Oleh: Haris Istanto | 6 April 2010

BAGAIMANA CARA MEMILIH MESIN CUCI?

Bagi sebagian orang pekerjaan mencuci pakaian mulai dari merendam, mengucek, membilas, memeras hingga mengeringkan adalah pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan waktu, apalagi jika terdapat noda pada pakaian yang sulit dihilangkan. Itu cerita masa lalu, pada saat ini pekerjaan mencuci bisa dilakukan dengan lebih santai dan menyenangkan dengan adanya mesin cuci. Bagi mereka yang saat ini mempertimbangkan untuk memakai mesin cuci maka sebelum memilih produk yang diinginkan, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis mesin cuci yang ada dipasaran saat ini sehinga dapat menyesesuaikan dengan kebutuhan dan ketersedaan dana yang ada.

Pada saat ini dipasaran terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu twin tube atau dua tabung, top loading dan front loading. Proses kerja dari masing-masing mesin cuci tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut :


I. Mesin cuci twin tube

Sesuai dengan namanya, pada mesin cuci ini terdapat dua tabung yang berjajar dengan posisi vertikal (tegak), kedua tabung tersebut masing-masing adalah :

Tabung pertama adalah tabung cuci/bilas berfungsi untuk melaksanakan proses pencucian dan pembilasan. Didalam tabung cuci/bilas ini pada bagian bawah terdapat peralatan yang disebut pulsator, yang digerakkan oleh motor listrik. Proses pencucian atau pembilasan terjadi karena pada waktu tabung cuci/bilas berisi cucian, air dan deterjen, kemudian pulsator diputar oleh motor listrik maka akan mengakibatkan terjadinya pusaran air yang mampu membawa seluruh cucian perputar bersama air didalam tabung cuci/bilas tersebut. Keadaan ini menghasilkan daya cuci karena seolah-olah cucian seperti sedang dikucak-kucak, apalagi apabila putaran pulsator diatur pada posisi dua arah/bolak balik maka daya cucinya semakin kuat karena setiap berganti arah putaran seperti disentak.

Tabung kedua disebut tabung pengering (dryer) berfungsi untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci pada tabung cuci/bilas merupakan tabung yang berlubang-lubang yang diputar oleh motor listrik. Proses pengeringan terjadi karena pada waktu tabung pengering berisi cucian dan diputar oleh motor listrik dengan kecepatan tingggi (bisa mencapai 1.200 rpm) akan menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal yang mampu menekan cucian pada dinding tabung pengering dan melemparkan air pada cucian tersebut keluar melalui lubang-lubang yang terdapat pada tabung pengering tersebut.

Karena kecepatan putaran dari pulsator dan dryer tidak sama, maka masing-masing digerakkan oleh motor listrik dan sistim transmisi sendiri-sendiri, sehingga pada mesin cuci jenis ini mempunyai dua buah motor listrik.

Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan panel kontrol yang terdiri dari :

  • Wash/rinse timer, yaitu peralatan yang digunakan untuk mengatur waktu proses pencucian/pembilasan akan berlangsung.

  • Knop wash action, berfungsi untuk mengatur putaran dari pulsator, bisa bekerja dengan putaran satu arah atau putaran dua arah /bolak balik. Pada umumnya putaran satu arah digunakan untuk proses pencucian yang ringan/tidak terlalu kotor, sedangkan putaran dua arah/bolak balik digunakan untuk cucian yang berat/lebih kotor.

  • Knop drain, berfungsi untuk membuang air dari dalam tabung cuci/bilas.

  • Dryer timer, yaitu peralatan yang digunakan untuk mengatur waktu proses pengeringan akan berlangsung.

Mesin cuci selalu dilengkapi dengan saluran untuk mengalirkan air bersih yang akan digunakan pada proses pencucian dan selang yang berfungsi untuk mengalirkan air limbah yang dikeluarkan/dibuang dari mesin cuci tersebut.

Adapun proses pencucian pada mesin cuci jenis twin tube dilakukan sebagai berikut :

  1. Atur knop drain pada posisi menutup, buka kran sehingga air bersih mengalir kedalam tabung cuci/bilas. Isi air sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan buku petunjuk, selanjutnya campurkan deterjen kedalam air bersih didalam tabung cuci/bilas atau isikan pada tempat yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan buku petunjuk.

  2. Masukkan pakaian yang akan dicuci kedalam tabung cuci/bilas, jangan memasukkan pakaian melibihi kapasitas mesin cuci, karena bisa menyebabkan kerusakan akibat mesin cuci bekerja terlalu berat. Selain itu juga daya kerja mesin cuci menjadi kurang efektif sehingga hasil kerjanya menjadi tidak optimal.

  3. Hubungkan stop kontak mesin cuci dengan sumber aliran listrik, atur arah putaran pulsator sesuai dengan kondisi pakaian yang akan dicuci (putaran searah atau bolak balik), kemudian atur wash/rinse timer sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan buku petunjuk.

  4. Apabila waktu pencucian telah tercapai, maka timer akan mematikan kerja pulsator sehingga proses pencucian berhenti.

  5. Atur knop drain pada posisi membuka sehingga air deterjen yang ada didalam tabung cuci/bilas akan mengalir keluar melalui selang pembuang.

  6. Pindahkan cucian dari tabung cuci/bilas ketabung pengering (dryer), tutup kembali tabung pengering, dan atur dryer timer sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan buku petunjuk sehingga proses pengeringan awal akan berlangsung. Putaran tabung pengering pada waktu bekerja cukup tinggi, sehingga apabila dryer dibiarkan dalam keadaan tidak terlindungi dapat membayakan pemakai, oleh karena itu sebagai pengaman pabrik memasang switch yang akan mengatur agar supaya dryer tidak dapat beroperasi apabila tutup tabung dryer dalam keadaan terbuka.

  7. Sambil menunggu proses pengeringan awal, atur kembali knop drain keposisi menutup dan isi tabung cuci/bilas dengan air sampai batas yang ditentukan.

  8. Apabila waktu pengeringan awal telah tercapai, maka timer akan mematikan proses pengeringan.

  9. Buka tutup tabung pengering, pindahkan kembali cucian ketabung cuci/bilas.

  10. Atur kembali wash/rinse timer sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan buku petunjuk sehingga proses pembilasan akan berlangsung. Selama proses pembilasan ini air bisa dibuang sama sekali dengan membuka knop drain untuk kemudian diganti dengan air baru, atau air bersih dibiarkan tetap mengalir karena pada tabung cuci/bilas terdapat lubang pelimpah sehingga kelebihan air akan keluar dari mesin cuci melalui selang pembuang.

  11. Apabila waktu pembilasan telah tercapai, maka timer akan mematikan proses pembilasan.

  12. Pindahkan lagi cucian kedalam tabung pengering, tutup kembali tabung pengering, atur dryer timer sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan buku petunjuk, dan biarkan proses pengeringan akhir berlangsung.

  13. Apabila waktu pengeringan akhir telah tercapai, maka timer akan mematikan proses pengeringan.

  14. Buka kembali tutup tabung pengering dan keluarkan cucician untuk untuk dijemur agar benar-benar kering.

Kekurangan dari mesin cuci jenis twin tube adalah :

  • Masih banyak memerlukan campur tangan manusia (tidak otomatis) seperti memindakan cucian dari tabung  cuci/bilas ke tabung pengering dan sebaliknya.

  • Karena proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk. Misalnya baju kaus dengan bahan katun lengannya menjadi lebar atau sering kancing baju menjadi lepas.

Kelebihan dari mesin cuci jenis twin tube adalah :

  • Bisa melakukan perendaman dan pencucian pendahuluan pada bagian-bagian pakaian yang kotor sekali seperti leher, ketiak dan ujung lengan baju, pantat dan ujung kaki celana dsb. secara manual, baru yang lainnya serahkan pada mesin cuci.

  • Bisa menambahkan cucian pada waktu proses pencucian.

  • Alokasi waktu pencucian, pembilasan dan pengeringan mudah diatur sesuai dengan kondisi cucian.

  • Apabila ada kerusakan pada salah satu motor listriknya, mesin cuci masih bisa difungsikan. Misalnya motor listrik penggerak pulsatornya yang rusak maka dryernya masih bisa dipakai dan sebaliknya.

  • Harga mesin cuci jenis ini cukup terjangkau.

II. Mesin cuci top loading

Ini adalah istilah salah kaprah yang terlanjur populer dinegeri kita ini. Kalau diartikan sebenarnya twin tub juga termasuk jenis top loading, hanya karena pada mesin cuci ini memiliki satu buah tabung saja maka untuk membedakannya diberi nama top loading (kenapa namanya kok nggak singgle tube saja ya?).

Konsep dasar dari mesin cuci jenis top loading ini adalah menggabungkan tabung cuci/bilas dan tabung pengering pada mesin cuci twin tube menjadi satu, sehingga tidak perlu memindahkan cucian dari tabung cuci/bilas ketabung pengering dan sebaliknya. Dengan demikian pada mesin cuci jenis ini tabungnya hanya ada satu yang bentuk pisiknya seperti tabung pengering pada mesin cuci jenis twin tube yaitu tabung yang berlubang-lubang namun permukaannya tidak rata karena terdapat tonjolan dibeberapa tempat, dan dimensinya juga lebih besar karena semua proses mulai pencucian, pembilasan dan pengeringan akan berlangsung didalam tabung ini. Bahan tabung umumnya stainless steel dan sama seperti pada mesin cuci jenis twin tube pada bagian dalam bawah tabung terdapat pulsator, dimana tabung dan pulsator ini digerakkan oleh satu motor listrik.

Sama seperti pada mesin cuci jenis twin tube, proses pencucian atau pembilasan terjadi karena pada waktu pulsator diputar oleh motor listrik maka akan mengakibatkan terjadinya pusaran air yang mampu membawa seluruh cucian perputar bersama air didalam tabung tersebut. Bahkan pada mesin cuci jenis top loading ini tabungnya juga berputar dengan arah putaran yang berlawanan dengan arah putaran dari pulsator yang katanya ini dapat meningkatkan efektifitas pencucian.

Begitu juga proses pengeringan terjadi setelah air deterjen/air bilas dibuang maka tabung pengering yang berisi cucian diputar oleh motor listrik dengan kecepatan tingggi (bisa mencapai 1.200 rpm) akan menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal yang mampu menekan cucian pada dinding tabung pengering dan melemparkan air pada cucian tersebut keluar melalui lubang-lubang yang terdapat pada tabung pengering tersebut.

Panel kontrol pada mesin cuci top loading berbeda sekali dengan panel kontrol pada mesin cuci twin tube. Semua proses keja kerja mulai pengaliran air, pemberian deterjen, pencucian, pembuangan air bekas cucian, pengeringan awal, pengaliran air bilas, pembilasan, penggunaan pelembut dan pengeringan akhir semuanya diatur secara otomatis oleh mesin cuci baik secara semi komputerize maupun full computerize. Pada awalnya filosfi dari perubahan panel kontrol mesin cuci twin tube ke mesin cuci top loading adalah menggabungkan knob-knob pada panel kontrol mesin cuci twin tube menjadi satu alat, sehingga sebelum dioperasikan kita perlu mengatur waktu pencucian, waktu pengeringan awal, waktu pembilasan dan waktu pengeringan akhir. Namun pada mesin cuci top loading yang lebih modern hal itu sudah ditiadakan dan diganti dengan pilihan proses pencucian sesuai dengan bahan dari pakaian/cucian yang akan dicuci atau tingkat kerja proses pencucian mulai ringan, sedang, normal, berat dan sangat berat.

Dengan demikian cara menggunakan mesin cuci ini menjadi sangat mudah dan simple sekali yaitu :

  1. Masukkan cucian kedalam mesin cuci.
  2. Isi deterjen dan softener, sesuai dengan kebutuhan.
  3. Masukkan stop kontak aliran listrik dan buka kran air.
  4. Pilih program pencucian.
  5. Tekan knob start agar mesin cuci memulai proses kerja.

Dan …… sudah, tinggalkan mesin cuci karena semua proses pencucian akan berlangsung tanpa memerlukan campur tangan kita, sampai nanti kalau proses pencucian selesai kita tinggal mengambil cucian untuk dijemur. Namun pada waktu proses pencucian selesai pintu mesin cuci tidak bisa langsung dibuka, harus ditunggu beberapa menit dulu baru bisa dibuka (sekitar 2 sampai 3 menit).

Kekurangan dari mesin cuci jenis top loading adalah :

  • Harga dari mesin cuci jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis twin tube.
  • Seperti pada mesin cuci twin tube, proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, sehingga pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk. Misalnya baju kaus dengan bahan katun lengannya menjadi lebar atau sering kancing baju menjadi lepas.

  • Apabila proses pencucian sudah dimulai tidak bisa menambahkan cucian karena pintu mesin cuci tidak dapat dibuka.

Kelebihan dari mesin cuci jenis top loading adalah :

  • Bisa melakukan perendaman dan pencucian pendahuluan pada bagian-bagian pakaian yang kotor sekali seperti leher, ketiak dan ujung lengan baju, pantat dan ujung kaki celana dsb. baru yang lainnya serahkan pada mesin cuci, sebelum mesin cuci di”on”kan dan “start”.

  • Seluruh proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin cuci, tidak memerlukan campur tangan manusia lagi kecuali menjemur, sehingga bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan lain.

III. Mesin cuci front loading

Perbedaan mendasar pada mesin cuci jenis front loading dengan mesin cuci jenis twin tube dan front loading adalah :

- Posisi tabung pada mesin cuci front loading adalah horisontal, dengan arah putaran vertikal.

- Hanya ada satu tabung,  yaitu tabung stainles steel yang berlubang-lubang seperti pada mesin cuci jenis top loading, yang mempunyai tonjolan dibeberapa tempat.

- Tabung tidak dilengkapi dengan pulsator.

Daya cuci pada mesin cuci jenis ini dihasilkan akibat cucian yang basah dengan air deterjen dibawa berputar oleh tabung secara vertikal. Karena kecepatan putaran tabung pada waktu proses mencuci didesain tidak terlalu cepat, maka pada waktu posisi cucian tersebut sampai pada puncak putaran, cucian tersebut akan jatuh kebagian tabung yang dibawah sehingga menimbulkan efek seperti digilas, apalagi arah putaran tabung selalu berubah-ubah, maka efektifitas penggilasan cucian ini menjadi lebih intensif.

Apabila proses pencucian/penggilasan telah selesai, maka air deterjen dibuang dan diganti dengan air bersih untuk melakukan proses pembilasan.

Begitu juga proses pengeringan terjadi setelah air deterjen/air bilas dibuang dan tabung pengering yang berisi cucian dan diputar oleh motor listrik dengan kecepatan tingggi (bisa mencapai 1.200 rpm) akan menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal yang mampu menekan cucian pada dinding tabung pengering dan melemparkan air pada cucian tersebut keluar melalui lubang-lubang yang terdapat pada tabung pengering tersebut.

Panel kontrol pada mesin cuci front serupa dengan panel kontrol pada mesin cuci front loading, karena semua proses keja kerja mulai pengaliran air, pemberian deterjen, pencucian, pembuangan air bekas cucian, pengeringan awal, pengaliran air bilas, pembilasan, penggunaan pelembut dan pengeringan akhir semuanya diatur secara otomatis oleh mesin cuci baik secara semi komputerize maupun full computerize. Hanya diperlukan menentukan pilihan proses pencucian sesuai dengan bahan dari pakaian/cucian yang akan dicuci atau tingkat kerja proses pencucian mulai ringan, sedang, normal berat dan sangat berat. Bahkan pada mesin cuci modern saat ini apabila tingkat pencucian seperti itu dianggap kurang, masih ada opsi untuk menambah waktu pencucian, waktu pembilasan dan mencuci dengan mengatur temperatur air yang digunakan dalam proses pencucian. Demikian juga pemberian deterjen dan softener sudah diatur secara otomatis oleh mesin cuci yang disesuaikan dengan berat dari cucian yang akan dikerjakan.

Cara menggunakan mesin cuci ini sangat mudah dan simple sekali yaitu :

  1. Masukkan cucian kedalam mesin cuci.
  2. Periksa persediaan deterjen dan softener, tambah bila kurang.
  3. Masukkan stop kontak aliran listrik dan buka kran air.
  4. ”On”kan mesin cuci kemudian pilih program pencucian.
  5. Tekan knob start agar mesin cuci memulai proses kerja.

Dan …… sudah, tinggalkan mesin cuci karena semua proses pencucian akan berlangsung tanpa memerlukan campur tangan kita, sampai nanti kalau proses pencucian selesai kita tinggal mengambil cucian untuk dijemur. Namun pada waktu proses pencucian selesai pintu mesin cuci tidak bisa langsung dibuka, harus ditunggu beberapa menit dulu baru bisa dibuka (sekitar 2 sampai 3 menit).

Bahkan ada mesin yang dilengkapi dengan program “time delay” dengan beberapa pilihan yaitu : 3 jam, 6 jam dan 9 jam. Artinya apabila dipilih program time delay 9 jam, maka awal proses pencucian akan diatur sehingga proses pencucian akan selesai 9 jam kedepan, jadi apabila penyetelan tersebut dilakukan pada pukul 21.00 malam kemudian ditinggal tidur, maka keesokan harinya pada pukul 06.00 proses pencucian telah selesai sehingga siap dijemur.

Kekurangan dari mesin cuci jenis front loading adalah :

  • Harga dari mesin cuci jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci lainnya.
  • Apabila proses pencucian sudah dimulai tidak bisa menambahkan cucian karena pintu mesin cuci tidak dapat dibuka.

  • Pada waktu memasukkan dan mengeluarkan cucian harus dengan membungkuk.

Kelebihan dari mesin cuci jenis top loading adalah :

  • Proses mencuci/membilas dengan cara menggilas cucian dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan cara memusarkan cucian didalam air deterjen/air bersih.

  • Kemungkinan terjadi perubahan bentuk pada pakaian dengan bahan tertentu, misalnya baju kaus dengan bahan katun lengannya menjadi lebar atau sering kancing baju menjadi lepas bisa direduksi.

  • Seluruh proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin cuci, tidak memerlukan campur tangan manusia lagi kecuali menjemur, sehingga bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan lain.

Demikian bahasan tentang mesin cuci yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan dapat memberikan wacana bagi anda yang memerlukan, sehingga dapat memilih sesuai dengan keperluan. Karena orang Jawa bilang “Ono rego, ono rupo” artinya kalau kita memilih yang canggih tentunya harganya akan mahal, sebaliknya kalau dana kita terbatas ya pilih saja yang sederhana.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

About these ads

Responses

  1. Kurang penjelasan pemakaian energi listrik,mana yg lebih hemat ato ekonomis, tq

  2. kayaknya kurang lengkap. ada yg blm dibahas dan menarik……….. mesin cuci uang……….kwkwkwkwk

  3. terima kasih info dan kunjungannya :)

  4. salam hangat selalu

  5. bagus dan menarik…untuk dijadikan masukan.
    kita juga manusia biasa ada kekurangannya…thx

  6. kebetulan saya belum punya mesin cuci, thx ya buat infonya :)

  7. kunjungan balik pak! good review! menambah wawasan kita bersama :D

  8. kalo mau cuci uang, pakai tipe yang mana ?

  9. Sebelumnya sata ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. info yang sangat menarik dan membantu, kebetulan ortu saya lagi milih-milih mesin cuci.. sekedar saran, cara merapikan tulisan agar rata kanan-kiri; blok semua tulisan kemudian tekan Ctrl+Alt+J pasti akan kelihatan rapi.. Untuk membuat paragraf yang tulisannya menjorok ke dalam kunjungi projectofjava.wordpress.com/2010/04/03/cara-membuat-paragraf-yang-kalimat-pertamanya-menjorok-kedalam-text-indent/.. semoga membantu

    • Terima kasih atas saran-sarannya, maklum kami ini dari generasi jadul, jadi soal IT gini agak gaptek. Insya Allah saran anda sangat bermanfat sekali untuk posting kami berikutnya.

  10. Dari ketiga jenis mesin cuci tsb tdk di tulis mana yang lebih hemat penggunaan airx tq

  11. nice info mas :D

    terimakasih atas kunjungannya..
    salam..

  12. makasih sudah berbagi tipz mesin cuci ini :D

  13. nice info pak. kunjungan balik. :D

  14. informasi yang bermanfaat.. ! ma kasih yaaaa

  15. Tipe yg ketiga paling Elegant nh Bodynya…

  16. ulasannya panjang & komplit (pake telor hehehe), berhubung belum cukup duit jadi saya cukup pake mesin cuci twin tube saja :)

  17. thank y atas info ny

  18. bagus nich infonya Gan….lanjutkan.

  19. Wahhh aku telat baca ini postingan,barusan beli mesin cuci buat gantikan mesin yang rusak. Sekarang sudah ada jenis mesin cuci tidak pakai sistem penggerak dengan sabuk, tabungnya langsung diputar motor dalam satu poros.(direct)

  20. salam knal :)

    bagus nih buat masukan… hehehe

  21. bagos juga nih blognya….
    thank yach atas kunjungannya…..
    salam kenal……

  22. Bagus juga artikelnya..

  23. iya ya trus sy pilih yg mana yg listriknya nggak boros. kata orang kalo pakai sesuai dg kapasitas kalo kapasitas 6 kg ya maksimum 6 kg pakaian sokur kurang, kalo lebih kerjanya motor berat, jadi nanti bisa cepet jebol
    utk yg tanya cuci uang bisa sih pakai mesin cuci itu, lha kalo cuci gudang?

  24. informatif…bisa direkomendasikan ke teman2

  25. makasih dah visit and comment to my blog. nice info sob… http://pengumpuldollar.wordpress.om

  26. kok tdk disebutkan harganya, brgkali bisa dipakai pertimbangan buat kado pernikahan keponakan, gitu…..

  27. Mana artikel otomotifnya, mas?

  28. wah…. beruntung sekali, karena saya hampir tidak melihat komentar anda karena komentar anda masuk daftar spam, hmm… mungkin saya akan sering-sering berkunjung sekali-sekali, dan pastinya anda akan sukses!

  29. wah jujur saja tulisan ini lebih lengkap dari pada yang pernah saya tulis untuk iklan sabun detergen… kalaupun ada tambahan cuma 0.0001 % aja nih.. yaitu :
    1. Saya pernah mencuci bh (breast holder) yang pake penguat kawat, kawatnya jadi melengkung dan saya dimarahi istri saya ha.. ha…
    2. Saya pernah mencuci baju anak saya, loh… kog aksesori bajunya jadi copot semua..? pakai rpm berapa tuh..? anak saya sampai menangis ha.. ha.. ya terpaksa beli lagi krn mau dipakai untuk tampil nyanyi.. ha.. ha..
    3. Kalo mau pakai air hangat (jangan panas) hasilnya bisa lebih baik, suhu disesuaikan kain, kalo bahan mesin cucinya seperti plastik atau mur baut rata-rata tahan panas kog, pernah saya beri air panas malah bajunya yang molor ha.. ha..
    4. Pernah baju sudah saya cuci dua kali tapi kog masih ada serat-serat kain yang menempel ya..? ternyata saringannya buntu kepenuhan kotoran ha.. ha..
    5. Agar pembaca tidak terlalu lama saat ngeload pertama di blog ini (soal internet di tempat saya lambat) mohon di “more..” kan saja bagaimana..?

    Sudah sekian saja.. salam kenal semuanya.. ooii saya tunggu kunjungan balik di solusibisnismu.wordpress.com, bagi yang punya blog saya ucapkan terimakasih diberi tumpangan.

  30. Ass.Wr.Wb. Mesin Cuci Top Loading sangat bagus praktis and ekonomis, dapat bersaing dengan merek-merek lain yang sudah ada dipasarkan kepada masyarakat

  31. Nice posting.

    Saya juga mengucapkan terimakasih karena Anda telah sudi berkunjung ke blog saya.

    Trims n salam

  32. bermanfaat bngt, kli aja akan ganti msin cuci baru jadi ada refernsi………
    makasih ud brkunjung k blog sy, sy ud memprbaharui posting ssuai dg sarannya.
    salam dr Madura -Jatim

  33. Dari pengalaman saya memang penggunaan Mesin Cuci jenis Mulut Tunggal Atas alias Top Loading lebih praktis dan cocok untuk para manula. Cuman memang harganya lebih mahal dan kurang cocok bagi para pensiunan yang koceknya lebih banyak bocornya dari tampungannya. Tolong diulas juga untuk mesin pengeringnya setahu saya ada yang pakai gas dan pakai listrik, mana yang lebih ekonomis? Matur tengkiyu dan ever onward. Salam.

  34. Nice Artikel. Jadi pengen beli mesin cuci nih…
    (http://www.syahadat.wordpress.com/)

  35. Tips yang sangat berguna…semoga tips lain menjnusul ya…izin copas (kalau boleh) yeah….

  36. Mas Haris, untuk yang hemat penggunaan air yang jenis apa ?,
    trims, Salam …

    • Bisa digunakan mesin cuci jenis front loading.

      • jenis front loading memang hemat air tetapi tidak hemat listrik ………..

  37. Sangat menarik….sangat baik untuk dijadikan bhn masukan buat awam..thanks

  38. kunjungan balik….

    makasih informasinya….nice blog….

  39. hmm…. informasi yang sangat luarbiasa bermanfaat. Kebetulan mesin cuci saya rusak. Wash timernya tidak bekerja seperti biasa, hanya berputar satu arah. Nggak bisa balik. Bantu dong pak. Terimakasih udah mengunjungi saya. Salam sukses

  40. salam kenal…
    Boleh juga tuh mesin cucinya…
    kapan2 tulis juga ya pak tentang persiapan usaha buka warnet.
    terima kasih.

  41. Yup ini info yang cukup bagus. tapi kebetulan saya masih pake mesin cuci manual alias pake tangan. he…he…

  42. bermanfaat sekali postingannya mas…
    salam :)

  43. artikelnya cukup menarik juga, suwon….

  44. Mesin cuci top loading kalau komponen elektroniknya rusak payah sekali, harus ganti satu blok jadi mahaal. Mending yang twin tube walau manual tapi biaya pemeliharaannya murah.
    thanx 4 share

  45. terimakasih artikelnya, lagi hunting mesin cuci nih, krn mesin cuci lama sdh gak bertenaga lagi, manual tangan. hehehe

  46. bosss met knal.ini sy pnya mslh dgn mesin cuci nieh.mesin cucci saya 1 tabung merk panasonik kok eror ya?setelah saya cek water level msh bgs,pompa water inlet normal.kabel ndak ada yg putus jg termasuk swicth pintu.kira”apane ya bossss.tlg d bantu

  47. wah info yg berguna.. kebetulan saya ganti dari mesin 2 tabung ke 1 tabung… ternyata bener praktis dan pemakaian air lebih sedikit utk 1 tabung… praktis

  48. Penjelasannya sangat mnarik dan lengkap.
    Kpan ya bsa bli msn cuci!. Jd pengen beli nih.

  49. …..syukron mas,…..
    rep takon leh ra ?

    Ne tombol putar cuci sering kali rusak karena tak kuat karena terbuat dari bahan pelastik yang akan aus jika lama dipakai karena titik tumpu putaran tombol yang terlalu berat….gigi penjepit merotol’n…akibatnya harus diputar pakai tang…ok

    Bahkan juga tombol putar pembuangan berkasus sama

    Pa ada mesin cuci yang “soft” oprasi putar tombolnya,…atau yang terbuat dari logam (yang anti setrum) atau gagang panjang permanen…thanks infonya

  50. wew.. makasih info na pak.. jd bahan pertimbangan untuk beLi mesin cuci..

  51. BUat usaha Laundry bagus tuh . .

  52. makasih infonya…baru belajar pakai mesin cuci neeh

  53. Front loding leboh banyak membantu kita
    Gwe ada stok bagus body stainlesstill warna biru metalit ( bukan di cat )
    Bila perlu hub e-Mail gwe

  54. assl…mohon bantuan…kira kira apa yah masalahnya kalau salah satu arah putaran motor mesin cuci tidak berfungis dan menhasilkan suara yang bising

  55. nice info,

    salam kenal buat admin

    silakan mampir disini: http://hvactutorial.wordpress.com

  56. Info yg bermanfaat…. kebetulan saya mau beli mesin cuci…

    http://hayubeautifulhandicraft.blogspot.com/

  57. bagus sekali artikelnya….saya jadi terbantu untuk menentukan pilihan mesin cuci. dan pilihan saya jatuh pada nomor 3

  58. nice info, it’s very usefull…thanks (dna)

  59. knop drain dalam bahasa melayu nya apa?

  60. ulasanya bagus jadi sy bisa membedakan ketiga jenis m cuci datas, tp aksesoris dalam memiliki m cuci blm di ulas misal jika punya m cuci satu tabung kita kan harus selalu (air pdam gak boleh brhenti)terhubung dengan air pdam ato kita punya tandon sendiri kalo yng twin tub kan meski gak punya air pdam kita bisa secara manual misalny memasukkan air dgn cara dituang bgitu aj kalo yng top kan gak bisa dia harus stand by smua…… thx

  61. ALAT N PENUNJANG YNG LAIN APA,

  62. heibat artikelnya gampang dipahami dan masuk akal tdk mengada ada. aplaus buat anda gan

  63. heiiibat gan, aku acung jempol atas artikelnya yg bnyk membantu memberikan gmbrn yg praktis jelas gampang dipahami dan tdk mengada ada

  64. infonya pas banget ni mas,
    makasih yaa.
    kebetulan lagi nyari2 info buat beliin Ibu mesin cuci.
    biar nyucinya ga manual lagi.
    kucek kucek hota heiii…
    hhe.

    salam kenal yaa semua.

    =)

  65. terimakasih infonya…

  66. Terima kasih , atas infonya

  67. trims bgt nie untuk info lengkapnya
    salam,

  68. terima kasih. Informasinya sangat bermanfaat.

  69. trims ulasannya. tapi saya lagi kecewa nih sama hasil cucian dari mesin cuci LG tipe top loading WFS950CR yang baru saya beli.pasalnya cuciannya ga wangi karena softener/pewanginya sudah keluar pada bilasan pertama,walaupun bilasan kedua juga keluar tapi wanginya jadi ga maksimal.setelah cucian kering habis dijemur malah ga wangi sama sekali. ini bukan karena saya pelit ngasih pewangi tapi cara kerja mesin cucinya yang begitu, seolah membilas lagi setelah dipakai pewangi.beda sekali dengan kepunyaan adik saya yang sharp top loading jenis ecodrum,pewangi keluar setelah bilasan terakhir,jadi pakaian awet wanginya. mohon dikomentari…trims.

  70. Makasih mas, infonya berguna sekali…
    Lg mau ganti mesin cuci nih, sukur-sukur bisa dilengkapi dengan merk mesin yg awet di ketiga type yg dijelaskan…
    Ehehe…

  71. yang belum jelas itu, mana yang paling boros air?

  72. terima kasih sekali atas infonya ,dapat utk jadi pertimbangan saya utk beli mesin cuci

  73. Terima kasih atas postingan nya …Kebetulan lagi milih mesin cuci

  74. Makasih. Artikelnya sangat membantu……….

  75. Informatif ne, cz baru mau merambah ke mencuci pake mesin…..suwun y

  76. Wah informative sekali infonya pak… Nice share.. Oh iya kalo mau cari barang kebutuhan bayi/anak yang murah dan bagus bisa ke http://zadababystore.com… Terimakasih

  77. makasi info nya ya

  78. Saya mau nanya nih, tapi gak jadi deh sebab banyak pertanyaan sebelumnya yang tidak dijawab….

  79. saya baru bgt beli mesin cuci jenis top loading,(baru kemarin belinya),karana gaptek saya mau tanya gimana sih cara pasang selang ke krannya, kok tiap dipasang airnya bocor terus ya???

  80. boleh tukar link gan..?

  81. kebetulan saya br ada mesin cuci yang front loading, tp saat sy cb gunakan selalu listrik ERR…2. setelah sy konsultasikan ke PLN di lihat 2100W, pdhl sy cm 900W alias 2 paket dan sy pke listrik pulsa. bgmn mngatasiny, selain sy tukar mesinny, sebab sy suka dengn modelny bgt,
    ? trm kasih.

    • naikin daya listrik jadi 3300W dong…

    • 2100w konsumsi listrik untuk penggunaan air mencapai suhu 60′. Jadi gunakan air dengan suhu normal. Atur posisi knob suhu air pada suhu normal. Saya jamin mesin cuci front loading ibu akan berfungsi. Karena pemakaian mc.front loading dgn suhu air normal hanya membutuhkan daya sekitar 300w-400w.

  82. terimakasih banyak untuk infonya ,,, soalnya saya dalam mencari mesin cuci

  83. mantap…..

  84. terimakasih…info yang sangat bermanfaat

  85. beli aja yang front loading. kalau front loading lebih hemat air.

  86. […] Bagaimana cara memilih mesin cuci? | blog : haris istanto […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: