Oleh: Haris Istanto | 13 April 2010

PROSES KERJA USAHA CUCI SEPEDA MOTOR

Seperti kita ketahui, tingkat produksi dan penjualan sepeda motor di Indonesia terus meningkat dari tahun ketahun dan mencapai puncaknya pada tahun 2008, sesuai dengan data dari www.datacon.co.id membukukan angka   produksi/penjualan sebanyak 6.280.000 unit sepeda motor.

Dengan pasar yang mencapai angka jutaan unit pertahun tentunya akan membuka banyak peluang usaha yang berkaitan dengan sepeda motor. Untuk mengetahui peluang apa saja yang bisa diberikan dengan peningkatan pupulasi sepeda motor yang mencapai jutaan unit pertahunnya itu silahkan baca artikel berjudul “BAGAIMANA SEPEDA MOTOR BISA MEMBERI PELUANG-USAHA UNTUK KITA?” yang saya posting beberapa saat yang lalu.

Salah satu peluang usaha yang sederhana namun cukup prospektif adalah usaha cuci sepeda motor, karena tidak semua orang mempunyai waktu luang untuk membersihkan/mencuci sendiri sepeda motornya berhubung kesibukan dan aktifitasnya sehari-harinya. Meskipun demikian pada umumnya setiap orang selalu menginginkan agar sepeda motornya berpenampilan bersih karena hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan menambah nilai plus bagi pemakainya. Berdasarkan pertimbangan hal itu, maka pada saat ini usaha cuci sepeda motor sedang menjamur dimana-mana, bahkan usaha salon sepeda motorpun mulai berkembang.

Bagi mereka yang berminat menerjuni bisnis usaha cuci sepeda motor ini, maka perlu mengetahui terlebih dahulu proses kerja pencucian sepeda  motor sesuai dengan peralatan yang dipergunakan.

Adapun pilihan proses pelaksanaan pencucian sepeda motor sesuai dengan peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut :

Proses kerja dengan peralatan minimal.

Usaha cuci sepeda motor ini dapat dimulai dengan hanya menggunakan satu macam peralatan saja yaitu “Power sprayer” (pompa tekanan tinggi), atau yang lebih populer dengan sebutan “Pompa Sancin” dengan proses kerja sebagai berikut :

  1. Pembasahan dan menyemprotkan air dengan pompa Sancin untuk merontokkan kotoran/lumpur kering yang melekat pada bagian-bagian yang sulit dari sepeda motor.

  2. Membersihkan seluruh bagian dari sepeda motor tersebut dengan menggunakan sampo kendaraan yang dilakukan secara manual.

  3. Membilas untuk menghilangkan sampo dari seluruh bagian sepeda motor dengan menggunakan pompa Sancin, atau yang lainnya karena disini sudah tidak diperlukan lagi tekanan air yang tinggi.

  4. Mengeringkan sepeda motor dengan lap spon atau yang umum disebut “Kanebo”. Sudah……. dengan proses seperti itu sepeda motor sudah menjadi bersih.

  5. Kadang-kadang pengusaha cuci sepeda motor memoles bodi sepeda motor  yang habis dicuci dengan “Body wax” supaya kelihatan lebih kinclong atau “Weet look” dan menyemir ban dengan “Tyre polish” sehingga ban kelihatan lebih hitam seperti ban baru.

Proses kerja dengan peralatan standar.

Pada prinsipnya proses kerja mencuci sepeda motor adalah lima langkah seperti uraian diatas tadi, namun saat ini sedang menjadi tren istilah “Cuci salju”. Kalau pada proses kerja pertama proses pemberian sampo dilakukan secara manual, maka pada saat ini proses pemberian sampao menggunakan alat yang disebut “Snow wash tank” dimana alat ini berfungsi untuk meratakan sampo keseluruh bodi sepeda motor. Pertama-tama snow tank diisi dengan campuran air dan sampo, kemudian dialirkan udara dari “kompressor” kedalam snow wash tank sehingga campuran air dan sampo tersebut berubah menjadi buih seperti salju saat keluar dari nosel ketika disemprotkan kebodi sepeda motor.

Selanjutnya pada proses pengeringan, karena sudah ada kompressor kepalang tanggung dan biar kelihatan bonafid, maka sebelum dilap dengan lap kanebo maka bagian-bagian dari sepeda motor yang sulit (nylempit-nylempit) disemprot dengan udara dari kompressor sehingga airnya bisa hilang dan proses pengelapan bisa berlangsung lebih cepat.

Proses kerja dengan peralatan lengkap.

Pada kedua proses diatas, maka selama proses pertama sampai proses ketiga, sepeda motor dinaikkan di “Servis pit” yaitu tempat khusus yang posisinya antara 25 sampai dengan 50 cm lebih tinggi dari lantai, bisa dibuat dari pasangan batu bata atau dari konstruksi besi. Dengan adanya servis pit ini, situkang cuci bisa lebih mudah melihat dan menjangkau tempat-tempat sulit dibawah sepeda motor agar supaya hasil kerjanya makin optimal. Namun banyak pula usaha cuci sepeda motor yang hanya sekedar menggunakan ganjal dari kayu untuk tujuan ini.

Pada saat ini ada peralatan baru yang menggantikan fungsi dari servis pit (apalagi ganjal kayu) yang disebut “Hydraulic motor lift” yang dapat mengangkat sepeda motor sampai setinggi 1,5 meter sehingga proses pembesihan dapat lebih optimal (ini promosinya si penjualnya lhoo). Meskipun alat ini bernama hydraulic motor lift, akan tetapi sebenarnya dioperasikan dengan menggunakan tekanan udara dari kompressor sehingga mestinya lebih tepat apabila disebut “Pneumatic motor lift”, sedangkan fungsinya adalah untuk menaikkan sepeda motor pada waktu proses pembersihan, dan menurunkan kembali setelah selesai …………… ya udah itu saja. Senyampang sudah ada kompressor, ngapain nggak dimanfaatkan semaksimal mungkin, barangkali itulah dasar pemikiaran penggunaan “Hydraulic motor lift” pada usaha cuci sepeda motor.

Sekian dulu, insya Allah pada posting berikutnya akan saya bahas tentang “Persiapan Usaha Cuci Sepeda Motor”.

About these ads

Responses

  1. salam penuh jiwasukses………

    http://jiwasukses.wordpress.com/2010/04/13/kabar-gembiraikutilah-program-kami-terbaru-dalam-rangka-melatih-kita-untuk-menjadi-marketer-yang-handalyang-kami-sebut-kontes-afiliasi-2010-berhadiah-ratusan-ribu-hingga-jutaan-rupiahada-mobil-k/

  2. Sangat bermanfaat, salam kenal.

  3. Salam penuh jiwasukses….
    Informasi yg luar biasa ditulis oleh org yg luar biasa
    salam…..
    http://www.jiwasukses.tk

  4. Bagus pak

  5. kira2 butuh modal brp pak utk buka usaha cuci motor tsb ?

  6. artikelnya sangat menarik….

  7. Wah aku gak ada bakat wirausaha,,,

  8. Good.. Di coba Ah…

  9. Sekedar masukan aja ya… jasa cuci sepeda motor emang sedang booming. So yg hrs ditawarkan sekarang adl nilai plus yg kl bisa tdk/belum dimiliki tempat cuci lain mis: kenyamanan ruang tunggu, tune up ringan… syukur-syukur bisa dpt makan siang gratis, kopi gratis, pijet gratis, facial & cream bath gratis… he..he.. :)

  10. btw….BEP bisa didapat setelah brp lama..berdasarkan analisa anda??

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/12/p-s-i-love-you/

    • Mohon sabar posting ini masih akan bersambung, nanti aka sampai pada analisa keekonomiannya. Terima kasih.

  11. Wah bener sobat, blog ini bermanfaat. Termasuk bagi mereka yang ingin berwirausaha. Salam salut :)

  12. bisnis cuci kenderaan salah satu usaha yang menjanjikan,dengan keuntungan yang menjanjikan pula,balik modalnya lumayan cepat apalagi kalo di tempat2 yang rame…
    tapi yang perlu diperhatikan adalah penggunaan air, kita tau bahwa usaha ini adalah salah satu usaha yang paling boros menggunakan air,karena kebanyakan penggunaan air untuk usaha ini sering tanpa memperhatikan AMDAL terutama usaha yang letaknya di daerah perkotaan yang sumber air tanahnya sedikit….

    kunjungi: http://www.pbonlinetiket.com
    pemesanan tiket pesawat online,
    melayani tujuan domestik dan internasional
    tersedia juga voucher hotel

  13. masih tetap bisa jadi peluang di situasi menjamurnya kendaraan bermotor di negara ini…

  14. salam kenal……. nice info n good luck

  15. mantap nih… tapi sayang didaerah saya penuh dengan tukang cucian mobil hehehehehe

  16. artikel yang sangat bermanfaat dan membantu bagi pihak yang ingin membuka usaha di masa sekarang ini. informasi ini juga cukup link and match artinya sangat sesuai dengan keadaan dan kebutuhan jasa di lapangan pada keadaan sekarang.

    teruslah berkarya frend…

    salam
    yudhichebe

    ———————————————
    > http://www.it-yudhichebe.tk
    > http://www.46-yudhichebe.tk
    >http://www.clothing-distro-46.tk
    ———————————————

  17. maksih infonya ya…. :) artikel ini smg bs memebrangus yg nmnya pengangguran
    http://izisfm.wordpress.com/

  18. sampurasun ….. mampir tuk berkawan, namun sayang belum sempat baca karena waktu… nanti disambung lagi…. salam dari bogor

  19. sepakat, cuci spd mtr memang cukup menjanjikan asalkan harga dan kualitasnya terjaga….

  20. kayaknya usaha ini masih menjanjikan melihat jumlah spd motor yang makin banyak, cuman masih tetep bersaing dgn ketat makanya bener yg usul ada plusnya biar motor dan orangnya bersih semua.
    apa pompa sancin itu hemat air? katanya perpaduan antara udara dan air yg keluar bersama2.
    ikut tanya juga berapa bep nya serta kelayakan dari segi finansial.
    sementara komentarnya ini katanya to be continued

  21. berkaryalah dengan hati bukan mengharap apa yang akan di dapat……..karya bukan sekerdar pemanfaatan ilmu juga teknologi yang tepat juga bermanfaat itu lah betuk karya/ usaha yang men jadikan kemuliyan
    salam kenal

  22. wah lumayan buat kegiatan klo nanti pensiun. skrg sdh latihan nyuci motor sendiri. hasilnya tdk kalah dg yg mbayar

  23. usaha cuci motor,,,,prospek bagus tuh buat usia pasif ntar,,,,,,makasih ya pak,,,dah kasih gambaran yang cukup bagus…..terus menulis

  24. salam knl juga, oh ya kalo ank2 muda ind mengesampingkan gengsinya kiranya bs mengurangi angka pengangguran.

  25. tertarik buka usaha cuci motor tapi ga ada modal :mrgreen:

  26. Pak Haris (Seharusnya aku manggilna Bapak ya bukan Mas :) seperti di blog-ku ) Tema yang ditulis menarik, ada usulan usaha yang home industri nggak pak?

    please visit: http://lilikwulaningtyas.wordpress.com

  27. Informatif juga ni blog…

  28. Buat Bung Haris, Selamat Ngeblog Ria. Kita-kita yang Komunitas Blogger Saling Dukung Untuk Hal-hal Positip. Ok Deh. Saya Juga Lagi Belajar Ngeblog, SIlahkan Kunjungi:
    http://www.passapeda.wordpress.com/
    http://www.newgames-Magazine.blogspot.com
    http://www.orangbugis.wordpress.com
    http://www.downloadsgamegratis.blogspot.com
    http://www.muniryusuf.com

    Thank You dan Sukses Selalu

  29. wah… nice info nih….apalagi kalau dilengkapi dengan gambarnya…. lanjutkan artikelnya sampai tuntas…tas…tas…tasss… terima kasih….:-)

  30. Saya sudah pernah usaha cuci sepeda motor dan mobil. Hasilnya OK. Yah…kadang-kadang sepi kadang rame…(itu yang jadi masalah). Karena untuk menggaji pekerja-nya jadi nggak bisa di kira-kira. Mau perhari…tekor…perbulan apalagi.. Posting yang menarik. Memunculkan ide baru lagi bagi saya…terima kasih….

  31. bagus sih Pak ide bisnis cuci motor nya. saya mau tau untuk proses penggajian karyawannya. terus berapa modal dan berapa biaya alat2 nya?

  32. Posting yg bermanfaat..
    Numpang Nampang ya gan.. :-D

  33. Salut pada blog anda…….sangat bermanfaat !!!
    Trim sudah kabari kita.
    kalau boleh berbagi sukses…..bagaimana caranya blog anda dikunjungi banyak orang plus ngasih banyak komentar !!
    Sukses selalu……

    • kalau anda ingin punya pengunjung yang banyak,tips nya adalah banyaki artikel perhari minimal 10 artikel ….selamat mencoba …

  34. weh ini lebih bagus lagi…..
    btw boleh mencopy gak hehehe buat di pelajari lagi..kebetulan lagi nyari2 artikel peluang usaha ni…
    eh cerita mistik yg mas baca itu belom selesai loo.

  35. bisa jadi ladang usaha ya.. lam kenal pa

  36. Info dan tips enterpreneur yg bagus…Makasi buat info dan tips tersebut.

  37. Keren gan
    http://lhesa.wordpress.com

  38. tulisan yang bagus,, lam kenal aja pak!!

  39. boleh juga tipsnya… saya dari enzolutionaz1.wordpress.com>… salam kenal…

  40. wah nice info..
    jd pengen berwirausaha nih

  41. Wah keren nih, kebetulan ayah mertua saya pengen punya usaha sendiri. Semoga beliau tertarik.

    Thanks ya :)

  42. ciiihuuiii,, ternyata bisa jadi peluang dapet uang ya,,??

    dari salah satu hobiku,,

    hee.. hee..

    nyuci motor.. $_$

    seeeph…!!!

  43. Gan artikelnya tak copast lho, aku butuh saolnya? Thanks b4.

  44. buat yg cari peluang usaha boleh juga tuch boz
    n yg mw dpt uang tggal klick z nama ane
    heheheee

  45. patut di coba …..salam

  46. Info yang menarik, bisnis “recehan” tapi menjanjikan karena “receh”nya bisa dapet banyak, hehe,,…

    Saya termasuk org yg males nyuci motor uy, jadi bersiap-siaplah saya jadi pelanggan anda suatu hari nanti (krn skr sdg di belahan benua biru).

    Trus saya baru tahu kalau prinsip “snow” itu ternyata seperti itu, kirain bnr2 pake snow asli. Maklum, blm pernah cuci snow soalnya. Kalau ada shampoo yg murah, knp harus pk snow yg mahal? Toh bsk2 juga kotor lagi.

  47. wah tulisan yang sip tuh bang….OK salam kenal ya…

  48. kunjungan balik,posting yg sangat menarik pak untuk orang yg mw memulai usaha…
    salam sukses…

  49. Menarik sekali, bisnis yg murah & mudah dijalankan. Cuma blm banyak yg peduli dg limbah buangannya.
    Kalau ada yg bisa mendaur ulang air buangannya akan sangat bagus utk kelestarian air & lingkungan.

  50. usaha yang ulet dan telaten. semoga sukses selalu ya…

  51. Peluang usaha yang bagus, ada tetangga saya yang cukup sukses di bidang ini,…lain kali mohon tulisan mengenai wirausaha agrobisnis, sekian terimakasih.

    Wassallam,

    Rahmad Yudian Pratinta

  52. wah, ini betul2 info yg bermanfaat. karena di kota Bima belum begitu byk tempat usaha cuci mobil yang sesuai standar seperti yang dipaparkan anda. trims ya….

  53. salam kenal Pak, saya baru belajar bloging nih, mudah2an saya dapat inspirasi dari tulisannya

    wassalam

    Herry Susanto
    rysanto49@gmail.com

  54. btw,emang om haris pny usaha cuci motor ya?

  55. Membaca artikel ini, saya malah tertarik pada “Hydraulic motor lift”. Dalam benak saya malah muncul suatu ide memanfaatkan sifat/cara kerja Hidraulic motor lift pada pembelajaran IPA di kelas sekolah dasar. trima kasih ya infonya….

  56. artikel yg menarik, bisa jadi inspirasi wirausaha. salam, http://edorusyanto.wordpress.com

  57. cuci motor…..cukup menarik. terutama di musim penghujan……modal kecil —krg dr 25 jeti— bisa menciptakan lap kerja baru. hanya, repotnya, di kota kami sdh cukup banyak yang buka usaha ini juga cuci mbl….akibatnya, ada persaingan cukup ketat. tapi rejeki kan ada yang atur ya Pak…….?

  58. Ass.wr.wb. Sangat menarik usaha suci motor dan menjanjikan dari segi kentungan, bagi mempunyai modal dan berjiwa keras dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran

  59. terima kasih sudah mampir ke kedailaptop saya..
    silahkan bagi rekan2 yang ingin bergabung atau sekedar melihat2 dan beli laptop kunjungi di lapak kecil saya di http://kedailaptop.wordpress.com

  60. sistem penggajian nya bagaimana???

  61. blog ini bermanfaat-__-anda rela berbagi untuk mereka yg ingin maju';;;

  62. Salam sejahtera untuk anda semua….

    Perkenalkan, kami dari JAKARTATEKNIK.COM bermaksud untuk sedikit memberi informasi untuk anda semua yang berminat membuka peluang usaha JASA CUCI MOTOR.

    Kami menyediakan PERALATAN dan BAHAN BAKU USAHA CUCI MOTOR. Kami juga menyediakan beberapa PAKET USAHA CUCI MOTOR untuk anda. Antara lain:

    – Hidrolik Motor = Rp. 3.975.000,- nett per unit
    – Kompresor Angin
    – Tabung Snow Wash
    – Mesin Steam
    – Biang Ice Cream Shampoo
    – Semir Ban
    – Paket Usaha Cuci Motor Sederhana = Rp. 4.488.000,- nett
    – Paket Usaha Cuci Motor Standart = Rp. 5.560.000,- net
    – Dll.

    Jika anda berminat, silahkan anda kunjungi http://www.jakartateknik.com
    Atau anda dapat datang langsung ke:

    GERAI CUCI MOTOR CAPLIN
    Jl. Prof. Dr. Hamka
    Kel. Larangan Utara
    Kec. Larangan
    Ciledug – Tangerang 15154
    Telp. 021-733 5835
    Hp. 0817 88 0815
    Email: heru@jakartateknik.com

    Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

    Terima kasih
    Heru
    http://www.jakartateknik.com

  63. sangat menarik artikel tersebut diatas untuk kita lakukan, selain menguntungkan kita juga mambantu membuka lapangan pekerjaan. jika para pembaca berminat untuk membuka usaha cuci mobil dan motor…..kami dari automega siap membantu anda dalam menyusun rencana usaha cuci mobil atau motor. dari mulai peralatan yang kwalitasnya terbaik, harga juga termasuk paling murah, serta memberikan garansi, didukung pula oleh teknisi yang profesional. kunjungi kami di http://www.automega.web.id,atau hub eko 021-93655107,80872985.

  64. ok punya ekspansi keluar Jabodetabek ya.
    distributor piranti dan shampo dan pengkilatnya dmana ya?

    • Mas Bobby 2 kolom diatas yang anda tanya/cari

  65. Tulisan yang memberi inspirasi, saya kebetulan lagi nyari-nyari peluang usaha. Ini kayaknya pas banget, trims ya om….

  66. sangat padat jelas dan bermanfaat…………..skalian minta info cara membuat salju warna pak.
    trim

  67. klo mau bisnis sukses ya konsep dasar bisnisnya yg betul, trus inovatif n’ kreatif dlm membuat nilai tambah usaha. klo buka cuci sepeda motor klo bisa ama warkopnya n, deket ama servis sepeda motor plus cuci helm skalian. klo gaji pegawai itu bisa pake formula fifty-fifty trus nti ada insentif mingguan ato bulanan bila target tercapai jadi klo pas sepi ndak terlalu bebani pemilik. tapi tetep memperhatikan kebutuhan dasar pegawai spuya pegawa betah ikut kita.

  68. klo untuk cuci mobil gimana ya pak ?

  69. When I first saw this title PROSES KERJA USAHA CUCI SEPEDA MOTOR Blog : HARIS ISTANTO on google I just whent and bookmark it.Hello there! I know this is kinda off topic however , I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog post or vice-versa? My site discusses a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit from each other. If you’re interested feel free to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you! Terrific blog by the way!

  70. utk takaran2nya bagaimana baik sabun, air ma tekanan angin buat cuci salju dan shampoonya khusus apa shampoo biasa aja bs?

  71. masih ada lowongan cuci steam buat saya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: