuan yang rumit, sekedar bisa mendukumentasikan pengeluaran dan pemasukan, khususnya pengeluaran agar tidak menyimpang dari perencanaan yang telah disusun.

5. Persiapan promosi :

Meskipun usaha yang dilaksanakan termasuk kategori kecil, akan tetapi demi suksesnya usaha yang akan dilakukan tetap diperlukan promosi atau pengenalan dilingkungan tempat usaha sebelum dilaunching. Kegiatan promosi ini bisa dilakukan dengan pengedaran slebaran, cukup didesain dengan computer sendiri ukuran ½ A4 kemudian difotocopy, memasang banner ditempat usaha, bahkan kalau perlu mengadakan prelaunching dengan harga khusus atau memberikan souvenir untuk 100 pelanggan pertama, bisa berupa gantungan kunci atau yang lain-lainnya.

About these ads

Responses

  1. Wah boleh juga tuh. Ini bisa jadi bahan rancangan bisnis saya. Karena saya pikir jika selama ini kendaraan motor dan berseliweran di jalan-jalan, usaha cuci motor tidak akan kehabisan peluang. Mungkin begitu.

  2. subhanallah…blognya keren, bermanfaat buat orang lain, tetaplah menjadi khairun nas (sebaik-baik manusia)
    khairunnas anfa’uhim lin nas

  3. sudah lengkap cara kerjanya mas… tinggal action! ayo siapa saja boleh mempraktekkan, kalau BERHASIL bagi-bagi dengan mas HARIS…he..he..he.. sukses selalu blognya bagus

  4. Siap dilaksanakan, tp nunggu duit ngumpul. Hehehe..salam kenal pak.

  5. Salam kenal dari Kampus Maya.

  6. Wah lengkap sekali mas penjelasannya…..udah sampai harga alat-alatnya lagi……

    boleh jadi bahan pemikiran nih ide bisnis seperti ini, modalnya juga tidak terlalu banyak….

    sukses selalu mas……

  7. Sebuah uraian yang cukup komprehensif,mengenai peluang dunia Usaha . . . keep blogging bro :)

  8. bagus juga ne artikel…

  9. artikelnya sangat menarik pak… jadi ingin nambah bisnis cuci motor juga hehehe… ditambah lagi pak infonya… semoga semakin diberkati usahanya.. :)

  10. memang hebat prof… saya setuju dengan anda postingnya menggugah minat saya.. trimakasih juga udah liat blog saya..

  11. Ide bagus & bermanfaat

  12. yuip….bagus banget pak, tp nunggu modal dulu
    t u dah mampir di blog saya…

  13. nice posting mas. Dan terbukti di kampungku, karena dekat jalan raya, berjejer usaha cuci sepeda motor, pada laris semua. Nah usul ni, lain kali ulas dong usaha cuci mobil misalnya. Atau juga usaha-usaha yang lain. Trims

    Salam

  14. artikel anda jg bagus.nice good

  15. bagus buat cari pandangan dan prospek kerja yg lain…lanjutkan…hehehehe.

    salam.

  16. good artikel,

    http://isranpanjaitan.wordpress.com/2010/04/17/antara-xg-gs-yamaha-roland/#comments

  17. Sangat disadari bahwa berbagai informasi yang Bapak suguhkan di situs ini benar-benar amat bermanfa’at bagi kita-kita ini. Semoga semuanya ini menjadi amal shaleh bagi Bapak di sisiNya. Thanks.

  18. wah iya penting. tapi terus terang in gak ngerti2 amat, nanti dibacain sama husband deh.. pasti dia suka! salam!

  19. Mantap Mas, kita lagi proses mengerjakan buku bisnis rumahan untuk penerbit PPM, salah satunya adalah usaha cuci mobil dan bengkel motor. Mau menjadi narasumber? Hehehe
    Sukses terus berlanjut….
    http://www.dixigraf.com untuk menjawab segala hal tentang penulisan dan penerbitan buku.

  20. artikel yang sangat menarik bro…

    kalo urusan oprerasional saya kira sangat opsional banged..betul2! Bisa aja kita yang jago kimia bisa bikin sabun sendiri…kwekwekwekwkekwekw

    salam kenal bro!! kep your brain mengkilap! i like this article!

    http://dedewinasis.wordpress.com

    http://www.oneklikpulsa.com

  21. halo pak haris..
    mampir… nih.
    posting bagus.. info usaha gt bisa jadi referensi…

  22. Salam kenal mas, berkunjung balik ke teman nih…
    Btw, saya tertarik juga tuh buka usaha cuci motor coz sekarang pengguna motor udah bejibun banget :), tapi masalah pengggajian karyawan sistemnya lebih baik bagi hasil apa sistem gaji bulanan?

  23. makasih sudah berkunjung.. artikelnya bagus nich.. kebetulan saya ingin punya usaha baru tapi masih bingung dibidang apa.. bisa jadi bahan pertimbangan referensinya

  24. thanks atas info yg berguna ini..

  25. sebelumnya terima Kasih sdh sering mengunjungi http://mbahpradah.wordpress.com/
    iya mas dg begini kita bisa berbagi dan saling melengkapi.

  26. Reperensi Udah
    Tinggal Nunggu Kucuran dana neh..

  27. Biaya total untuk bukanya berapa, sekalian dengan biaya sewa, gaji, dsb…

  28. Blog dan Artikel yang bagus. Salam Kenal dari http://raasya.wordpress.com

  29. Informasi yang sangat bagus, peluang usaha nih ?

  30. Sebuah tulisan yang berisi info yang bagus. Tolong saya diberikan info tentang usaha modifikasi motor. Terima kasih dan salam kenal

  31. “andai saya punya minat dan kepandaian berbisnis…hufftt…(lalu di tangkap)”

  32. Info keren neh,tak pake nih tipsnya

  33. baguzzzzzzzzzzzz ………………

    setuju bgt brooooo……. usaha yang lumayan dipertimbangkan ya bro…

    hahaha….
    Success for you………

    Admin Titanickers®

  34. wah kayaknya bisnis yang menggiurkan nih…

  35. Tempat saya dah bnyak bgt mas yang buka usaha ini,lbih baik usaha warnet, walaupun bnyak yang buka usaha warnet,tpi tetap ramai

  36. wah, wah. bisa jadi usaha rumahan alternatip nih. tengs atas informasinya, Pak.
    link blog bapak sudah saya pasang di blog saya : http://pondokhati.wordpress.com

  37. Bisnis yang lumayan, dari pada nganggur bro…

  38. wah…ini artikel tentang wirausaha yang bagus… ada baiknya coba dulu baru komentar hehe\

    http://puisisurga.wordpress.com

  39. sampurasunnn….. usaha ini memang belum banyak orang jalankan….. kynya cukup menguntungkan apalagi jika lokasinya deket sumber air….. salam dari bogor

  40. Infonya lengkap banget! Kebetulan, saya ada niat juga buat usaha cuci motor. Bolehlah nanti saya berkunjung lagi kemari, jika Allah menghendaki saya untuk mulai usaha yang saya niatkan tersebut.

  41. Menarik ini mas, bisa jadi inspirasi bisnis.

  42. trimakasih atas kunjungannya di blog saya, ini salah satu posting yang inspiratif tapi sayang sekali saya mo ke luar kota jadi gak sempet baca dipagi ini terpaksa deh saya print hehehe..biar bisa di baca2 dalam perjalanan

  43. Wah hbt jg,thank ats smuanya..slm bwt yg dh stnby dsni

  44. Kewirausahaan yang berbasis pada ekonomi kerakyatan di negeri ini sebenarnya banyak pilihannya, salah satu yang ditawarkan oleh pak Haris adalah jasa cuci kendaraan alias Cleaning Service.
    Sangat menarik dengan ide-ide sederhana ini untuk dikaji dan secara tidak langsung akan memberi inspirasi bagi siapapun yang mempunyai jiwa kewirausahaan, tak perlu berimajinasi yang muluk-muluk menjadi pegawai kantoran toh muaranya adalah berpenghasilan besar. Apalagi saat ini tingkat pengangguran di Indonesia masih relatip tinggi, tidak ada enaknya jadi pegawai kantoran apalagi pabrikan, jam kerja diatur, istirahat diatur, mau cuti diatur apalagi jika anda mau kasbon rumiiiiiiiiiit.
    Resep kewirausahaan ini cocok bagi seseorang yang ingin kaya, kreatip, sedikit keberanian dan mempunyai jiwa yang mandiri alias ndak mau diatur.

    Usaha cuci motor adalah usaha yang sangat menjanjikan, relatip murah dan gampang, misalnya :
    1. peralatan sederhana
    2. tidak perlu tenaga terampil apalagi ahli yang penting rajin, didik pekerja kita untuk sering mengucapkan terima kasih pak, maaf pak dan selamat siang / pagi / malam.
    3. pendidikan bukan syarat utama alias tenaga buta huruf-pun oke
    4. tidak perlu pakai seragam
    5. tidak perlu tempat yang bonafide yang penting luas
    6. listrik cukup, air cukup dst …. Dst.

    Menurut pendapat saya cuci sepeda motor (sebenarnya) tidaklah cukup untuk memberi harapan yang menggiurkan dan alangkah idealnya kalau ada sedikit keberanian membuka usaha cuci mobil, sebab yang membedakan adalah pengadaan hidrolik yaitu alat untuk mengangkat mobil sedangkan peralatan lainnya sama, berapa sih harga dongkrak Hidrolik ? ( pak Haris punya referensi ? )

    Pekerjaan utama sebagai Direktur / Manager Cleaning Service adalah, bagaimana memoles usaha ini bisa aman dan lancar, misalnya :
    1. biasanya orang menunggu cuci mobil sangat membosankan, dari pada bengong dan bego, maka siapkan minuman gratis 1 secangkir kopi panas atau teh panas / dingin gratis, kalau bawa teman itu yang harus dibayar
    2. untuk menyiapkan minuman saja kurang afdol siapkan pula jajanan pasar atau kue untuk dijual.
    3. lebih afdol lagi dalam area pencucian selayaknya tersedia kedai yang memberikan layanan pada para pelanggan, biasanya pemilik mobil adalah orang dari kelas menengah keatas perlu layanan media koran atau televisi ( ndak perlu mewah yang penting bersih, murah, ramah, nyaman )
    4. jika ada tempat pencucian yang mempunyai fasilitas makan minum maka tercipta bisnis yang lebih menggiurkan ibarat simbiosis mutualisma, artinya mencuci mobil sambil ngopi atau ngopi sambil mencucikan mobil.
    5. jika pekerja kita adalah mitra kerja, maka alangkah baiknya jika sitem penggajiannya adalah gaji + bonus misalnya 1 kendaraan sekian rupiah, secara tidak langsung akan menimbulkan dampak positip yakni merangsang pekerja berperan sebagai seorang pemasaran.
    6. buat harga pencucian bukan kelipatan 5 ribu misalnya cuci spd motor Rp. 8000, cuci mobil Rp. 37.000 ini akan membuka peluang pekerja kita yang profesional bisa mendapatkan tip, naaaaah …. gampangkan ?!!!!
    7. tetap mengacu pada standar prosedur dari pemilik blok ini ada hal yang mesti harus dijaga adalah : Kerja Cepat, Mutu Tinggi, Service Memuaskan.
    8. siapkah anda menjadi seorang Manager ?, silakan mencoba semoga berhasil, insya Allah.

    Catatan untuk pemilik blok ini ( pak Haris ) :
    Bagaimana pak kalau topik mendatang mengupas bisnis lain yang juga tidak kalah menggiurkan yaitu Bisnis Toilet Umum ( WC Umum ).
    He he he he kebersihan adalah sebagian dari iman, kenapa takut ?
    Sebagai informasi bukankah Kredit dibawah 50 jt masih termasuk Kredit Usaha Kecil
    Terima kasih atas inspirasinya pak Haris, wassalam…..

  45. Salam kenal

  46. Tabea…. Mantap

  47. Hal yang gampang-gampang susah adalah pemilihan lokasi,karena ini adalah yang paling menentukan.Syukur buat yang punya tempat sendiri dipinggir jalan,karena biaya terbesar adalah sewa tempat.

  48. mantabs ulasannya pak. dari dulu ingin buka usaha ini. berhubung modal belum siap… disamber dulu sama yang lain :)
    tengkyu sudah mampir di blog saya.

  49. Mantap idenya, benar bermanfaat penjabarannya!

  50. celoteh is coming ,….

    salam sukses, moga usahanya luancarrr … :D

  51. info yang sangat bermanfaat, karena saya juga ada rencana bukausaha cuci motor, terimakasih…

  52. Thanks infonya….

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/22/info-dari-kawan-broloe-mau-blog-loe-kebanjiran-pengunjung-kaga/

  53. Peluang usaha yang bagus dan menarik, kalau ada artikel tentang usaha cuci helm mungkin boleh juga.terima kasih.

  54. ni contoh bisnis yang bagus, , , q suka dengan dunia bisnis, posting yang lebuh banyak lagi mengenai bisnis ya, , ,
    trims
    lam kenal ja

  55. wah pinter mesin nih

  56. Terima kasih ulasan tentang bisnis ini Pak, sangat bermanfaat sekali. Saya ingin membuka usaha cuci motor dan sekarang saya jadi tambah semangat

    salam

  57. bsnis usaha yang menarik nih
    utk usaha rumahan

  58. thx ya..bermanfaat sekali

  59. tha ya…bermanfaat sekali

  60. saya tertarik sekali utk buka usaha cuci motor & mobil, tp saya ada kendala belum dpt tempat/lokasi yg strategis, kalau ada yg berminat kerjasama dan punya tempat yg strategis bisa hub saya: chandra 085691878739

  61. mantap pak,,,siap lebaran aku mau coba tu,,,doain ya pak biar sukses…hehe….

  62. kira2 modal keseluruhan nya brp bos????mantap nih buat peluang usaha…..

  63. modal buat alat2 nya brp kira2 bos????sy minat bgt nih…thnk

  64. nice share pak,
    wah, perlu cari modal dulu nii

  65. kepingin nyoba…….

  66. Salam Kenal Pak…..
    Bagi yang ingin buka usaha cuci motor coba kunjungi

    http://infomulti112.kassa9.com

    Kami ada promo Beli 2 Gratis 1

  67. cemerlang idenya

    http://gamebroker.weebly.com/

  68. saya dari dulu pengen bangaet uasaha steam hidraulig motor
    ada gak sih perincian yang menerangkan prediksi biaya untuk pemula dengan tempat usaha sewa tempat per tahun,,?dan lokasi yg bagus buat cuci motor yg seperti apa ya ?
    saya tunggu jawabanya……:-)

  69. malam bpk haris istanto saya mau tanya kalau saya beli paketan mesin cucian motor itu dikasih potongan harga dari bpk?

    • Maaf saya tidak ada kaitannya dengan suplyer peralatan cuci motor, estimasi harga-harga peralatan tersebut adalah hasil survai saya pribadi, jadi kalau mau nego ya silahkan langsung dengan penjualnya.

  70. Mantap bro, bermanfaat bagi yang mau memulai usaha cuci sepeda motor. Mari terus berbagi ilmu.

  71. Thanks and good blog.

  72. MANTAP PENJELASANNYA BANG..
    PENGEN NYOBAIN NE MAS, TAPI MODAL N LOKASI BELUM ADA NEE..

  73. yea Menarik jg booos boleh d coba nieee

  74. goooooooooooooooood………………….

  75. widiihhh keren abeezzz…….jadi pengen neh,,,,,,

    ngumpulin modal dulu lah……..
    thx mas,,sangat manntabzzz

  76. maaf mau tanya nih,,,mesin shansin bs menarik air sumur kedalaman brp ya???


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: